Tips Tes Menggambar Orang Dan Pohon

tes menggambar orang dan pohon

Pada tes psikotes atau tes tertulis tahap pertama rekrutment perusahaan, sering kali akan ada soal dan pertanyaan mengenai menggambar orang dan pohon bahkan menggambar rumah pohon orang. Berikut tipskerja akan membahas mengenai arti dan makna dari tahapan tes ini dan bagaimana tips kamu mengerjakan soal ini dengan baik. Pada soal ini kamu akan diberikan 3 lembar kerjas kosong A3 untuk kanvas kamu menggambar nanti dan juga sediakan pensil 2B.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

  1. Tips Menggambar Orang.

Petunjuknya : kamu akan diminta untuk menggambar orang lengkap dengan bagian bagiannya. Dibalik kertas nanti kamu juga akan diminta untuk memberikan keterangan umur, jenis kelamin, pekerjaan, aktivitas yang sedang dikerjakan, serta kelemahan dan kelebihan dari orang tersebut.

Tipsnya adalah : Gambarlah sesuai dengan jenis kelamin kamu. Usahakan untuk jelas dalam memberikan bentuk fisik kepada orang tersebut. Tidak perlu bagus yang terpenting adalah jelas dengan aktivitasnya. Semakin lengkap anggota tubuhnya maka semakin baik nilainya. Usahakan untuk detail. Gambarlah orang yang sudah kamu kenal dan dekat denganmu, sehingga kamu tahu mengenai ciri dan sifatnya bagaimana. Jangan menggambar sesuatu yang hanya ada di imajinasimu.

Pembahasan : Tes ini berfungsi untuk mengetahui kepercayaan diri, kestabilan serta tanggung jawab kamu. Proporsi nilai untuk tes ini adalah seberapa lengkap kamu menggambar dan jelas dengan aktivitas yang dimaksud. Gambarlah dengan detail seperti kepala, leher, badan, tangan, dan kakinya. Jangan ada yang menutupi gambar tersebut. Aktivitas yang digambarpun juga harus jelas, jangan cuman menenteng tas atau tegap lurus saja.

Baca Juga >>> JAWABAN INTERVIEW MOTIVASI KERJA <<<

  1. Tes Menggambar Pohon

Petunjuknya : Kamu akan diminta untuk menggambar pohon berkayu atau pohon berkambium kecuali pohon kelapa, pisang, jambu, pohon merambat. Tuliskan nama pohon tersebut dibalik lembar kertas.

Tipsnya adalah : Menggambarlah dengan tegas setiap garis yang kamu gambar. Usahakan untuk menggambar secara detail mulai dari akar jika ada, batang besar, cabang pohon daun sampai ke buah jika ada. Pilih pohon yang banyak orang mengerti sehingga orang lain yang melihatpun setuju jika itu pohon yang kamu maksud.

Pembahasan : perhatikan dengan tebal tipisnya tarikan garis yang kamu buat. Ini berpengaruh dengan psikologimu dan analisa kepribadian kamu. Jangan menghapus garis yang telah kamu buat.

  1. Tes Menggambar Rumah Pohon dan Orang

Petunjuk : Kamu diminta untuk menggambar rumah, sebuah pohon dan seorang manusia dengan aktivitasnya.

Tipsnya adalah : Gambarlah jangan terlalu kecil, usahakan untuk semua aspeknya memiliki bentuk dan ukuran yang proposional sebagai mana layaknya. Kamu juga bisa menggambar dengan detail lengkap dengan pagarnya.

Pembahasan : Untuk gambar rumah, garis dinding mewakili ego kamu. Atap mewakili fantasi kamu seperti apa sekarang. Jangan terlalu menggambar atap terlalu besar. Pintu dan jendela menggambarkan keterbukaan kamu terhadap lingkungan baru. Berikan gambar jendela dan pintu yang baik, jika pintumu tergambar tertutup maka itu sesuai dengan kepribadian kamu yaitu tertutup dan tidak suka berinteraksi dengan orang sekitar.

Baca Juga >>> Jawaban Interview Target 5 Tahun Kedepan <<<

Share Link

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.