Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com

Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan

Pertanyaan yang gampang gampang susah dan serba salah jika kamu menjawabnya adalah di pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri. Tipskerja akan coba membahas jawaban terbaik apa dan cara menjawab interview kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Baca Juga >>> Jawaban Interview Motivasi Kerja <<<

Dalam suatu interview kerja sebelumnya pasti yang akan ditanyakan mengenai perkenalan diri, kemudian selanjutnya adalah pertanyaan yang menjebak yaitu menceritakan kelebihan dan kekurangan diri sendiri atau sebutkan kelemahan dan kekuatan diri kamu sendiri. Kali ini tipskerja sudah merangkum menjadi beberapa sub bab penting dalam menjawab pertanyaan yang tricky ini. Berikut tips dari kami :

  1. Kamu Harus Tahu Posisi Yang Kamu Lamar

Ya, ini sangatlah penting. Kenali terlebih dahulu tentang posisi yang kamu lamar. Jika kamu melamar di bagian administrasi maka, ceritakanlah pengalaman terbaikmu di bidang administrasi. Jika kamu melamar di bagian sales marketing, ceritakanlah pengalamanmu di bidang event manajemen. Itu yang akan menjadi salah satu poin penting dalam kelebihan di dirimu sendiri.

  1. Jujur

Jujurlah mengenai apa yang kamu miliki saat ini, misal untuk posisi sales dan marketing :

“saya ahli di bidang pemasaran, saya pernah berjualan online dengan jumlah produk yang banyak dan saya bangga bisa memanajemen hal itu, meskipun semakin banyaknya produk yang saya jual saya jadi sedikit kesulitan. Tapi itu menjadi pelajaran berharga bagi saya kedepan”

  1. Menjadi Pribadi Yang Lowprofile

Tunjukkan sikap ramahmu dalam menjelaskan kelebihan dirimu, dan jujurlah pada kelemahanmu dengan alasan kamu masih mencari cara untuk solusi dari kelemahanmu.

  1. Tidak Menyalahkan Siapapun

Dalam menceritakan kelebihan dan kekuranganmu usahakan dan harus bahwa kamu tidak menyalahkan siapapun dalam hal ini terutama mengenai kekuranganmu. Dan jelaskan juga bagaimana kamu menghadapi kekuranganmu agar bisa lebih baik lagi.

Baca Juga >>> Jawaban Interview Target 5 Tahun Kedepan <<<

Berikut ini adalah pilihan jawaban yang bisa kamu gunakan dalam cara menjawab interview kelebihan dan kekurangan diri sendiri

  • Kelebihan Diri

Cobalah untuk membuat list terbaik yang kamu miliki contohnya:

  1. Mudah beradaptasi dengan cepat

“saya seorang yang bisa beradaptasi dengan cepat di lingkungan baru, sebagai contoh saya sering mengikuti berbagai organisasi yang bisa mendorong saya menjadi pribadi yang lebih baik.

  1. Penggagas sebuah ide

“saya sering ditunjuk sebagai ketua dalam suatu perkumpulan, dan terkadang saya memiliki ide ide yang baik untuk kepentingan bersama”

  1. Percaya diri

“saya seorang yang percaya diri akan kemampuan saya, karena setiap orang selalu memiliki kelebihan dan kekurangan diri yang dapat diasah menjadi lebih baik”.

  1. Rapi

“menurut saya kerapian adalah cerminan dari pribadi yang baik dan sehat”.

  1. Dapat bekerja secara tim dan individu serta dapat berkomunikasi dengan baik

“dari pengalaman saya saat di organisasi, saya merupakan orang yang bisa diajak bekerja sama dalam lingkup suatu kelompok. Dan saya menyukai hal tersebut terutama untuk suasana baru”.

6. Kreatif

“Saya pribadi yang berfikir secara kreatif. Saya suka memikirkan hal hal yang diluar pemikiran orang orang dan membuat kagum orang orang yang mempercayai saya.”

7. Pantang Menyerah

“Sebelum menyelesaikan pekerjaan saya secara tuntas, saya pantang menyerah untuk meninggalkan pekerjaan tersebut dan berpindah ke pekerjaan selanjutnya. Karena ini akan membuat pekerjaan lain menjadi semakin menumpuk”

 

  • Kekurangan Diri

Sesuaikan kekurangan diri kamu dengan posisi yang kamu lamar. Misla kamu ingin melamar posisi sebagai marketing maka jangan sekali kali kamu mengutarakan kekuranganmu dalam hal berkomunikasi maupun beradaptasi, buatlah list terlebih dahulu sebelum wawancara kerja. berikut contoh kekurangan diri yang bisa kamu pakai saat wawancara kerja.

  1. Saya seorang yang terkadang pelupa

“saya terkadang lupa dengan hal hal kecil, tapi mulai saat ini saya selalu membuat catatan kecil di hp saya untuk selalu ingut tentang to do list yang harus saya kerjakan hari ini bahkan hari berikutnya.”

  1. Tidak sabaran

“terkadang saya menjadi sangat tidak sabaran dengan pekerjaan yang sering di tunda tunda dan saya jadi ingin menyelesaikannya secepat mungkin”

  1. Mudah marah

“saya juga terkadang mudah marah dengan beberapa orang yang tidak profesional dalam menangani suatu pekerjaan, tetapi menurut saya itu baik dalam suatu pekerjaan”

4. Terlalu Perfectsionist

“Untuk pekerjaan yang saya sukai, terkadang saya lebih perfectsionist dan justru menghabis habiskan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut”

5. Terlalu Teliti

“Saya terkadang menyelesaikan suatu pekerjaan terlalu teliti. Sehingga cenderung tidak menyukai hal hal yang bersifat terburu buru. Namun menurut saya itu bagus untuk posisi dibidang finance yang membutuhkan ketelitian”

6. Suka Berfikir Spontan

“Terkadang pula saya suka berfikir spontan ketika sudah ada pekerjaan yang diberikan kepada saya. Sehingga saya kurang banyak berfikir terlebih dahulu untuk hal hal kedepannya.”

7. Terlalu Peduli

“Saya terkadang suka memikirkan hal hal yang diluar pekerjaan saya, seperti mencoba memahami kesulitan orang lain ketika sedang stres dalam bekerja. Sehingga terkadang membuat pekerjaan saya sendiri menjadi keteteran. ”

Baca Juga >>> 8 Gaya Pakaian Saat Interview Kerja Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Wawancara Kerja – TipsKerja.com <<<

 

18 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *