Pengalaman Tes PT. Chevron Indonesia

pengalaman tes pt chevron

TipsKerja – Kali ini kita akan membahas mengenai pengalaman tes di PT. Chevron yang terbilang sangat populer dan banyak dikejar kejar bagi jobseeker yang memiliki skill kemampuan dibidang pertambangan dan perminyakan.

Meskipun perusahaan berkelas internasional, PT Chevron tidak melakukan proses rekrutment yang berbelit belit dan sangat simple. Dimana tahapan tes seleksinya yang sedikit dan terbilang cukup cepat untuk prosesnya.

Review kali ini berdasarkan pengalaman peserta proses rekrutment dari PT Chevron yang sudah menjalankannya dan berhasil. Jadi berikut tips dan trik agar kamu bisa lolos dalam menghadapi tes di Chevron.

Berikut tahapan yang akan kamu jalani :

  1. Seleksi Administrasi PT Chevron

Biasanya dalam setahun Chevron akan membuka rekrutran baru calon pegawainya sebanyak 2 kali. Pendaftaran dibukan dan dilakukan diawal tahun dan pada pertengahan tahun. Kamu bisa mendaftar tes dan melihat kualifikasinya melalui website resmi dari Chevron.

Pilihlah posisi lamaran kerja yang sesuai dengan background pendidikan yang kamu punya. Usahakan untuk melengkapi seluruh berkas yang diminta agar peluang kamu untuk lolos dan maju ketahapan selanjutnya lebih besar.

  1. Psikotest PT Chevron

Pada tahapan ini upayakan untuk mempersiapkan diri baik tenaga dan pikiran sebaik mungkin. Karena pada tahapan ini kamu akan menjalani proses tes yang sangat panjang dan terbilang lama. Dan pada tahapan ini juga akan banyak peserta yang gugur setelah dijaring dari hasil tes selama 1 hari.

Pada awal tes, HRD akan mempresentasikan mengenai perusahaan ini seperti company profilenya, benefit yang akan kamu dapatkan, lokasi penempatan dimana saja, sampai dengan posisi lowongan yang tersedia. Untuk penempatan sebaiknya kamu sudah mempersiapkan diri jika berada di sumatera.

Tes yang akan kamu jalani seperti : Tes matematika dasar, tes koran / pauli, tes pengetahuan soal umum, tes deret angka matematika, tes logika dasar, tes geometri ruang dan tes kemampuan verbal.

Baca Juga >>> Tips dan Contoh Soal Psikotes Serta Trik Menghadapinya <<<

Setiap tesnya akan ada instruksi dari HRD sebelum tes dimulai, jadi perhatikan baik baik. Sebelum mengikuti tes perbanyaklah untuk berlatih mengenai soal soal dari tes diatas ini dan jangan lupa untuk tidak begadang sebelum tes agar badan tetap fit dikeesokan harinya.

  1. Interview User dan HR PT Chevron

Pengumuman dari tes psikotes ke interview user ini terbilang cukup singkat mengingat banyaknya peserta yang melakukan tes serentak nasional. Dan inilah moment dimana karir kamu akan ditentukan kedepannya.

Interview ini akan benar benar mengungkap kepribadian kamu dan yang terutama adalah bagaimana skill dan kemampuan yang kamu miliki. Interview akan dilaksanakan dengan panelist yang ada yang terdiri dari 2-3 user dan 1 HRD yang membawa berkas lengkap dan hasil tes psikotest kamu sebelumnya.

Interview akan berlangsung dengan menggunakan bahasa inggris selama proses wawancara berlangsung. Pertanyaan pertama yang pastinya adalah ceritakan tentang diri kamu. Disini saatnya kamu benar benar mempromosikan diri kamu dan sebutkan pula pengalaman apa saja yang kamu pernah jalankan.

Pertanyaan selanjutnya seperti pertanyaan mengenai judul skripsi yang kamu lakukan dan penelitian apa yang pernah kamu ambil. Pertanyaan teknikal dan teknis juga akan kamu dapatkan dalam proses interview ini. Jadi usahakan untuk belajar kembali sebelum menghadapi tes ini.

Baca Juga >>> Tanda Lolos Interview User Yang Harus Kamu Ketahui <<<

Pada sesi diskusi kamu juga akan mendapatkan beberapa studi kasus dimana bagaimana kamu dalam menyelesaikan suatu masalah dan solusinya seperti apa. Pelajari kembali mengenai company profile dari perusahaan ini juga sangat membantu kamu dalam menghadapi tes kali ini.

  1. MCU (Medical Check Up)

Tahapan selanjutnya adalah tes kesehatan atau MCU yang dilaksanakan di rumah sakit yang sudah ditunjuk oleh pt chevron. Tes yang akan kamu jalani seperti tes kesehatan paru paru dengan rontgent, tes jantung, tes sample darah, tes sample urin, tes mata dan tes tensi.

Baca Juga >>> 10 Tips Medical Check Up atau Tes Kesehatan Kerja <<<

Usahakan untuk tidak begadang sehari sebelum tes, perbanyak minum air putih, dan puasa 12 jam sebelum tes juga sangat dianjurkan. Jangan mengkonsumsi obat obatan ataupun vitamin yang akan mempengaruhi hasil tes kamu nantinya.

  1. Pengumuman Hasil

Pada tahapan ini hanya untuk melengkapi berkas berkas yang diminta dan dikirimkan via email untuk berkas yang harus kamu isi dan lengkapi. Pengumuman ini kamu juga akan mengetahui gaji kamu berapa dan benefit yang lainnya juga.

2 Comments

    1. Tes kesehatan gigi biasanya tidak ada kak. Jadi tes kesehatan secara umum. Tapi bisa juga untuk dipersiapkan agar lebih maksimal mana tau sudah berubah untuk standar tes kesehatannya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *