10 Tips Medical Check Up atau Tes Kesehatan Kerja

tips medical check up

Kita tahu sendiri bahwa setiap perusahaan menginginkan setiap calon karyawannya adalah yang memiliki kesehatan yang terbaik sehingga tidak menyusahkan diawal kerja. Ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui dalam tes kesehatan. Maka dari itu berikut kami ulas mengenai tips medical check up

Sering kali tes kesehatan atau medical check up ini dianggap remeh oleh kebanyakan peserta dengan harapan tes ini hanyalah tes untuk formalitas saja.

Namun jangan salah, dibeberapa perusahaan ternama ada standar yang tinggi untuk tes medical check up ini dan banyak juga yang gagal lolos ditahapan tes kesehatan.

Jadi meskipun tes kesehatan ini merupakan tahapan terakhir dari rangkaian tes rekrutmen, ada baiknya kamu juga harus mempersiapkan diri kamu mengenai apa saja yang bisa membuat kamu lolos dan lanjut ketahapan selanjutnya.

Berikut tips medical check up dan tips sebelum kamu melakukan tes kesehatan agar kamu lebih siap.

  1. Rajin Berolahraga dan Menjaga Pola Hidup Sehat

Ini tidak bisa dipungkiri lagi. Mulai sekarang ubah pola hidup kamu menjadi lebih sehat. Apalagi jika kamu memang ada niatan untuk mendapatkan pekerjaan, maka rajin olahraga dan menjaga pola sehat menjadi kunci utama.

Setelah kamu lulus kuliah, ada baiknya untuk rajin berolahraga dan meninggalkan hal hal yang membuat tubuhmu menjadi tidak sehat seperti bergadang, makan junkfood, minum alkohol dan lainnya.

Sudah saatnya kamu berfikir dewasa dan bisa memilih mana yang terbaik untuk kesehatan kamu apalagi untuk karir yang saat ini ingin kamu kejar.

  1. Cukup Tidur Sebelum Tes Kesehatan

Tips medical check up nomor 2 adalah menjaga tidur yang cukup dan tidak bergadang sehari sebelum tes kesehatan berlangsung.

Jangan sampai besoknya kamu tes dan malam hari ini kamu tidur terlalu larut bahkan istirahatpun kurang karena main atau mengerjakan pekerjaan lainnya.

Kurang tidur dan bergadang akan sangat mempengaruhi kondisi badan kamu pada saat tes kesehatan berlangsung.

Yang lebih baik lagi adalah seminggu sebelum tes dimulai kamu sudah memiliki waktu tidur yang tetap dan tidak terlalu malam.

  1. Hidari Hal yang Tidak Perlu

Rokok, kopi, alkohol, lembur atau bergadang, olahraga terlalu berat merupakan hal hal yang tidak perlu dan patut kamu hindari. Untuk kamu yang perokok mulai sekarang pikir pikir kembali deh.

Karena hal hal diatas bisa mempengaruhi tekanan darah kamu. Cobalah mencukupi minum susu dan sayuran untuk memperbaiki kondisi tubuh.

Ini sering kali penyebab gagal tes medical check up yang paling banyak dialami oleh peserta tahapan tes kerja.

  1. Kontrol Kesehatan Terlebih Dahulu

Jika memang ada waktu yang cukup atau pengumuman tes kesehatan sudah diumumkan jauh jauh hari, maka ada baiknya kamu kontrol kesehatan terlebih dahulu di puskesmas atau apotek terdekat.

Ini berguna untuk mengetahui kondisi kesehatan kamu sedini mungkin dan mencari solusi yang terbaik dari dokter yang bersangkutan.

Jika kamu lebih dahulu mengetahui bagaimana hasil tes kesehatan kamu, maka kamu bisa lebih maksimal dalam memperbaiki kondisi tubuh kamu.

Lebih baiknya lagi jika kamu menjalani pemeriksaan medical check up lengkap di puskesmas atau bahkan dirumah sakit sekaligus.

Untuk harga kontrol kesehatan tidak mahal kok. Jadi kamu bisa coba untuk kontrol terlebih dahulu dipuskesmas dan meminta saran yang terbaik.

  1. Cukupi Minum Air Putih dan Susu

Air putih dan susu memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh dalam proses membuang racun dalam tubuh.

8 gelas sehari bisa menjadi target bagi kamu yang ingin memperbaiki kondisi tubuh. Cobalah untuk selalu sedia air putih didalam tas pada saat berpergian.

Pada saat makan ada baiknya kamu tetap minum air putih daripada memesan es teh atau minuman berkemasan lainnya.

Ada yang bilang minum susu beruang sangat baik untuk memperbaiki kondisi tubuh. Bukan bermaksud iklan ya. Tapi ini memang ada baiknya loh.

  1. Jangan Konsumsi Obat

Selama 12 jam lebih sebelum tes dimulai kamu diwajibkan tidak mengkonsumi obat apapun itu. Mengkonsumsi obat bisa mempengaruhi sample urine nantinya yang akan dites pada saat medical check up.

Jika kamu memang baru sehat dari penyakit yang mengharuskan kamu meminum obat. Maka ada baiknya kamu memberitahukan hal ini kepada tim HRD untuk mereshcedule jadwal tes kesehatan.

Atau jika memang tidak bisa, kamu bisa menginformasikan kepetugas tes MCU bahwa kamu baru saja sakit dan saat ini sedang mengkonsumsi obat. Tapi tetap, saran dari kami adalah tidak dan jangan konsumsi obat apapun itu.

  1. Puasa 10 Jam

Puasa 10 jam sebelum tes medical check up berlangsung sangat disarankan untuk kamu. Puasa disini adalah tidak memakan apapun kecuali air putih.

Penyebabnya adalah agar tidak ada hasil yang tercampur atau terpengaruhi oleh makanan yang baru saja kamu makan.

Jika tes MCU dilaksanakan pada pagi hari, maka mulai dari malam sampai dengan pagi kamu disarankan untuk tidak makan termasuk juga dengan sarapan.

Baca Juga >>> Kenapa Harus Puasa Sebelum Medical Check Up ? <<<

  1. Minum Suplemen 3 hari Sebelum Tes

Suplemen ini bertujuan untuk menstabilkan darah dalam tubuh. Namun kamu harus mengkonsumsinya jauh jauh hari sebelum hari pelaksanaan tes berlangsung.

Atau jika memang takut untuk mengkonsumsi suplemen, ada cara lainnya yaitu mengkonsumsi suplemen yang bersifat alami seperti jus atau jamu yang baik untuk tubuh.

  1. Hindari Makanan Berkolestrol

Makanan kolesterol akan sangat berpengaruh dalam tes kesehatanmu. Makanan ini seperti : gorengan, daging bebek, telor puyuh, dan makanan dengan santan.

Gantilah makanan tersebut dengan makanan yang memiliki serat yang baik untuk tubuh.

  1. Hindari Stress

Stres juga bisa berpengaruh ketubuh kamu ternyata. Maka dari itu hidarilah berhubungan dengan masalah yang bisa membuat kamu mengalami stres yang meningkat.

Sehari sebelum menjalani tes ada baiknya untuk memperbaiki juga kesehatan rohanimu dan meninggalkan stres atau berfikir yang terlalu berlebihan.

Buatlah mood yang menyenangkan sebelum menjalani tes kesehatan. Kamu bisa melakukan ibadah sehingga kamu bisa lebih tenang atau bisa dengan melakukan yoga.

Penutup

Itu tadi beberapa tips medical check up yang perlu kamu ketahui. Cobalah untuk benar benar menjaga kesehatan kamu karena kesehatan merupakan investasi yang sangat bernilai untuk kedepannya.

Tidak ada salahnya untuk lebih giat berolahraga mulai saat ini dan bisa menjaga pola hidup sehat untuk mempersiapkan tes medical chechk up atau tes kesehatan ini. Terima kasih semoga sukses untuk kita semua.

Baca Juga >>> Cara Negosiasi Gaji Saat Interview Yang Benar <<<

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *