Pengalaman Tes dan Recruitment Wijaya Karya

By On Friday, March 6th, 2020 Categories : Review Tes Perusahaan

interview pt wika

Review tes perusahaan kali ini adalah mengenai perusahaan BUMN besar yaitu PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau yang sering disebut PT Wika. Salah satu perusahaan sipil yang sering mengadakan open recruitment dikarenakan memang berkembang pesatnya perusahaan BUMN yang satu ini. Kali ini kita akan membahas mengenai pengalaman tes dan recruitment interview PT Wika.

Kamu bisa mendapatkan lowongan  kerjanya melalui website resmi dari karir PT Wijaya Karya atau melalui jobfair dikampus kampus ternama di indonesia. Berikut tahapan tes yang akan kamu lalui jika melamar diperusahaan ini :

  1. Psikotest PT Wika

Tahapan pertama yang akan kamu jalani adalah tes psikotest. Di tahapan ini HRD juga akan mempresentasikan secara singkat company profile yang dimiliki dari PT Wika. Benefit dan lowongan apa saja yang akan ditawarkan akan dijelaskan disini juga. Kamu juga bisa menanyakan hal lain dalam proses tanya jawab ini.

Pertanyaan psikotest hampir sama dengan tes psikotest diperusahaan lainnya seperti :

  • Tes penalaran bentuk ruang
  • Tes Matematika dasar
  • Tes Verbal (persamaan kata)
  • Tes deret angka
  • Tes menggambar pohon dan manusia
  • Warteg tes (menyelesaikan bentuk sehingga menjadi sebuah arti)
  • Tes koran pauli/kreaplin.
  • Tes EPPS (tes kepribadian diri)

Pengumuman lolos atau tidaknya akan kamu peroleh setelah menjalani tes psikotes PT Wika ini. Dan tahapan selanjutnya akan kamu hadapi untuk hari berikutnya.

Baca Juga >>> Tips dan Contoh Soal Psikotes Serta Trik Menghadapinya <<<

  1. FGD dan Interview Psikologi PT Wika

Untuk di sesi kedua ini kamu akan berada ditahapan FGD (Focus Group Discussion) dan dilanjutkan dengan tahap interview psikologi. Seluruh peserta rekruitment akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan diberikan satu permasalahan yang akan didiskusikan bersama sama.

Setelah sudah dibagi menjadi kelompok kecil, maka akan dibagikan soal atau kasus dan juga lembar jawaban hasil diskusi tersebut. Tiap kelompok juga diberikan satu pengawas yang akan mengawasi, menilai dan memberikan arahan jika ada pertanyaan lanjutan.

Kamu akan diberikan beberapa lembar soal cerita yang intinya adalah permasalahan disebuah perusahaan dimana akan mengalami kebangkrutan. Disini kamu akan diminta untuk memilih mana diantara poin poin yang harus dihilangkan atau dianggap beban oleh perusahaan. Kamu akan diminta untuk memprioritaskan mana yang harus dipertahankan dan mana yang harus di singkirkan dari perusahaan, baik dari pegawai, alat kantor dan lainnya.

Kalian akan diberikan waktu 15 menit untuk memahami soal dan membuat hasil jawaban berdasarkan keputusan dan penilaian kalian sendiri. Sedikit tips adalah coba untuk membuat kerangka masalah dan tetapkan poin poin prioritas mana yang seharusnya dihilangkan berdasarkan kerangka masalah tersebut. Tulislah semua jawaban dan solusimu dikertas yang telah disediakan secara lengkap dan mudah dipahami. Karena nantinya kertas tersebut juga masuk kedalam penilaian dan dikumpulkan.

Jika sudah memahami soal, maka selanjutnya adalah kalian diminta untuk berdiskusi bersama dengan kelompok untuk mendapatkan hasil akhir yang telah disepakati.

Usahakan untuk menjadi aktif namun tidak menjatuhkan saran dan solusi dari peserta lainnya. Buat kesepakatan siapa yang ingin menjadi mediator dan siapa yang akan menjadi notulen dari kelompok kalian.

Coba untuk menambahkan solusi dari peserta lain dengan solusi dari kamu sendiri. Perkuat argumen dari peserta yang sependapat dan sepihak dari kamu. Jika ada yang tidak setuju dengan pendapatmu maka kamu bisa bernegosiasi dengan mengambil jalan tengah yang terbaik. Usahakan untuk tidak mengambil voting dalam diskusi ini.

Fgd ini yang dinilai adalah seberapa baiknya kamu dalam berkomunikasi dan mengungkapkan pendapat. Selebihnya adalah masalah bagaimana kamu bisa memahami seluruh masalah yang ada dalam kasus serta bagaimana cara kamu dalam mengambil solusi tersebut. Nilai plus jika kamu bisa mempengaruhi pendapat orang lain menjadi menerima keputusanmu berdasarkan data.

Ingat jangan terlalu aktif, otoriter, menguasai jalannya diskusi dan tidak menyudutkan lawan peserta lainnya.

Setelah tahapan ini seluruh peserta akan melakukan tes psikologi yang dilakukan oleh vendor psikolog yang terpilih. Untuk pertanyaannya standar tes psikologi diperusahaan lainnya seperti :

  • Ceritakan diri anda
  • Ceritakan pengalaman anda (organisasi dan kerja)
  • Kelebihan dan kelemahan diri
  • Hasil dari tes psikotes sebelumnya. (jadi kamu harus mengingat ingat mengenai jawaban kamu saat psikotes sebelumnya)
  • Planning jangka waktu kedepan seperti apa
  • Prestasi dan cara mencapainya serta kegagalan terbesar dan solusinya.

Setelah tes berakhir maka pengumumannya akan kamu dapatkan 1-3 hari setelahnya untuk mengikuti tes interview user dan HRD.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

  1. Interview User dan HRD PT Wika

Pada interview user ini kamu wajib untuk belajar kembali hal hal yang sesuai dengan jurusan kamu sebelumnya dan sesuai dengan posisi apa yang kamu lamar. Karena nantinya tiap peserta akan dipisah berdasarkan jurusan dan posisi yang dilamar. Jika kamu jurusan sipil dan melamar dibagian sipil maka kamu akan mendapatkan pertanyaan seputar dunia sipil. Jadi ada baiknya untuk belajar terlebih dahulu.

Setiap peserta akan mendapatkan soal sesuai dengan jurusan yang diampunya. Kamu harus menjawabnya dan harus bisa dipertanggung jawabkan nantinya dihadapan para user. Kamu harus bisa menerangkan bagaimana caranya kamu menjawab soal tersebut didepan user.

Untuk interview hrd ini hampir sama dengan pertanyaan sewaktu tes interview psikologi, cuman lebih menitik beratkan kepermasalahan bagaimana nantinya jika kamu bekerja di perusahaan ini. Motivasi kerja kamu seperti apa serta pertanyaan lainnya.

Yang perlu kamu lakukan adalah kamu harus memiliki 1 atau 2 pertanyaan yang harus kamu berikan kepada user dan hrd yang berbobot.

  1. MCU PT Wika dan Tanda Tangan Kontrak

Pada tahapan ini yang dites adalah seperti tes urine, darah rontgen dan fisik. Jadi ada baiknya untuk kamu banyak minum air putih, tidak bergadanga dan menjaga pola makan sehat sebelumnya. Jika lolos maka tahapan selanjutnya adalah tanda tangan kontrak.

Baca Juga >>> 7 Macam Tes Kesehatan Kerja yang Dilakukan oleh Perusahaan <<<

Penutup

Jika seluruh tahapan tes sudah kamu lalui maka kamu akan menjadi karyawan kontrak dimana nantinya ada evaluasi lanjutan apakah kamu berhak menjadi karyawan tetap atau tidak berdasarkan kinerja kamu selama masa OJT.

Setelah ini kamu akan mendapatkan indor class, outbond dari PT wika dan on the job training (OJT) dan diakhiri dengan pembuatan makalah dan presentasi serta evaluasi apakah kamu lolos atau tidak. Terima kasih semoga beruntung untuk kamu semua.

Pengalaman Tes dan Recruitment Wijaya Karya | tipskerja | 4.5