Bocoran Pengalaman Tes PT Bukit Makmur (Buma)

bocoran tes pt buma

PT Buma atau PT Bukit Makmur merupakan perusahaan kontraktor tambang batu bara terbesar kedua di indonesia. Adapun program yang ditawarkan kepada para jobseeker adalah program BMDP atau Buma Management Development Program. Program ini adalah program unggulan untuk pelatihan generasi muda menjadi pemimpin di perusahaan Buma kelak. Nantinya BMDP ini akan dibagi lagi menjadi beberapa devisi seperti : Management, Plant, Finance, HRGA, Engineering, Business Ecvellence dan Operation.

Baca Juga >>> Program Management Trainee Adalah ? <<<

Berikut tahapan recruitment karyawan PT Buma yang akan kamu jalani selama tahapan tes :

  1. Tes Wawancara Bahasa Inggris PT BUMA

Untuk tahapan tes ini hanya PT Buma hanya ingin menguji skill bahasa inggris kita. Pertanyaan dan sesi wawancara sangat singkat. Pertanyaan berupa “Ceritakan Diri anda” dan “Kelebihan dan kelemahan diri sendiri”. Selebihnya hanyalah seputar pertanyaan motivasi kenapa ingin bekerja disini. Pengumuman akan langsung kamu terima di akhir sesi setelah seluruh peserta menjalani tes.

Baca Juga >>> Contoh Perkenalan Diri Saat Interview <<<

  1. Tes Intelektual PT BUMA

Pada tahap ini akan ada presentasi singkat mengenai company profile dari PT BUMA sampai ke benefit dan denda kerja disana. Tes IQ dibagi menjadi 4 bagian. Yang pertama adalah soal mencocokan gambar bangun 2D. Untuk selanjutnya soal mengenai derat angka dan tes verbal. Jawablah pertanyaan yang kamu rasa paling mudah dan jawab dengan cepat.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

  1. Tes Psikotest PT BUMA

Hasil tes sebelumnya bisa kamu terima melalui email dan sms dari tim HRD PT BUMA. Tahapn psikotest ini merupakan tahapan online. Jadi ketika kamu menerima email maka saat itu juga akan ada link yang bisa kamu buka untuk soal psikotest nya. Tidak ada jawaban benar dan salah dalam tes psikotest ini. Kamu diminta untuk mejawab dengan jujur seluruh soal. Tim HRD akan menilai sejauh mana konsistensi kamu dalam menjawab soal kepribadian diri ini.

Baca Juga >>> Tips Tes Menggambar Orang Dan Pohon <<<

  1. LGD (Leaderless Group Discussion) PT BUMA

Tahapan tes ini hampir sama dengan FGD di perusahaan lainnya. Seluruh peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang nantinya akan diberikan contoh studi kasus dan diminta untuk mencari solusinya bersama sama. Usahakan untuk membawa suasana LGD dengan tidak kaku. Jangan terlalu pasif namun jangan pula untuk terlalu aktif sehingga menutupi kesempatan peserta lain dalam berpendapat. Diskusi dan presentasi menggunakan bahasa indonesia. Kalian akan diberikan kesempatan untuk berdiskusi, presentasi dan diakhir sesi merupakan tanya jawab dengan kelompok lain.

Baca Juga >>> Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD <<<

  1. Wawancara HRD PT BUMA

Sebelum tes kamu akan diberikan formulir biodata dan diisikan secara lengkap kemudian dikumpulkan kembali ke panitia. Nantinya melalui form tersebut tim HRD akan menilai tentang kepribadian kamu dan kehidupan kamu. Usahakan untuk mengisi secara jujur dan apa adanya sesuai dengan pengalaman kamu pribadi. Pertanyaan lainnya seputar pengalaman organisasi, pengalaman kuliah dan prestasi apa saja yang pernah kamu capai selama ini dan bagaimana kamu meraihnya.

  1. Wawancara User PT BUMA

Kamu akan diwawancarai oleh beberapa orang manager dari masing masing departemen dan divisi di PT BUMA. Untuk pertanyaannya lebih mengarah kebagian teknis dari kesiapan kamu jika bekerja di perusahaan PT BUMA. Pertanyaan mengenai kepribadian, kepemimpinan serta kesiapan kita bekerja di perusahaan tambang juga menjadi sorotan utama dari pewawancara. Usahakan untuk belajar juga mengenai profil perusahaan PT BUMA agar kamu lebih siap pada saat interview user ini.

  1. Medical Check UP (MCU) PT BUMA

Hampir sama dengan tes kesehatan di perusahaan lainnya, pemeriksaan dimulai dari tes riwayat penyakit, cek darah, tes urin, tes fisik serta rontgent dan lain lain. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih dan jangan bergadang sehari sebelumnya. Atur pola makan sehat juga sehari sebelumnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.