Program Management Trainee Adalah ?

Hai semuanya, kali ini pembahasan selanjutnya mengenai pengalaman Program Management Trainee. Ada banyak alasan mengapa kamu sebagai fresh graduate harus mencoba dan memilih program andalan yang satu ini di tiap perusahaan.  Program Management Trainee adalah program percepatan karir bagi kamu fresh graduate atau bahkan yang sudah memiliki pengalaman untuk bisa berkarir sampai ke posisi manajerial dengan cepat.

Program Management Trainee Adalah ?

Sudah kebayang kan gimana keuntungan dalam mengikuti program MT ini. Ouw ya biasanya Mangement Trainee ini biasa disingkat dengan Program MT.

Di perusahaan perbankan atau lainnya biasanya menyebutnya dengan MDP atau Management Development Program. Kurang lebih program MT dan MDP ini hampir sama dan nyaris mirip.

Banyak perusahaan terkenal yang sudah menerapkan program ini dimana bermaksud untuk mencari kandidat muda yang siap bersaing dan memiliki semangat bekerja yang lebih. Program ini menjadi program unggulan dari tiap perusahaan. Dan di tiap perusahaan juga memiliki job desk yang berbeda untuk program MT ini.

Apa sih keunggulan dan keuntungan mengikuti program ini? yuk simak ulasan berikut :

Pengertian Program Management Trainee dan Keunggulannya

  1. Mendapatkan Posisi Tinggi Dengan Waktu Singkat.

Meskipun dibilang singkat, namun tetap ada prosesnya juga ya. Dan bisa dibilang untuk program ini memiliki proses yang sangat berat. Namun jangan berkecil hati, semuanya sebanding kok dengan yang akan kamu dapatkan setelah masa program ini selesai. Pastinya adalah jabatan karir yang lebih tinggi.

Jadinya karir kamu bisa lebih pasti untuk kamu kejar dan lebih terarah tentunya. Kamu bisa hanya fokus untuk 1 tujuan yaitu menyelesaikan masa program MT dan mendapatkan jabatan yang lebih tinggi.

  1. Belajar Namun Digaji Lebih.

Program MT atau MDP ini sama halnya dengan kamu masuk ke bangku kuliah kembali dan belajar banyak hal secara lebih intens mengenai dunia kerja. Dan tentunya belajar kamu akan digaji. Bikin semangat belajar lebih  tinggi lagi kan?

Kamu akan mendapatkan pengetahuan baru baik secara teori maupun secara praktek langsung dilapangan bagaimana sistem kerja perusahaan dari posisi bawah sampai posisi atas sekaligus.

  1. Belajar Tentang Kepemimpinan

Sudah pasti nantinya kamu akan memimpin banyak orang jika sudah selesai masa program MT atau MDP mu. Nah disini kamu akan banyak belajar mengenai gaya kepemimpinan seperti apa yang pas yang akan diterapkan di dunia kerja.

Jika kamu suka berorganisasi pada saat kuliah sebelumnya, mungkin kamu berbakat mengambil di program MT ini.

  1. Program Unggulan dan Bergengsi Di Usia Muda

Bagaimana tidak untuk program ini biasanya akan melalui tahapan yang begitu panjang dan berat sebelum mencapai di program ini.

Belum lagi dengan jabatan yang ditawarkan setelah lulus program MT yaitu sebagai manager membuat siapapun pastinya sangat mendambakan posisi ini secara cepat.

Kamu bisa mendapatkan di jabatan yang tinggi di usia muda kamu secara cepat. Sangat membanggakan bukan?

  1. Gagal Tidak Masalah

Ya! banyak juga yang gagal pada saat menjalani program unggulan ini. Ini yang harus kamu tahu dan kamu harus siap akan hal ini.

Program MT atau MDP ini juga ada sistem cut off secara sepihak dari perusahaan yang menyelenggarakannya . Jika dirasa kinerjamu selama masa training MT kurang, maka perusahaan bisa meloloskanmu terlebih dahulu atau biasanya dibilang di pecat. Karena program ini juga semacam perlombaan sesama karyawan MT lainnya dimana jika kamu tidak cukup bagus dalam hal kinerja maka bisa saja pemecatan secara sepihak diberlakukan.

Namun jangan membuat ini menjadikanmu ciut nyali. Jika kamu memang gagal dalam program ini, maka sudah banyak pembelajaran yang bisa kamu ambil pada saat program berlangsung. Kamu sudah mendapatkan pengalaman bekerja mulai dari bawah sampai mengetahui bagaimana sistem kerja seorang manajerial. Tentunya ini menjadi bekal pengalaman yang sangat berharga yang kamu miliki kedepannya.

Kekurangan Dari Program management trainee

Selain kelebihannya, adapula kekurangan atau kelemahan dari program management trainee di berbagai perusahaan ini. Jadi kamu juga harus siap siap menghadapinya dan jangan kaget ketika sudah diterima nantinya. Berikut ulasannya :

1. Sistem Kontrak Lama

Ya benar, untuk sistem kontrak Program MT dibilang cukup lumayan lama dibanding untuk posisi lainnya. Hal ini dikarenakan kamu diharuskan belajar in class terlebih dahulu. Dan nantinya jika sudah diterima masih akan terikat kontrak lagi selama 1-2 tahun beriktunya.

Hal ini dikarenakan perusahaan tidak mau setelah kamu selesai masa pembelajaran di program MT, kamu justru keluar dan mencari pekerjaan lainnya dengan berbeda perusahaan. Sama saja perusahaan merugi sudah memberikan kamu pengalaman dan pembelajaran sementara ketika lulus kamu justru resign.

Jadi untuk mengikat karyawan yang sudah lolos di tahapan MT maka dilakukan perpanjangan kontrak dimana kamu tidak bisa keluar sebelum masa kontrak selesai atau diharuskan kena pinalti dengan membayar sejumlah uang ganti rugi ke perusahaan.

2. Ada Tingkatan Yang Harus Kamu Lakukan

Ditahapan awal proses rekrutment biasanya HRD sudah memberikan informasi bahwa nantinya jika kamu masuk program management trainee maka kamu akan diuji ditiap tahapan atau tingkatannya.

Otomatis akan ada ujian di tiap tingkatan yang harus kamu lakukan sebelum lulus dari program MT. Ujian biasanya dilakukan seperti presentasi hasil dari pembelajaran atau program kerja apa saja yang sudah kamu lakukan di masa MT ini.

Tentunya setiap ujian tingkatan berlangsung akan ada orang yang keluar karena dirasa tidak mampu melanjutkan pendidikan MT ini dan langsung di cut offf.

3. Menjalani Semua Prosesnya Dari Jabatan Terbawah

Menurut pengalaman saya, kamu akan menjalani program MT dimulai dari jabatan yang paling bawah. Bahkan disalah satu perusahaan biasanya kamu akan diminta untuk mengisi bagian OB atau office boy dalam kurun waktu 1-2 hari saja.

Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa mencicipi posisi dari bawah dan menemukan pengalaman disana. Kita tahu sendiri MT nantinya akan bertugas sebagai pimpinan. Jadi kamu juga harus tahu bagaimana rasanya berada di posisi paling bawah.

Penutup

Itu tadi pengertian Program Management Trainee Adalah beserta dengan keunggulan yang akan kamu dapatkan jika mengikuti program ini.

Usahakan yang terbaik yang bisa kamu kerjakan dan semoga kamu bisa diterima di perusahaan impianmu.

Semoga sukses buat kita semua. Bantu kami untuk membuat artikel yang bermanfaat lainnya dengan cara klik iklan yang ada di website kami. Terima kasih.

 

16 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *