Tugas Dan Tanggung Jawab Team Leader Yang Perlu Kamu Ketahui

tugas team leader

Sebelumnya kita pelajari terlebih dahulu yuk apa itu Team Leader dalam suatu oraganisasi atau perusahaan. Team leader adalah posisi yang memiliki tanggung jawab penuh dalam suatu kelompok atau organisasi yang memiliki tugas sebagai pemberi instruksi, arahan serta kepemimpinan bagi tim dalam mencapai suatu tujuan bersama maupun tujuan  perusahaan.

Posisi team leader biasanya banyak ditemukan dalam perusahaan bidang call center, bidang event organizer, produksi, bidang konstuksi dan pengawasan serta dibidang sales and marketing dalam spg rokok contohnya.

Baca Juga >>> Baca Yuk Tips Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja <<<

Tugas team leader beserta tanggung jawabnya :

  1. Planning and Orginzing

Setiap divisi dalam suatu perusahaan pastinya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk kepentingan perusahaan. Termasuk juga dengan team leader yang harus bisa menyatukan misi bersama dengan kelompok dan timnya agar tujuan yang diharapkan tercapai. Perencanaan diperlukan agar pada saat bekerja setiap anggota tim bisa mengetahui mengenai apa yang akan mereka kerjakan nanti dan bisa mengetahui target dari masing masing anggota.

Organisasi bertujuan untuk mengatur jadwal dan proyek sehingga deadline target bisa tercapai. Ketika sudah adanya perencanaan dan organisasi yang baik, maka target dan tujuan dari tim bisa cepat tercapai dengan lancar.

  1. Coaching

Coaching disini diharapkan team leader bisa melatih tim baru dibawah pengawasan dan tanggung jawabnya. Seorang team leader diharapkan bisa membimbing karyawan baru dalam belajar mengenai sistem kerja perusahaan. Pelatihan ini bisa dilakukan sampai karyawan baru ataupun karyawan lama diharapkan sudah bisa beradaptasi dan bisa dilepas mandiri dengan tanggung jawab tetap dibebankan kepada team leader.

  1. Pengambil Keputusan

Dalam setiap masalah hendaknya ada camput tangan seorang team leader didalamnya apalagi terkait dengan proyek yang dihandle team leader. Seorang team leader banyak berperan dalam seluruh kegiatan operasional yang berhubungan langsung dengan pelanggan atau cutomer. Oleh sebab itu pengambilan keputusan harus bisa dilakukan dengan cepat dan tepat sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh Team.

Baca Juga >>> 13 Tips Menjadi Pemimpin Yang Baik Dan Disukai Bawahan <<<

  1. Pengawasan Kinerja Team

Setiap team dituntut untuk bisa menyelesaikan tugas sesuai dengan target yang diberikan. Team leader hendaknya bisa selalu mengawasi kinerja dari tiap agent angentnya. Paham dengan target yang dimiliki tiap agent dan bisa memberikan solusi dalam setiap masalah yang dihadapi oleh tiap agent ini. Jika kinerja karyawan semakin memburuk atau tidak memenuhi target, perlu diterapakan coaching kembali seperti point nomer 2 diatas.

  1. Koordinasi

Koordinasi yang baik akan memberikan dampak dalam kinerja yang baik pula. Koordinasi bisa dilakukan pada saat briefing pagi atau pada saat akan menjalankan proyek dilapangan. Hendaknya briefing dan koordinasi ini bisa menggambarkan apa saja yang akan dicapai hari ini beserta dengan target setiap agent atau teamnya. Koordinasi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Yang terpenting adalah adanya komunikasi antar team leader dengan agentnya selama bekerja.

  1. Memotivasi

Hendaknya seorang team leader mempunyai kemampuan untuk memotivasi setiap agent atau karyawan teamnya. Team leader harus paham dimana waktu seorang karyawan menurun baik dari segi target atau dari segi mental bekerjanya dan memotivasi karyawan tersebut. Lebih baiknya lagi jika memotivasi kerja kepada karyawan pada saat diadakannya rapat atau briefing harian rutin sehingga pada saat bekerja seluruh karyawan team akan semangat dalam mencapai tujuan bersama dan meningkatkan produktifitas team secara menyeluruh.

  1. Pengembangan Team

Dengan selalu bergeraknya perkembangan perusahaan, maka seorang team leader juga harus bisa melakukan pengembangan teamnya itu sendiri sehingga menciptakan leader leader dimasa depan yang lebih inovatif dan mampu bersaing dengan kompetitor. Seorang team leader harus bisa membentuk jiwa kepemimpinan bagi anggota teamnya melalui pengembangan diri secara personal.

  1. Dokumentasi

Setiap event atau tugas proyek yang menjadi tanggung jawab team leader hendaknya ada dokumentasi untuk pertanggung jawaban keperusahaan dan pimpinan. Salah satu tugas team leader adalah dengan mendokumentasikan hasil dari proyek tersebut sehingga bisa menjadi bahan evaluasi untuk kedepannya.

  1. Evaluasi Kinerja

Kalau dipagi hari ada brifing maka setelah bekerja haruslah ada evaluasi kinerja dari setiap agent atau anggota team. Evaluasi diperlukan untuk merencakanan program keesokan harinya atau progran selanjutnya. Pemumpulan evaluasi dilakukan dari tiap agent kepada team leadernya yang nantinya team leader merangkum setiap hasil evaluasi dari tiap agent untuk dibuat laporan pertanggungjawabannya. Jika dirasa ada evaluasi kerja yang tidak sesuai harapan maka tugas team leader adalah melakukan bimbingan kerja kepada karyawan tersebut dan diharapkan bisa meningkatkan performanya dikemudian hari.

Baca Juga >>> Contoh Laporan Kegiatan Pelatihan dan Event <<<

Berikut tadi merupakan tugas dan tanggung jawab pokok dari seorang team leader. Diharapkan kamu yang berprofesi sebagai team leader mampu memahami setiap tugas dan tanggung jawab tersebut sehingga bisa berjalan lebih baik. Terima kasih sudah membaca artikel kami. Semoga bermanfaat.

pict by : pixabay

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *