13 Tips Menjadi Pemimpin Yang Baik Dan Disukai Bawahan

pemimpin yang baik

Setiap individu pastinya bisa menjadi pemimpin termasuk anda. Namun apakah anda bisa menjadi pemimpin yang baik dan disukai bawahan? Tentunya itu menjadi tidaklah mudah dan menjadi PR bagi sebagian orang dengan modal kerja keras tentunya.

Setiap orang dilahirkan untuk menjadi seorang pemimpin. Skill kepemimpinan bukanlah bawaan dari lahir ataupun bakat. Namun kemampuan kepemimpinan bisa diasah dan dikembangkan sesuai dengan lingkungan dan proses konsistensi seseorang apakah mau untuk belajar skill kepemimpinan.

Berikut 13 tips menjadi pemimpin yang baik dan disukai bawahan dalam perusahaan antara lain :

  1. Menjadi Panutan Yang Baik

Pemimpin adalah cerminan bagi seorang bawahan. Segala sesuatu yang bersangkutan dengan pekerjaan merupakan tindakan yang harus bisa memberikan contoh yang baik untuk bawahan.

Sebelum memberikan perintah kepada seseorang pemimpin yang baik harus bisa memberikan contoh yang sama agar menjadi panutan yang baik.

Sebagai contoh, jika ingin memiliki tim yang disiplin waktu, maka ada baiknya anda sebagai pemimpin juga sering datang lebih awal dalam sebuah meeting atau pertemuan penting lainnya.

  1. Pemimpin Bukan Berarti Bos

Kita tahu sendiri kata Bos ini selalu memiliki konotasi yang negatif. Bos biasanya sering diartikan senang memerintah dan tidak terbuka dengan pendapat orang lain.

Lain halnya jika arti dari pemimpin. Pemimpin lebih terbuka dengan bawahannya dalam berdiskusi dan sering kali menganggap bawahannya adalah rekan kerja bukan dilihat dari tingkatan pangkatnya.

Memiliki pangkat yang tinggi bukan berarti anda bisa seenaknya dalam memerintah dan acuh tak acuh terhadap karyawan bawahan. Jadilan pemimpin yang baik yang bisa menerima segala masukan dan rendah hati dalam bekerja.

  1. Memiliki Hubungan Yang Baik Dengan Orang Lain

Memiliki masalah dalam bekerja merupakan hal yang wajar didalam pekerjaan. Ada baiknya jika pemimpin yang baik bisa selalu menjaga profesionalitasnya dalam bekerja.

Menjaga hubungan yang bersifat saling menguntungkan merupakan hal yang bagus bagi pemimpin. Karyawan akan selalu melihat apa manfaat dan keuntungan yang didapatkan jika anda ditunjuk sebagai pemimpin.

Hal yang menguntungkan ini bisa seperi ilmu, materi ataupun sikat anda dalam bekerja. Jika suatu pemimpin hanya melihat berdasarkan keuntungan pribadi anda maka bawahan tidak lagi menaruh kepercayaan penuh kepada anda.

  1. Memiliki Wawasan Yang Luas

Seorang pemimpin harus bisa upgrade skill dan terbuka dengan wawasan lain selain bidang yang digelutinya. Ini dalam artian seorang pemimpin harus memiliki sikap tidak pernah berhenti belajar.

Dengan wawasan yang luas seorang pemimpin bisa lebih baik dalam berkomunikasi. Jika komunikasi berjalan dengan baik maka solusi akan lebih cepat ditemukan dengan memiliki pengetahuan yang luas.

  1. Mengakui Kesalahan

Seorang pemimpin besarpun pastilah pernah melakukan kesalahan. Namun ada perbedaan jika kamu ingin menjadi pemimpin yang baik.

Seorang pemimpin harus berani mengakui kesalahan yang diperbuatnya dan tidak menyalahkan orang lain. Hindari gengsi jika anda ingin diakui oleh bawahan anda dan menjadi pemimpin yang sejati.

Seseorang yang berani mengakui kesalahannya dan tidak menutupi kesalahannya akan menjadikan orang tersebut dihormati oleh orang lain khususnya bawahan anda.

  1. Tidak Ragu Dalam Pengambilan Keputusan

Dalam menjadi seorang pemimpin, pasti ada kalanya anda dihadapkan dalam pengambilan keputusan. Seseorang pemimpin yang bijak bisa mengatur emosinya sehingga tidak terlihat ragu dalam memberikan keputusan.

Jika dalam berbicara nada, pemilihan kata dan intonasi bicara seorang pemimpin akan selalu diperhatikan oleh bawahannya. Jika nada bicara dan intonasi seorang pemimpin lemah, maka akan terlihat bahwa dia ragu dalam pengambilan keputusan.

Usahakan menjaga emosi dan konsisten terhadap keputusan yang anda ambil.

  1. Kontrol Emosi

Jika terlibat dalam suatu masalah dan butuh anda sebagai pemimpin didalamnya, jangan libatkan emosi yang terlalu dalam.

Kontrol emosi dibutuhkan agar ketika suasana senang ricuh dan panik maka dibutuhkan seseorang yang tenang untuk berfikir jernih dan bertindak lebih baik.

Disitulah tugas pemimpin untuk bisa mengontrol emosi diri sendiri dan yang terbaik adalah bisa mengontrol emosi bawahannya agar ikut berfikir tenang untuk bisa menentukan solusi yang terbaik.

  1. Memiliki Attitude Yang Baik

Dalam bekerjapun ada etika yang perlu diterapkan apalagi seorang pemimpin harus bisa memiliki etika yang baik sebagai cerminan dari bawahanmu.

Memiliki attitude yang baik merupakan tanda bahwa andalah pemimpin yang bisa diharapakan oleh banyak orang.

  1. Terbuka Dengan Pendapat Orang Lain

Untuk menunjang visi misi perusahaan yang lebih baik, maka diperlukan ide ide kreatif didalamnya. Oleh sebab itu seorang pemimpin harus bisa terbuka dengan pendapat orang lain yang bisa memajukan perusahaan.

Tidak egois dalam berdiskusi dan selalu mengharapkan kritik dan saran dari orang lain merupakan kunci sukses seorang pemimpin.

Jika ide dari orang lain dirasa baik dan perlu diterapkan dalam perusahaan daripada ide dari anda yang seorang pemimpin, ada baiknya untuk menghilangkan ego dan berani mengalah untuk tujuan perusahaan yang terbaik.

  1. Menonjol Dari Orang Lain

Jadilah orang yang selalu aktif dan selalu terdepan dalam masalah yang dihadapi. Terlebih lagi jika kamu adalah seorang pemimpin.

Setiap perusahaan selalu mencari orang yang menonjol dari orang lainnya dalam suatu tim. Jika kamu seorang pemimpin dan tidak menonjol, maka akan ada yang mempertanyakan mengenai peran kamu disana.

  1. Selalu Belajar Dari Lingkungan Sekitar

Selalu ambil nilai positif dari lingkungan sekitar dalam permasalahan tim. Dengan begitu andapun bisa semakin belajar dari pengalaman dan upgrade skill yang anda miliki.

Ilmu pengetahun yang paling terbaik adalah sebuah pengalaman. Maka dengan belajar dari lingkungan sekitar kita dalam kompleks pekerjaan akan membuat anda mendapatkan ilmu dan pengalaman dalam hal kepemimpinan.

  1. Selalu Memberikan Apresiasi

Apresiasi merupakan salah satu kata penyemangat bagi setiap orang termasuk seorang bawahan. Jika bawahan memiliki prestasi atau mencapai target yang diharapkan, jangan lupa untuk memberikan apresiasi baginya.

Apresiasi yang paling sederhana adalah dari perkataan dan pujian. Dengan begitu bawahan akan merasa hasil kerjanya dihargai dan semakin semangat dalam bekerja di projek selanjutnya.

  1. Berani Mengambil Tanggung Jawab

Ini gunanya seorang pemimpin. Pemimpin yang bijak selalu berani mengambil tanggung jawab terhadap apa yang dipimpinnya.

Terlebih jika itu merupakan keputusan dari pemimpin dan ternyata merupakan suatu kesalahan. Pemimpin harus berani mengambil tanggung jawab tersebut dan tidak menyalahkan orang lain dikarenakan semuanya adalah keputusannya.

Baca Juga >>> Tugas Dan Tanggung Jawab Team Leader Yang Perlu Kamu Ketahui <<<

Itu tadi 13 tips sukses menjadi pemimpin yang baik.

Perlu diketahui setiap individu meruapakan pemimpin bagi dirinya sendiri. Jiwa kepemimpinan pasti ada dalam setiap orang dan bisa diasah untuk menjadi yang lebih baik. Kembangkan terus skill kepemimpinan kamu agar bisa menjadi contoh pemimpin yang bijaksana khususnya didalam pekerjaan di perusahaan.

 

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.