Baca Yuk Tips Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Merasa ngantuk pada saat kerja memang hal yang wajar bagi kita seorang karyawan. Ada jam jam diamana kita merasa bosan dengan pekerjaan yang ada dan ini yang menyebabkan kita cepat mengantuk pada saat bekerja. Berikut tips cara menghilangkan ngantuk saat kerja yang bisa kamu gunakan pada saat bekerja agar aktivitas tetap produktif di kantor :

  1. Atur Pola Tidur.

Cara yang paling berpengaruh penting dalam menghilangkan ngantuk saat kerja adalah mengatur pola tidur yang benar. Sebab kamu bisa mengantuk di pagi hari sebelum beraktivitas tidak lain adalah karena pola tidur yang tidak benar.

Ada beberapa orang yang cukup dengan tidur 6 jam sehari sudah bisa beraktivitas sepanjang hari. Pola tidur yang benar adalah dengan tidak bergadang terlalu sering ketika keesokan harinya akan bekerja.

Yang tidak kalah pentingnya adalah bangun tidur lebih pagi dan berolahraga sebelum bekerja atau bisa melakukan aktivitas ringan seperti menyiapkan sarapan, menyiapkan apa saja yang akan kamu bawa ke kentor dan sebagainya. Dengan begitu tubuh kamu akan siap untuk aktivitas pada hari itu.

  1. Tidur Siang.

Pada saat jam istirahat siang ada baiknya untuk melakukan tidur siang sejenak guna merefresh pikiran kamu agar siap bekerja untuk jam selanjutnya.

Tidur siang sejenak ini bisa membuat tubuh menjadi kembali rileks meskipun hanya sebentar. Jika tidak bisa tidur usahakan untuk beristirahat sejenak 5-10 menit sudah sangat cukup. Jika lebih dari itu maka tubuh akan menjadi lesu dan menjadi mudah mengantuk kembali di sore harinya

  1. Olahraga Ringan

Olahraga ringan pada saat di kantor juga bisa berguna untuk menghindari ngantuk. Kamu bisa melakukan aktivitas ringan seperti mengambil minuman sendiri ke pantri, berjalan ke toilet atau sekedar peregangan ringan.

Jangan terlalu sering duduk bekerja karena akan menimbulkan efek kantuk yang lebih parah. Dengan banyak bergerak akan memicu pergerakan oksigen keseluruh jaringan tubuh dengan begitu rasa kantukpun akan menghilang.

  1. Minum Air Putih Teratur.

Jika rasa kantuk sudah datang cobalah untuk mengambil segelas air putih dan meminumnya. Itu adalah pertanda bahwa tubuh kamu kurang cairan dan dehidrasi ringan.

Minum air putih teratur bisa membantu peredaran darah menjadi lancar dan tubuh kamu tidak kekurangan cairan alias dehidrasi.

  1. Mendengarkan Musik

Cara ini juga bisa mengatasi kantuk saat bekerja. Mendengarkan lagu yang biasa kamu nyanyikan akan membawa efek positif bagi otak. Jangan mendengarkan musik lantunan jazz atau musik instrument saja. Jika mendengarkan musik instrument akan lebih membawa kamu dalam kondisi mengantuk.

  1. Tinggalkan Sejenak

Jika sudah tidak teratasi lagi rasa kantuk yang melanda. Cobalah untuk meninggalkan sejenak rutinitas bekerjamu dan carilah tempat dimana sirkulasi udara bebas berada.

Rasa kantuk ada karena pasokan oksigen yang kamu hirup berkurang dan kamu membutuhkan udara yang segar diluar ruangan. Setelah keluar lakukan peregangan dan tarik nafas dalam dalam agar pikiran dan tubuh lebih rileks.

  1. Mandi Dengan Air Dingin

Pada saat pagi hari janganlah mandi dengan air hangat. Karena air hangat akan melemaskan otot kamu dan menjadikan kamu rileks. Meskipun cuaca dingin usahakan untuk mandi dengan air dingin dan basahilah air dari ujung kepala sampai kaki. Mandi dengan air dingin di pagi hari akan membuat kamu lebih segar dan sistem imun kekebalan tubuhpun juga meningkat.

 

Baca Juga >>> Tips Cara Berkomunikasi dengan Baik yang Efektif <<<

Begitulah beberapa tips kerja dan cara menghilangkan ngantuk saat kerja agar kinerja kamu di kantor lebih produktif kembali. Namanya bekerja pasti ada rasa bosan dan kerap kali bosan menjadi salah satu faktor terbesar dari rasa mengantuk. Namun semuanya bisa diatasi dengan beberapa tips diatas dan yang terpenting adalah gunakan waktu tidur dan istirahatmu sebaik mungkin.

 

Share Link

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.