Tahapan Tes Seleksi MT Frisian Flag Indonesia

tes mt frisian flag indonesa

Frisian Flag Indonesia sering mengadakan perekrutan untuk posisi Management Trainee yang pasti selalu ada diperusahaan besar lainnya untuk memberi kesempatan kepada calon karyawan baru untuk merasakan percepatan karir yang bagus diperusahaannya. Jalan dari program MT ini sangat berat, karena seperti program MT lainnya program ini juga menjalani sistem gugur bagi kandidat yang tidak memenuhi syarat management.

Peluang berkarir yang cukup berat karena sebelum masuk saja kita sudah harus bersaing dengan standart yang ditetapkan dari frisian flag ini. Sistem dari FFI ini tidak menggunakan sistem kuota. Sehingga jika dirasa kita pantas untuk masuk standar dari grade karyawan FFI kita akan dinyatakan masuk meskipun kuota sudah terpenuhi.

Ada berbagai tahapan tes yang akan kamu hadapi:

1. Psikotes tahap awal

Pada tahapan kali ini terdapat banyak jumlah peserta ditiap tes tiap kloternya. Setiap kloter bisa mencapai 100 sampai 200 orang. Tes dan pengumumannya akan kamu dapatkan langsung setelah kamu menjalani tes psikologi ini. Contoh soal yang akan dijalani adalah tes koran dan tes kata kata sinonim dan antonim. Untuk waktu dan jumlah soal tidak terlalu banyak dan lama. Setelah selesai kamu akan diminta untuk menunggu sebentar mengenai pengumuman tes selanjutnya.

2. Psikotes tahap kedua

Akan banyak yang harus tersingkir dalam psikotes tahap pertama. Tahap kedua ini adalah tes psikologi sebenarnya. Tes kepribadian yang tidak ada jawaban benar dan salahnya seperti tes gambar manusia dan pohon. Meskipun seperti itu juga akan ada tes angka dan soal cerita matematika, bangun ruang dari sebuah bentuk benda, dan tes motorik yaitu tes memutar benda dan kita harus mencari pergerakan benda itu selanjutnya. Tes ini juga sangat cepat dan terhitung sedikit jumlah soalnya. Dan pengumuman juga langsung dikabarkan hari itu juga.

3. FGD (Focus Group Disscussion)

FGD ini terdiri dari 6 orang tiap kelompoknya dan dibagi menjadi beberapa sesi. Sesi pertama akan langsung melakukan FGD terlebih dahulu. Untuk sesi 2 akan diberikan tugas untuk kita kerjakan terlebih dahulu. Tugasnya adalah tes warteg dan tengang diri sendiri. Contoh kasus yang akan kita dapatkan sewaktu FGD adalah mengenai pengetahuan umum. Tipsnya adalah kamu harus sering baca berita terkini yang sedang populer di masyarakat. Setelah berdiskusi menggunakan bahasa indonesia dan diakhir menggunakan bahasa inggris. Kemudian kita diminta untuk presentasi mengenai kesimpulan dari topik kasus tersebut.

Baca juga >>> Tips Untuk Lolos FGD <<<

4. Interview Psikolog

Pada interview ini kita bisa meminta untuk menggunakan bahasa indonesia atau bahasa inggris. Dan tentu saja untuk peserta yang menggunakan bahasa inggris akan dinilai lebih baik. Karena nantinya pada saat presentasi tahap selanjutnya kita akan presentasi menggunakan bahasa inggris. Ya hitung hitung belajar bicara menggunakan bahasa inggris. Pertanyaan masih santai seputar kehidupan sehari hari dan kegiatan kita selama ini. Mulai dari kuliah dan pengalaman kerja jika ada.

Baca juga >>> Daftar Pertanyaan Saat Wawancara Kerja Dan Jawabannya <<<

>>> Tips Menenangkan Diri Dari Gugup Wawancara Kerja <<<

5. Presentasi Kasus

Masing masing peserta akan diminta untuk membuat suatu video yang bertujuan untuk pengenalan diri masing masing. Bisa membicarakan hobi, dan topik lain untuk mengenalkan diri kita kepada orang yang meliat video kita. Untuk durasi bebas, tetapi jangan terlalu lama dan terlalu singkat. Jangan lebih dari 5 menit sudah lebih baik dan harus sudah di upload ke situs dari FFI sebelum presentasi dimulai.
Presentasi ini kamu akan menggunakan bahas inggris. Dan tiap kamu akan diberikan topik dan masalah yang harus kamu selesaikan dan buat kesimpulan untuk dipresentasikan. Dan tentunya menggunakan bahasa inggris. Hasil kesimpulanmu akan dipresentasikan didepan kandidat lain. Dan tiap peserta berhak untuk bertanya kritik dan memberikan saran juga.

6. Interview User

Interview lanjutan ini menggunakan bahas inggris dan pembahasannya mengenai materi presentasi kita dan tahapan tahapan sebelumnya. Disini kita akan dikenalkan lagi mengenai beratnya menjadi seorang yang mengikuti program MT. Untuk pertanyaannya adalah mengenai diri kita sendiri, seperti pertanyaan mengenai rencana kita 5 tahun kedepan seperti apa dan kelemahan kelebihan diri kita sendiri.

Baca Juga >>> Tips dan Jenis Jenis Wawancara Kerja <<<

7. Medical Check Up

MCU kali ini kita diminta untuk puasa 12 jam sehari sebelumnya, dan dilarang untuk bergadang dan tidak merokok akan lebih baik juga.

8. Interview BOD

Interview ini yang akan menentukan kamu lulus atau tidak dalam program MT kali ini. Untuk pewawancaranya bukan orang indonesia langsung melaikan direktur dari luar negri yang akan kamu hadapi. Interview akan dimulai dengan perkenalan pribadi dan latar belakang pendidikan kita. Mengapa kita memelilih jurusan tersebut dan apa kelebihan dari jurusan yang kita pilih tersebut

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.