Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion )

tips sukses fgd

Tahapan tes FGD adalah tahapan yang sangat sering menjadi momok dalam menjalani suatu tes kerja di perusahaan ternama. Tes FGD biasanya dilakukan untuk seleksi posisi MT ( Management Trainee ) dibanyak perusahaan, ODP (Officer Development Program ) di bank terkemuka.
Ada juga nama lain dari FGD yaitu LGD (Leaderless Group Discussion).

Berikut kami ulas mengenai tahapan dan trik tes FGD yang baik berdasarkan pengalaman pribadi dan ulasan diberbagai blog dan kaskus agar kamu lolos dan sukses ketahapan ujian selanjutnya.

Gambaran secara umum FGD bagi kamu yang baru pertama kali menjalaninya. Tes FGD ini nantinya semua peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Biasanya 1 kelompok terdiri dari 4 – 6 kelompok.

Kemudian kalian akan diberikan suatu kasus atau masalah tertentu yang terkait dengan perusahaan yang kalian lamar, contoh jika kamu mendaftar di bank ODP BNI Syariah maka pembahasannya seputar perbankan dan macam macam kasus mengenai perbankan syarinya. Sehingga sebelum kamu menjalankan tes FGD ada baiknya kamu belajar mengenai perusahaan tersebut

Baca Juga Tips Wawancara Kerja

Kalian akan diminta berdiskusi dan menentukan suatu kesimpulan dengan kesepakatan bersama dan mulai dipresentasikan kepada kelompok lain. Kelompok lain juga berhak untuk menanyakan alasan dari kesimpulan yang kelompok kalian lakukan.

Sudah paham? Ouw ya ada juga beberapa perusahaan yang memakai bahasa inggris dalam FGD yang diadakan. Menurut pengalaman bank seperti BCA, Mandiri dan muamalat syariah menggunakan bahasa inggsis dalam proses seleksinya.

Selanjutnya kita akan membahas faktor apa saja yang menjadikan FGD anda berjalan baik menurut tim HRD dan panelis. Dan bagaimana memimpin,membuka dan menjawab pembahasan FGD.

  1. Menentukan peran tiap anggota kelompok

Tentukan siapa yang siap menjadi moderatornya, fungsi moderato disini adalah untuk membuka topik dan bahasan seputar masalah.
Tapi ingat jangan sampai kamu menjadi moderatornya. Buka saja bahasan siapa yang akan menjadi moderatornya  dan tunjuk juga siapa yang akan menjadi sekertaris yang akan mencatat pembahasan kalian.

Jangan sampai kamu menjadi moderator dan sekertarisnya. Karena moderator secara fungsinya tidak bisa memberikan masukan saran kepada kelompok, begitu pula dengan sekertaris.
Tetapi jika kamu terpilih menjadi salah satunya, berikan saran yang bisa mendukung tiap anggota dalam menyampaikan sarannya.

  1. Jangan terlalu gampang setuju

FGD merupakan suatu diskusi, jika kamu setuju saja dengan pendapat orang lain apa gunanya diskusi ? kamu bisa setuju dengan saran anggota tim tetapi kamu juga harus menambahkan beberapa saranmu sendiri kedalam saran anggota timmu.

Seperti, “Saya setuju dengan pendapat anda, akan tetapi lebih baik lagi jika ditambahkan….”
ungkapan seperti itu membuat saran ketidaksetujuan anda menjadilebih halus

  1. Jangan memotong pembicaraan orang lain

Ketika salah satu anggota timmu berbicara, jangan sampai kamu memotong pembicaraannya. Tuntaskan dan beri waktu anggota timmu untuk menyampaikan pendapatnya.

  1. Aktif dan inisiatif

Menjadi aktif dan inisiatif adalah kunci suksesnya FGD mu.
ketika kamu mengerti dan paham mengenai materinya jadilah aktif dan inisiatif untuk membuka pembahasan bersama dimulai dengan saran darimu.

Ketika kamu tidak mengerti materi yang menjadi pembahasan, maka dukunglah teman setimmu yang menurutmu saran yang diberikannya adalah yang terbaik, dengan menambahkan sedikit saran darimu.

  1. Jangan menjawab dengan cepat

Ini sangat berlawanan dari poin no 4. Jangan terlalu aktif disini adalah jangan langsung menjawab semua pertanyaan yang dilemparkan teman timmu dengan langsung dan cepat.

Tim HRD akan menilai bahwa kamu adalah orang yang egois, dan perusahaan membenci itu.
HRD dan panelis tidak akan memasukkan orang yang dengan cepat mengutarakan pendapatnya tanpa berpikir terlebih dahulu.

  1. Masalah dan solusi

Selalu berikan iden dan solusi kepada tim. Jangan hanya memberikan masalah kepada mereka.
Lebih baik lagi jika kamu yang memberikan masalah dan kamu juga yang memberikan solusi kepada tim.

  1. Ingatkan selalu mengenai waktu

Jangan terbawa suasana dengan asik berdiskusi dan berdebat tetapi kalian lupa terhadap waktu yang diberikan.

Pada awal diskusi catat waktu yang diberikan dan ingatlah untuk selalu mengecek waktu tersebut.

Jika waktu akan habis ingatkan kelompokmu untuk segera membuat kesimpulan dari pembahasan kalian.

 

Mungkin tips tadi bisa dijadikan bahan acuanmu dalam menjalani FGD nantinya.
yang paling penting adalah berdoa sebelum menjalani semua tahapan tesmu.

>>>Baca Juga Lowongan Kerja Lainnya<<<

 

Baca juga Tips lainnya dari kami
>>  Jenis Jenis Wawancara Kerja

>>  Mengatasi Gugup Dalam Wawancara
>> Tips Buat Kamu Yang Fresh Graduate

 

No Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.