Seleksi Dan Tahapan Tes Angkasa Pura

Tes kerja angkasa pura

Kali ini tipskerja akan mereview tentang tahapan tes dan seleksi di angkasa pura yang merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan kebandara udaraan di Indonesia. Ada banyak juga perusahaan cabang dari angkasa pura ini. Baik angkasa pura I, angkasa pura II dan angkasa pura support. Kali ini kita akan membahas tentang PKWT angkasa pura II meskipun hampir sama model perekrutannya ditiap cabang perusahaannya.

  1. Tes Pemeriksaan Berkas

Pada tes kali ini kamu diminta untuk menunjukkan berkas keaslian yang kamu miliki. Seperti izasah, transkip nilai, skck, surat kesehatan, akte kelahiran hingga kartu keluarga. Tes ini adalah tes performance. Nanti kamu akan diberitahu tentang berkas apa saja yang masih kurang dan harus dibenahi dan akan dibuatkan daftar checklistnya.

Nantinya kamu akan difoto dan menuliskan formulir yang akan diserahkan oleh panitia dan mengisi daftar hadir. Tes selanjutnya akan kamu jalani setelah tes performance ini.

  1. Test Psikologi

Hampir sama dengan tes psikologi pada perusahaan lain, terdapat soal matematika dasar, deret angka dan bilangan, deret gambar dan tes kepribadian lainnya.

Tes akan dibagi menjadi 3 tahapan. Yang pertama adalah tes warteg menggambar dan tes koran atau kreplin. Intinya adalah kamu bisa stabil dalam pekerjaanmu dan tidak tertekan oleh waktu.

Tes selanjutnya yang kedua adalah tes FGD (Focus Group Discussion). Pada tahapan ini akan ada beberapa kelompok dimana setiap kelompok terdapat 5-6 orang. Kamu diminta untuk menyelesaikan suatu masalah yang nantinya akan kamu diskusikan dengan kelompokmu. Soalnya berupa tes prioritas dan berhubungan dengan penerbangan dan layanan di angkasa pura. Lebih baik untuk belajar mengenai pelayanan dan materi dasar dari visi misi angkasa pura. Nantinya kamu dan kelompokmu diminta untuk berdiskusi dan menentukan mana yang akan kalian prioritaskan dimasalah tersebut.

Tes yang ketiga adalah interview psikologi. Yang akan mewawancaraimu adalah seorang psikolog dan pertanyaannya seputar menggali kepribadianmu. Bagaimana peranmu di kuliah, pengalaman organisasi dan pengalaman kerja. hal apa saja yang telah kamu capai dan apa saja impianmu saat ini. Jawablah dengan apa adanya dan jadilah dirimu sendiri.

Baca juga >>> Tips Untuk Lolos FGD <<<

  1. Tes Kesehatan

Berbeda dengan perusahaan lain yang dimana biasanya tes kesehatan adalah tahapan akhir dari suatu tes perusahaan. Di angkasa pura kamu akan menjalani tes kesehatan terlebih dahulu. Kamu akan diminta untuk melakukan puasa 8 jam sebelum menjalani tes ini.

Rangkaian tesnya berupa tes sample darah, tes sample urine, rekam jantung dan rontgen, tes fisik seperti tes penglihatan mata, tinggi dan berat badan. Jangan lupa untuk tidak begadang sehari sebelumnya dan perbanyak minum air putih juga.

  1. Wawancara User

Pada tahapan ini jangan lupa untuk tetap membawa berkas file yang diminta, karena itu sangat dibutuhkan untuk keaslian dari tahapan seleksi. Kamu akan berhadapan langsung dengan tim hrd dan tim user yang akan memakai jasamu nantinya.

Persiapkan juga bahasa inggrismu nantinya jika diminta untuk menggunakan bahasa inggris. Pertanyaanya seputar kehidupanmu, mulai dari pengalaman kuliah, organisasi dan pengalaman kerja yang kamu punya. Tim user nantinya juga akan memberikan kamu suatu case khusus mengenai pekerjaan di angkasa pura dan bagaimana jika kamu bekerja disini apa yang akan kamu lakukan.

Diakhir wawancara kamu akan diberitahukan mengenai benefit dan fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan jika bekerja di angkasa pura ini.


Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User <<<


 

Share Link

2 Comments

  1. Bagaimana kalo tes bahasa inggrisnya tidak tau ato ga fasih dalam berbahasa inggris.??

    1. Diusahain dulu kak. Nanti bilang aja bahasa inggrisnya pasif, tapi tetap di suruh coba untuk pake bahasa inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published.