Tips Sukses Interview Dan Wawancara User

tips sukses interview user

Wawancara kerja atau interview kerja menjadi momok menakutkan dalam tahapan seleksi tes kerja. Khususnya untuk interview user dimana menjadi penilaian penting apakah kamu berkompeten dalam bidang yang kamu lamar. Kali ini tipskerja akan membagikan bagaimana tips sukses dalam interview dan wawancara user. Tips ini juga bisa kamu terapkan di interview hrd bahkan sampai interview panel dan direksi. Yuk, simak tips kita ya :

  1. Cari tahu siapa interviewer kamu

Sebelum lolos ketahapan interview user kamu bisa menanyakan ke pihak hrd untuk mencari tahu dengan siapa kamu akan diwawancara nantinya. Kemudian coba kamu cari tahu profil orang tersebut di aplikasi seperti Linkedln atau media sosial dan pelajari karakteristik kepribadiannya.

Hal ini bertujuan agar kamu bisa ingat namanya dan bisa membayangkan bagaimana nantinya pada saat seleksi interview.

  1. Belajar dan belajar

Interview user biasanya akan banyak menanyakan mengenai skill dan kemampuanmu. Jadi jangan malas malas untuk melakukan persiapan seperti berlajar terkait dengan posisi dan kebutuhan yang kamu lamar.

Coba belajar kembali mengenai teori teori dasar yang pernah kamu pelajari pada saat kamu duduk dibangku kuliah sebelumnya.

Cari tahu juga mengenai teknik apa yang biasa dipakai dalam perusahaan tersebut, khususnya dibidang yang kamu lamar.

  1. Persiapan pertanyaan dadakan

Sebelum interview ada baiknya kamu mempersiapkan 3 macam cerita suksesmu diberbagai bidang, mungkin bisa dibidang olahraga, organisasi maupun pengalaman kerjamu. Akan lebih baik lagi jika cerita suksesmu ada sangkut pautnya dengan pekerjaan.

Buatlah cerita yang menarik dengan caramu sendiri dan yang terpenting ceritamu tidak kamu buat buat dan berdasarkan kisah nyata pribadimu sendiri.

  1. Cari tau

Coba untuk cari tahu melalui berbagai forum sebelum kamu menjalani setiap seleksi perusahaan. Atau kamu bisa cari tahu mengenai pengalaman tes dari teman temanmu yang sebelumnya pernah mengikuti seleksi di perusahaan tersebut.

  1. Pelajari bahasa inggris

Jangan pernah kamu berharap untuk interview nantinya akan berlangsung dengan bahasa indonesia. Persiapkan juga bagaimana bahasa inggrismu dalam hal percakapan umum.

Terutama untuk perusahaan besar dan multinasional sudah bukan rahasia lagi jika mereka menggunakan bahasa inggris sebagai salah satu tahapan seleksinya.

  1. Jangan terburu buru

Jika kamu mendapatkan pertanyaan yang sulit jangan sungkan dan ragu untuk meminta sedikit waktu untuk berfikir. Jangan terburu buru, jawaban yang kamu jawab secara instant dan cepat malah akan menjadi bumerang bagi kamu sendiri. Pikirkan dengan baik dan tenangkan pikiranmu.

  1. Tenang dan Fokus

Yang terakhir dan terpenting adalah kamu bisa tenang dan fokus dengan pertanyaan yang diberikan. Jika kamu panik maka akan kelihatan sekali dari nada dan intonasi yang akan kamu keluarkan nantinya. Upayakan untuk rileks terlebih dahulu sebelum kamu datang di interview user ini.

No Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.