Proses Tes PGN Perusahaan Gas Negara Karir

By On Thursday, January 23rd, 2020 Categories : Review Tes Perusahaan

perusahaan gas negara karir

Salah satu perusahaan nasional terbesar di indonesia adalah PGN atau Perusahaan Gas Negara. PGN adalah perusahan negara yang bergerak dibidang distribusi dan transportasi gas bumi untuk domestik indonesia khususnya.

Banyak juga jobseeker yang ingin masuk diperusahaan gas terbesar di indonesia ini. Maka dari itu kita akan membahas proses tes dan rekrutment di perusah gas negara ini.

Kamu bisa mencari lowongan yang pas untuk posisi dan kualifikasi yang pas untuk kamu dengan mencari di website resminya di Perusahaan Gas Negara Karir.

Berikut tahapan tes yang akan kamu jalani jika ingin menjadi karyawan di PGN :

  1. Tahap Pertama Tes GAT PGN

Untuk tahapan pertama adalah tes GAT atau yang berasal dari singkatan General Aptitude Test atau kalau dalam istilah bahasa indonesianya adalah tes intelegensi umum.

Seperti biasa pada tahapan ini pastinya akan ada beberapa batch atau gelombang untuk menyeleksi ratusan bahkan ribuan peserta. Jadi persiapkan diri kamu untuk lolos dari tahapan pertama ini.

Di tahapan ini akan ada presentasi singkat mengenai company profile dari PGN dan tentunya ada sesi tanya jawabnya juga. Untuk tes GAT ini melingkupi tes matematika dasar, tes deret angka, tes bentuk pola gambar, pandang ruang dan bidang, pengetahuan umum, tes bahasa seperti kosakata dan juga ada soal hafalan juga.

Tes ini bertujuan untuk menyeleksi para kandidat pelamar dari segi intelegensi dan aspek aptitudenya. Untuk pengumumannya akan kamu terima sore harinya karena tes ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan belum lagi ada beberapa sesi gelombang pada tahapan ini.

  1. Tes Toefl dan Tes Lanjutan PGN

Dihari selanjutnya adalah tes TOEFL, tes ini hampir sama seperti tes TOEFL pada umumnya. Kamu bisa mempelajari mengenai apa saja yang akan keluar di tes kali ini. Untuk tes lanjutannya adalah tes mengenai perbendaharaan kata bahasa indonesia. Jadi seperti mencari kata kegunaan lain dari barang barang yang ada di sekitar kita.

Pengumuman akan langsung kamu terima dan lanjut untuk tes kepribadian dan tes kraeplin bagi yang lolos tes TOEFL dan tes lanjutan ini.

Untuk tes kepribadian hanya tes psikologi mengenai bagaimana sih karakter kamu, dan tidak ada jawaban benar dan salah didalamnya. Usahakan untuk menjawab dengan spontan dan sesuai dengan kepribadian kamu. Tes kraeplin seharusnya kamu sudah paham mengenai tes koran menjumlahkan angka secara cepat sesuai dengan instruksi.

  1. Tes FGD dan Interview HRD PGN

Seluruh peserta tes akan menjalani FGD atau Focus Group Discussion. Istilahnya adalah kalian semua akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil lalu akan membahas dan berdiskusi mengenai suatu hal.

Untuk Pertanyaan FGD biasanya berupa soal prioritas. Jadi kita diminta untuk berdiskusi mengenai hal mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Usahakan untuk menjadi aktif namun tidak menjatuhkan saran atau pendapat orang lain.Hasil diskusi akan dipresentasikan dan kelompok lain bisa bertanya mengenai pendapatnya. Ini juga bisa menjadi ajang kamu untuk aktif bertanya dikelompok lain.

Baca Juga >>> Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion ) <<<

Interview ini hanya mencocokkan kembali mengenai data pribadi dan CV pengalamanmu saat ini. Jadi pertanyaan masih seputar pribadi diri dan motivasi kerja lainnya. Sebaiknya yang perlu kamu ingat adalah perusahaan ini tersebar dibeberapa wilayah indonesia dan kamu harus siap untuk dipenempatan kerja dimana saja. Jika kamu tidak siap maka lebih baik kamu untuk mengundurkan diri saja karena sudah bisa dipastikan kamu akan gagal jika tidak siap penempatan kerja.

  1. Tes Interview User PGN

Tes selanjutnya adalah tes interview user pgn. Ini adalah penentuan kamu berhak menjadi karyawan disini atau tidak karena benar benar yang akan dites adalah seputar keahlian kamu sendiri. Jika kamu tidak memiliki skill yang dibutuhkan PGN maka otomatis kamu akan gagal pada tahapan ini.

Baca Juga >>> Tanda Lolos Interview User Yang Harus Kamu Ketahui <<<

Ada baiknya untuk belajar kembali mengenai posisi yang kamu lamar seperti apa dan pelajari kembali mengenai company profile dari PGN karena memang ada pertanyaan seputar apa yang kamu ketahui dari PGN ini dan buatlah presentasi yang baik didepan para user.

  1. Tes Kesehatan Dan Offering Benefit

Tes terakhir adalah tes MCU atau tes kesehatan. Jangan pernah kamu sekali kali menganggap remeh tes kesehatan ini. Karena ada juga yang gagal pada tahap ini. Untuk lengkapnya mengenai tips dan trik tes kesehatan bisa kamu baca di link dibawah ini. Jika lolos maka tinggal tanda tangan kontrak dan offering benefit mengenai penempatan, gaji di pgn dan tunjangan lainnya akan kamu ketahui pada saat offering benefit ini.

Baca Juga >>> 7 Macam Tes Kesehatan Kerja yang Dilakukan oleh Perusahaan <<<

Terima kasih semoga sukses untuk kalian semua.

Proses Tes PGN Perusahaan Gas Negara Karir | tipskerja | 4.5