Pengalaman Tes dan Tahapan Seleksi PDAM

Pengalaman Tes PDAM

PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum juga menjadi salah satu perusahaan yang banyak dicari dan diminati jobseeker Indonesia. Ada beberapa tahapan bagi kamu yang ingin lolos tes rekrutmennya. Berikut tahapan dan tes seleksi PDAM untuk seluruh posisi yang biasanya diseleksikan.

  1. Administrasi Berkas

Biasanya informasi lowongan kerja mudah kamu peroleh melalui situs website resmi PDAM atau bisa melalui jobfair yang mereka ikuti. Tahapan ini adalah tahapan untuk pengumpulan berkas administrasi seperti ijazah, transkip nilai dan berkas pendukung lainnya yang harus kamu kirimkan online dengan mengisi form google. Usahakan untuk melengkapi segala berkas yang diperlukan untuk mempermudah melaju ketahapan selanjutnya.

  1. Tes Psikotes PDAM

Sebelum tes dimulai tim HRD akan mempresentasikan sedikit mengenai company profile dari PDAM ini dan tahapan apa saja yang akan kamu lalui sampai akhir serta detail lainnya. Disini kamu juga bisa bertanya tentang apa yang ingin kamu ketahui dari PDAM.

Untuk tes yang diuji seperti : tes matematika dasar, tes deret angka, tes verbal, tes koran atau kreaplin dan pauli, selanjutnya tes menggambar pohon dan manusia.

Baca Juga >>> Tips dan Contoh Soal Psikotes Serta Trik Menghadapinya <<<

Persiapkan diri sebaik mungkin, usahakan untuk membawa bekal makanan dan sarapan sebelumnya dikarenakan tes ini akan berlangsung seharian penuh dan dilanjut dengan tes interview psikolog.

  1. Tes Interview Psikolog PDAM

Pada tes kali ini tiap peserta akan dites satu persatu untuk wawancara psikologi. Perusahaan PDAM akan menunjuk vendor untuk mempersiapkan tahapan tes wawancara ini.

Untuk pertanyaannya seputar kehidupan pribadi kamu, seperti pengalaman pada saat kuliah, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, motivasi kerja kamu sampai kekelebihan dan kelemahan diri kamu.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

Usahakan untuk datang lebih awal dan absen terlebih dahulu untuk menentukan giliran tes yang akan dipanggil oleh tim psikolog.

  1. Tes Teknis PDAM

Tes selanjutnya berkaitan dengan masalah teknis pekerjaan di PDAM. Lebih baik untuk belajar dan persiapkan diri dengan ilmu pengetahuan sesuai dengan bagian yang kamu lamar nantinya.

Akan ada banyak ilmu dan detail teknis lainnya seperti rancangan jaringan perpipaan, teknik mengolah AutoCad dan ilmu lainnya. Kebanyakan pertanyaan lebih mengarah bagaimana kamu familiar atau tidak dengan software yang sering digunakan nantinya saat bekerja di PDAM.

  1. Tes Kesehatan PDAM

Tes Medical Check Up atau MCU ini merupakan tahapan yang tidak boleh dianggap remeh karena ada juga peserta yang gagal pada tahapan ini dan tidak lolos ke tahapan akhir.

Usahakan untuk puasa 12 jam sebelum tes berlangsung untuk menetralkan gula darah saat tes berlangsung dan jangan bergadanga 1 hari sebelum hari pelaksanaan.

Baca Juga >>> Kenapa Harus Puasa Sebelum Medical Check Up ? <<<

Tes kesehatan lainnya seperti tes sample darah, tes sample urin, rontgen, tekanan darah dan tes fisik lainnya.

  1. Wawancara Direksi PDAM

Ini merupakan tahapan akhir dari keseluruhan rekrutmen PDAM. Pelajari kembali mengenai company profilenya dan juga pelajari tentang tes teknis kemarin dan coba perbaiki dimana letak kesalahanmu saat tes tersebut berlangsung.

Tes direksi ini bisa dikatakan adalah tes wawancara user. Untuk pertanyaannya seputar keahlianmu dalam menggunakan software dan bagaimana ilmu pengetahuanmu menganai bidang yang kamu lamar.

Baca Juga >>> Contoh Pertanyaan Untuk User Saat Interview <<<

Jika sudah selesai maka tahapan lainnya adalah tanda tangan kontrak dan offering benefit untuk detail posisi dan kota penempatannya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat.

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.