Contoh Pertanyaan Untuk User Saat Interview

Pertanyaan Untuk User Saat Interview

Pada setiap wawancara ataupun interview user, diakhir sesi pasti kamu akan dipersilahkan untuk bertanya kepada tim user tersebut. Pertanyaan untuk user saat interview sangatlah berpengaruh untuk kamu apakah lolos atau tidak. Jika kamu menanyakan hal yang biasa maka kemungkinan kamu akan di cap tidak memiliki ketertarikan lebih untuk posisi yang kamu lamar.

Berikut contoh pertanyaan untuk user saat interview dan apa saja yang ditanyakan saat interview user :

  1. Bertanya kembali mengenai masalah teknis yang belum kamu ketahui

Pada saat interview user, pastilah arah pembicaraan kamu mengarah ke bagian teknis pekerjaan. Semisal jika kamu melamar posisi IT maka yang ditanya adalah mengenai keahlian kamu dibidang IT.

Ini bisa kamu pakai pada saat diberikan kesempatan bertanya untuk user. Seperti “Bahasa pemrograman apa yang sering digunakan untuk posisi IT analyst ini?” atau pertanyaan lainnya yang masih sama dengan pertanyaan yang diberikan oleh tim user sebelumnya.

  1. Bertanya mengenai jenjang karir

Jenjang karir merupakan salah satu alasan mengapa orang ingin masuk kedalam perusahaan yang lebih bagus. Ini juga bisa kamu tanyakan mengenai kejelasan jenjang karir untuk kedepannya dalam perusahaan ini.

“Untuk karir, apakah ada jenjang karir yang sesuai untuk posisi ini pak? “

  1. Pertanyaan seputar posisi yang kamu lamar.

“Kira kira berapa kandidat yang dibutuhkan untuk posisi yang saya lamar ini? “

Ini adalah hal yang wajar kamu tanyakan, kamu harus mengetahui jumlah akhir yang diminta setelah proses rekrutmen selesai. Ini juga menggambarkan bahwa kamu serius menjalani tahapan tes sampai akhir sesi.

  1. Bertanya seputar kualifikasi yang diminta

“Kalau boleh tahu, sebenarnya apa kualifikasi utama yang diharapkan oleh perusahaan?”

Jika kamu bertanya seperti ini maka kamu bisa mengetahui secara pasti mengenai kriteria karyawan yang diharapkan seperti apa. Agar kamu bisa evaluasi diri juga jika memang tidak beruntuk untuk tahapan user ini dilain waktu.

Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User <<<

Menurut tipskerja.com pertanyaan diatas sangat tepat untuk ditanyakan pada saat interview user dan user meminta untuk mempersilahkan kamu bertanya.

Adapun pertanyaan yang kami rasa kurang tepat kamu tanyakan pada saat interview user. Berikut daftar pertanyaan yang tidak boleh ditanyakan saat wawancara khususnya interview user

  1. “Setelah tahapan ini, tahapan apa yang akan saya jalani?”

Ini bukanlah pertanyaan yang tepat untuk user. Kamu seharusnya sudah mempertanyakan ini pada saat interview HRD. Kamu harus tahu setiap tahapan hingga akhir pada saat interview user. Jika kamu masih menanyakan hal ini ke user maka itu akan mengecewakan bagi user dan membosankan. Beri tantangan lainnya kepada tim user dengan pertanyaan yang lebih baik lagi.

  1. “Kapan pengumuman hasil tes interview user ini saya terima?”

Ayolah….. jika masih ada diantara kalian bertanya masalah ini saat interview user dan gagal. Mungkin ini menjadi faktor utamanya. Kamu sudah diberikan kesempatan untuk bertanya dan kamu mengacaukan kesempatan emas satu satunya tersebut. Kamu seperti hanya menginginkan hasil bukan proses dimata seorang user yang mana adalah seorang manager atasan diperusahaan tersebut.

  1. “Berapa gaji yang saya dapatkan untuk posisi tersebut?”

Jika kamu belum ada tawaran negosiasi gaji, maka hal ini jangan kamu tanyakan pada saat interview user. Kecuali jika yang membuka wacana tersebut adalah dari user sendiri. Karena terkadang tim user juga memancing pertanyaan mengenai “Berapa gaji yang kamu harapkan untuk posisi ini”.

Jika belum ada perbincangan yang mengarah ke masalah gaji, maka jangan tanyakan hal ini lebih lanjut.

  1. “Untuk posisi tersebut, fasilitas apa yang saya dapatkan?”

Ini juga sama dengan poin nomer 3. Namun beda halnya jika kamu masuk dan dipanggil ke tahapan tes melalui jalur prestasi, seperti kamu diminta langsung oleh perusahaan dikarenakan kamu memang sudah terkenal ahli untuk posisi tersebut. Pokoknya jangan deh untuk pertanyaan ini jika kamu masih belum yakin untuk lolos tes interview user.

Baca Juga >>> Tanda Lolos Interview User Yang Harus Kamu Ketahui <<<

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.