Pengalaman Tes dan Tahapan Rekrutment PT Asuransi Jiwasraya

Kali ini tipskerja akan mencoba untuk membahas mengenai rekrutment dan pengalaman tes PT Asuransi Jiwasraya. Perusahaan ini adalah Badan usaha milik negara yang bergerak dibidang asuransi dan kantornya sudah terkenal diberbagai daerah di kota besar di Indonesia.

Pengalamant tes Jiwasraya

PT Asuransi Jiwasraya sering mengadapak tes yang bisa kamu ikuti. Kamu bisa mengetahui informasi rekrutment tes dari jiwasraya ini melalui website resminya atau bisa kamu dapatkan di jobfair yang tersebar di berbagai kampus di indonesia.

Jiwasraya ini biasanya akan mempercayakan proses seleksi karyawannya dengan vendor lainnya yaitu PPM Managemen. Ini merupakan vendor rekrutment yang sudah banyak dipakai oleh perusahaan besar lainnya.

Berikut ini tahapan dan proses seleksi yang akan kamu hadapi pada tahapan rekrutmentnya :

  1. Proses Seleksi Pendaftaran Online

Untuk bisa mengikuti tahapan seleksinya hal yang kamu butuhkan adalah scan KTP, Ijazah, Transkip nilai, TOEGL dan berkas pelengkap lainnya. Kamu bisa mengetahui informasi lengkapnya melalui website resmi dari PT Asuransi Jiwasraya Karir.

Yang perlu kamu lakukan adalah dengan upload file CV yang dibutuhkan seperti keterangan yang diminta. Namun akan berbeda jika kamu mengikuti prosesnya melalui jobfair yang ada di kampus kampus besar yang ada diindonesia.

  1. Tes Online Asuransi Jiwasraya

PT Asuransi Jiwasraya mempermudah para calon karyawan dalam menghadapi tesnya salah satunya dengan menggunakan sistem online untuk tahapan pertamanya. Kamu bisa mengerjakannya dimana saja yang terpenting adalah terhubung dengan jaringan internet.

Untuk tahapan pertama ini pertanyaannya adalah seperti tahapan tes akademik diperusahaan besar lainnya. Ada soal bahasa inggris simple seperti tes TOEFL pada umumnya. Untuk pertanyaan lainnya seperti tes matematika dasar, tes bahasa seperti lawan dan persamaan kata dan pengetahuan umum lainnya.

Kamu akan mendapatkan jadwal masing masing disertai dengan link akses menuju ke tes websitenya. Usahakan untuk mendapatkan jaringan koneksi internet yang kencang untuk mendukung tahapan ini.

  1. Confirmatory test dan psikotest tertulis PT Asuransi Jiwasraya

Tahapan seleksi kedua adalah Confirmatory tes dan psikotest tertulis. Kamu akan menjalani tes di kantor cabang dari jiwasraya. Ada baiknya kamu belajar mengenai pengatahuan umum dari perusahaan ini karena akan ada beberapa pertanyaan mengenai apa saja yang kamu ketahui dari perusahaan ini.

Sebelum diadakan tes. Pihak HRD akan menjelaskan dan presentasi singkat mengenai company profile dari Jiwasraya.

Tujuan dari diadakannya tes ini adalah untuk mengetahui apakah kamu benar benar yang mengerjakan tes online sebelumnya. Dan tentu saja untuk pertanyaannya akan mirip mirp dengan tes online sebelumnya.

Pertanyaan atau soal lainnya adalah seperti matematika dasar, soal mencocokkan pola gambar, logika dasar, pertanyaan psikotes kepribadian dimana tidak ada jawaban benar dan salahnya (EPPS), warteg tes (melengkapi gambar yang disediakan sehingga menjadi sebuah arti yang bermakna), menggambar pohon dan manusia, serta yang terakhir adalah tes koran atau kraeplin.

Pada tahapan ini kamu juga diwajibkan untuk membawa berkas berkas yang diminta untuk diketahui apakah berkas tersebut valid atau tidak. Pengumuman bisa kamu ketahui keesokan harinya dan bisa melanjutkan ketahapan selanjutnya.

Baca Juga >>> Tips dan Contoh Soal Psikotes Serta Trik Menghadapinya <<<

  1. Focus Group Discussion, Wawancara Psikologi dan Verifikasi Berkas Jiwasraya

Tahapan ke empat ini kamu akan menghadapi proses FGD atau focus group discussion di tahapan pertamanya. Jangan lupa untuk membawa berkas yang diminta karena diakhir sesi akan ada verifikasi data dan berkas yang kamu upload sebelumnya.

Kelompok FGD sudah ditentukan oleh pihak vendornya dan kamu langsung bisa untuk mengelompok bersama grup yang ditentukan. Setiap kelompok akan didampingi dengan satu psikolog yang menguji.

Kamu akan diberikan rules mengenai cara bermain fgd ini. Akan ada beberapa lembar soal yang akan kamu terima dan satu lembar kosong untuk mengisi jawaban dari diskusi yang kalian peroleh. Kamu akan diberikan waktu selama 15 menit untuk mendalami kasus yang diberikan serta untuk mendapatkan solusi yang kamu buat.

Tiap peserta memiliki kasus yang berbeda beda namun tetap saling berhubungan. Jadi inilah gunanya untuk diskusi karena kamu akan mendapatkan studi kasus yang berbeda namun tetap memerlukan solusi dari peserta lainnya.

Soalnya adalah soal cerita yang nantinya akan berhubungan dengan soal prioritas mengenai siapa yang harus diprioritaskan berdasarkan urgentsinya dan skalanya. Kamu juga harus mendapatkan alasanya mengapa kamu memprioritaskan satu hal dibanding dengan hal lainnya.

Setelah mendapatkan jawabannya, kamu bisa berdiskusi dengan waktu 10 menit yang diberikan untuk mencapai kesepakatan bersama dan nantinya akan dipresentasikan dihadapan kelompok lainnya dan psikolog yang mendampingi. Kelompokmu harus bisa mendapatkan solusinya dan jangan sampai menggunakan voting untuk hasil akhirnya.

Yang perlu dingat adalah lembar kosong yang berisikan jawaban harus kamu tulis karena nantinya ini juga akan dikumpulkan untuk dinilai. Gunakan poin poin penting untuk mengisi lembar jawaban ini. Usahakan untuk aktif dalam diskusi namun tidak menjatuhkan pendapat peserta lainnya.

Tahapan selanjutnya adalah tes wawancara psikologi. Tiap peserta FGD akan dipanggil satu persatu oleh psikolog untuk di interview. Psikolog juga akan membawa hasil dari tes psikotes serta hasil dari FGD sebelumnya. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah ingat ingat kembali mengenai jawaban kamu sebelumnya di tes yang pernah kamu jalani.

Pertanyaan seputar kehidupan pribadi dimulai dari ceritakan diri kamu, pengalaman bekerja jika ada, pengalaman perkuliahan, pengalaman organisasi, motivasi kerja sampai dengan kelebihan dan kelemahan diri kamu sendiri.

Baca Juga >>> Pengalaman Tes Psikotes dan Interview PT GS Astra Battery <<<

  1. Wawancara User PT Asuransi Jiwasraya

Untuk tahapan penting lainnya adalah wawancara user. Kamu akan diinterview langsung oleh user yang dimana memiliki jabatan manager dan minimal adalah spv dibidangnya masing masing. Sebelum ikut ketahapan ini kamu akan diminta untuk mengisi beberapa form format data diri yang hampir sama seperti CV namun berisikan data diri kamu.

Para user nantinya akan membawa form CV kamu ini dan ditanya berdasarkan dari form yang kamu berikan ini. Pertanyaan awalnya adalah seputar kepribadian diri seperti wawancara psikologi sebelumnya dan dilanjutkan menganai tes teknis dari bidang dan posisi yang kamu lamar.

Jadi ada baiknya untuk kamu belajar kembali seputar pengetahuan dari posisi dan bidang yang kamu lamar. Belajar juga mengenai company profile dari perusahaan ini. Persiapkan juga 1 pertanyaan pamungkas yang akan kamu berikan kepada user jika diberikan kesempatan bertanya.

Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User <<<

  1. Tes MCU dan Tanda Tangan Kontrak Jiwasraya

Untuk tahapan terakhir adalah tes MCU atau Medical check up dan tanda tangan kontrak. Tes akan berjalan di laboratorium yang telah dipercayakan jiwasraya. Tes seperti tes cek sample darah, tensi, tinggi dan berat badan, kesehatan umum seperti mata, gigi, cek kesehatan dengan rontgel dan sample urine juga.

Usahakan untuk puasa 12 jam sebelumnya dan perbanyak minum air putih. Bagi kamu yang sakit usahakan untuk tidka mengkonsumsi obat obatan 1 hari sebelumnya dan jangan bergadang sehari sebelum tes. Jangan anggap remeh tes MCU ini dikarenakan ada juga yang tidak lolos pada tahpan ini.

Baca Juga >>> 7 Macam Tes Kesehatan Kerja yang Dilakukan oleh Perusahaan <<<

Tes selanjutnya adalah tanda tangan kontrak dimana kamu akan diberitahukan juga mengenai benefit apa saja yang akan kamu dapatkan seperti gaji, dan tunjangan lainnya.

Semoga berhasil dan jangan lupa banyak berdoa sebelum menjalankan tes tahapan di PT Asuransi Jiwasraya ini. Terima kasih sudah membaca artikel kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *