Pengalaman Tes dan Seleksi MT PT Jasa Marga (Persero) Tbk

pengalaman tes pt jasa marga

Seperti yang kita ketahui PT Jasa Marga adalah perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak dalam bidang penyelenggaraan penggunaan jasa jalan tol yang ada di Indonesia.

Menuntut perkembangan jaman yang ada di Indonesia membuat PT Jasa Marga juga sering melakukan rekrutment tes untuk calon karyawannya di jobfair maupun tes online melalui website resminya.

Berikut tahapan tips pengalaman tes MT PT Jasa Marga dari tahapan pertama sampai tahap akhir yang harus kamu lewati jika ingin menjadi bagian dari PT Jasa Marga :

  1. Pendaftaran Online (Registrasi Awal) dan Seleksi Online

Biasanya PT Jasa Marga membuka lowongan kerja melalui situs website resminya. Dan mulai disana kamu bisa mendaftar untuk posisi MT atau Management trainee. Usahakan untuk melengkapi seluruh berkas yang diminta agar peluang kamu dipanggil ke tahapan selanjutnya lebih besar.

Untuk seleksi onlinenya akan diumumkan langsung beberapa hari setelahnya.

Tes online ini bisa kamu kerjakan dimanapun asalkan kamu bisa mengakses komputer dan memiliki internet yang stabil. Untuk jadwalnya akan diumumkan dan kamu diharuskan untuk online diwaktu yang sudah ditetapkan.

Tes online PT Jasa Marga dibagi menjadi 2 tahapan yaitu :

  • Tes kemampuan berfikir :

Terdiri dari matematika dasar, tes verbal dan mencocokkan suatu gambar.

  • Tes TOEFL / IELTS
  1. Confirmatory Test PT Jasa Marga

Untuk tes kali ini konsep soalnya hampir sama dengan tes online namun untuk soalnya lebih banyak dengan waktu yang lebih singkat.

Kamu diharapkan bisa lebih teliti dan detail dalam pengerjaannya dan jangan sampi salah dalam pengisiannya.

Akan ada 5 subtest yang akan diujikan dalam tahapan ini. Seperti deret angka matematika, contoh soal matematika dasar, soal kosa kata bahasa, bahasa inggris TOEFL dan tes verbal lainnya.

Setelah tes nantinya kamu akan diminta untuk satu persatu presentasi menceritakan diri pribadi kamu didepan tim HRD.

Baca Juga >>> Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda Saat Interview <<<

  1. Psikotest PT Jasa Marga dan Wawancara Psikolog

Pada saat psikotest ini nantinya tim HRD akan mempresentasikan sedikit mengenai PT Jasa Marga mengenai company profile, produk yang ditawarkan sampai ke benefit yang diberikan jika kamu bisa lolos menjadi karyawan diperusahaan BUMN ini.

Tidak lupa juga HRD akan mempresentasikan mengenai program MT dan bagaimana proses kamu kedepan setelahnya.

Soalnya seperti tes psikotest diperusahaan lainnya dan menurut kami hampir sama dengan tes sebelumnya. Yang menjadi pembedanya adalah adanya tes kepribadian diri dimana tidak ada jawaban benar atau salahnya dan juga ada tes koran dan tes menggambar manusia dan pohon.

Baca Juga >>> Tips dan Contoh Soal Psikotes Serta Trik Menghadapinya <<<

Diakhir sesi nantinya akan ada wawancara psikolog bagi rekrutment yang lolos tahapan seleksi psikotest. Pertanyaan wawancara seputar pengenalan pribadi diri dan pengalaman kamu selama ini.

  1. FGD (Focus Group Discussion) PT Jasa Marga

Sebelum tes ada beberapa lembar yang perlu kamu isi mengenai data pribadi dan pendapat mengenai jangka panjang kamu dalam berkarir kedepannya jika bergabung dengan PT Jasa Marga.

Seluruh peserta nantinya akan dibagi menjadi beberapa kelompok dimana 1 kelompok terdiri dari 6 sampai 8 peserta.

Kamu akan diberikan beberapa lembar soal cerita dan lembar jawaban kemudian akan diberi waktu untuk menjawab soal di lembar jawaban yang nantinya akan didiskusikan bersama kelompok kamu untuk mendapatkan kesepakatan hasil.

Soalnya terdiri dari masalah prioritas dalam permasalahan perbankan atau permasalahan didunia kerja. Tidak ada jawaban benar atau salah dan semua jawaban murni dari sudut pandang kita bagaimana menemukan solusi terbaiknya.

Usahakan agar tetap aktif namun tidak menjatuhkan orang lain dalam berdebat.

Baca Juga >>> Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion ) <<<

  1. Wawancara Ke Manajemen PT Jasa Marga

Sebelum tes berlangsung kamu akan menerima soal dan diharuskan membuat essai dan presentasi singkat mengenai jawaban tersebut. Soal akan berbeda beda tiap pesertanya dan akan dikirimkan melalui email jika kamu lolos dari tahapan sebelumnya.

Setelah essai sudah kamu kirim maka tinggal menunggu kabar untuk jadwal wawancara manajemen.

Pewawancara nantinya akan ada 2 orang setingkat manager yang akan menguji kamu. Isi materi seputar jawaban essai yang kamu berikan dan kamu presentasikan ke depan interviwer.

  1. Tes Kesehatan (MCU)

Nantinya tim PT Jasa Marga akan menunjuk rumah sakit yang sudah menjadi mitranya selama tes MCU berlangsung.

Tes kesehatannya terbilang cukup lengkap mulai dari tes fisik, jantung, paru paru, tes darah, tes rahim, tes urine, tes tekanan darah sampai ke rontgen.

Usahakan untuk tidak bergadang dan perbanyak minum air putih serta jaga kondisi tubuhmu.

Baca Juga >>> Kenapa Harus Puasa Sebelum Medical Check Up ? <<<

  1. Wawancara Direksi

Untuk wawancara direksi ini persiapkan profile pribadimu dan coba jelaskan pengalaman apa saja yang kamu dapat sampai saat ini.

Pertanyaan lainnya seputar pengetahuan mengenai PT Jasa Marga. Maka ada baiknya untuk belajar kembali mengenai profil perusahaan ini. Ada baiknya juga untuk belajar kembali mengenai pengetahuan kamu dibidang kamu masing masing pada saat kuliah sebelumnya.

Setelah beberapa tes tadi jika kamu diterima maka akan langsung tanda tangan kontrak dan akan menjalani beberapa tahapan OJT (On Job Training) selama beberapa bulan kedepan

Baca Juga >>> On The Job Training atau OJT adalah ? <<<

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.