On The Job Training atau OJT adalah ?

OJT adalah

Pembahasan kali ini mengenai On The Job Training atau OJT adalah program perekrutan untuk menuju sebagai karyawan tetap di dalam suatu perusahaan. Jadi intinya adalah sebelum menjadi karyawan tetap kamu harus menjalani OJT atau training singkat selama beberapa bulan tergantung kebijakan dari perusahaan yang kamu lamar.

OJT lebih ke model pembelajaran sebelum seorang calon karyawan masuk menjadi karyawan tetap dan bekerja dengan job desknya. Pelatihan akan diberikan dengan didampingi oleh mentor sebelum akhirnya kamu dilepas untuk bisa bekerja sendiri.

Kelebihan OJT adalah :

  • Tetap digaji selama masa training
  • Kemungkinan direkrut langsung setelah kontrak OJT berakhir lebih besar
  • Menambah wawasan ilmu sebelum bekerja sesuai dengan job desknya

OJT ini berbeda dengan magang atau internship. Jika magang biasanya tidak mendapatkan gaji, dan setelah magang kamu tidak bisa langsung menjadi karyawan tetap. Namun kamu bisa mendapatkan benefit dan keuntungan lainnya seperti pengalaman kerja.

On The Job Training ini bertujugan untuk memberikan arahan atau pembelajaran sebelum menjadi karyawan yang sesungguhnya. Untuk urusan gaji biasanya akan lebih kecil daripada karyawan tetap, hal ini harus bisa dimaklumi karena kamu pada saat masa ojt belum sepenuhnya untuk berkewajiban melalukan job desk pekerjaan yang sesungguhnya.

Karena masa ojt merupakan masa pembelajaran, sudah selayaknya jika dalam masa ojt akan ada mentor yang akan mendampingimu selama pelatihan bekerja. Untuk masa ojt di tiap perusahaan berbeda beda ada yang selama 1 bulan atau selama 3 bulan pada umumnya tergantung kesepakatan dengan HRD di perusahaan tersebut.

Perusahaan juga berhak untuk melanjutkan kontrak ojt mu atau menlanjutkan menjadi karyawan tetap tergantung dari performa yang kamu tunjukkan selama masa OJT. Usahakan untuk memberikan yang terbaik mulai dari sikap sampai dengan konsistensi pada saat bekerja.

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.