Pengalaman Tes Bpjs Ketenagakerjaan

Pengalaman Tes Bpjs Ketenagakerjaan

Berikut tipskerja akan menjelaskan mengenai pengalaman tes kerja BPJS Ketenagakerjaan yang samakin banyak peminatnya untuk mengikuti program karir di BPJS ketenagakerjaan. Seperti yang kita ketahui BPJS Ketenagakerjaan ini adalah program publik untuk memberikan perlindungan kerja bagi tenaga kerja dalam mengatasi resiko di tempat kerja menggunakan program asuransi sosial.

Berikut tahapan tes kerja BPJS ketenagakerjaan.

  1. Pendaftaran Online dan Tes Seleksi Administrasi

Kamu bisa mendaftar di website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Usahakan untuk mengisi lengkap berkas yang diminta oleh BPJS agar peluang untuk kamu lolos ke tahapan selanjutnya semakin besar. Usahakan juga untuk memilih program yang sesuai dengan pendidikanmu sewaktu kuliah agar kamu tidak salah memilih divisi nantinya.

Baca Juga >>> CARA MELAMAR KERJA VIA EMAIL <<<

  1. Test Online

Setelah menunggu beberapa waktu pengumuman lolos seleksi administrasi akan kamu dapatkan melalui email dan kamu akan mengetahui jadwal tes onlinemu nantinya. Dalam tes online ini nantinya akan ada beberapa pertanyaan dimana jika kamu sudah memilih jawaban yang kamu anggap benar maka kamu tidak bisa kembali lagi untuk merevisi jawaban tersebut. Usahakan untuk lebih berhati hati dalam memilih jawaban dan pergunakan waktu sebaik baiknya.

Soalnya berupa perhitungan matematika dasar dan deret angka serta soal logika dan tes kepribadian juga. Perhatikan selalu untuk cek waktu yang kamu pakai dan usahakan untuk mengisi seluruh jawabnya dikarenakan tidak ada sistem pengurangan nilai jika jawabanmu salah.

  1. Tes Online Kedua

Tes online kedua ini bernama confirmatory test. Tes online tahap kedua ini juga masih sama dengan tes online pertama, untuk soalnya berupa tes kemampuan berfikir cepat dan tes bahasa inggris.

  1. Tes Psikotes

Untuk sampai tahapan ini yaitu tes psikotes cukup singkat. Pengumuman akan langsung kamu terima setelah tahapan tes online kedua pada saat hari itu juga. Persiapkan dirimu untuk tahapan tes ini dikarenakan tes ini nantinya akan dilaksanakan seharian penuh mulai dari pagi sampai sore hari. Sebaiknya sarapan terlebih dahulu dan bawa bekal dari rumah minimal air putih.

Soal pertama mengenai tes psikotes dimana tidak ada jawaban benar atau salah dan murni berdasarkan kepribadianmu sendiri. Soal selanjutnya seperti melanjutkan gambar atau warteg tes, gambar rumah, pohon dan orang, dan tes koran atau kreplin.

  1. Wawancara Psikologi dan FGD

Untuk tahapan selanjutnya adalah tes wawancara psikologi nantinya kamu akan diinterview oleh psikolog yang ditunjuk oleh BPJS Ketenagakerjaan. Pertanyaan yang akan kamu terima seperti pengalaman kuliah, pengalaman organisasi, pengalaman kerja jika kamu memilikinya. Tim psikolog akan mencocokkan antara tes psikologmu sebelumnya dengan jawaban pada saat interview ini. Jadi usakan untuk menjadi diri sendiri dan jawablah dengan jujur siapa sebenarnya dirimu.

Untuk FGD atau focus group discussion ini akan kamu jalani setelah tes wawancara psikolog, semua kandidat akan menjalani tahapan ini tanpa di seleksi terlebih dahulu. Semua peserta nantinya akan dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi kecil dan nantinya akan diberikan contoh kasus yang harus kalian bahas dan tuntaskan bersama sama. Usahakan tidak terlalu ngotot dalam menyatakan pendapatmu dan hargailah semua pendapat peserta lainnya. Contoh kasusnya seperti pertanyaan prioritas dimana kamu akan diminta untuk memilih mana dahulu yang akan di jadikan prioritas utama. Hasil FGD akan di presentasikan di depan kelompok lain dan kelompok lain bisa menyanggah atau bertanya tentang hasil kelompokmu.

Baca Juga >>> Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion ) <<<

  1. Medical Checkup dan Interview User

Untuk tahapan interview user kamu akan ditanyai mengenai motivasi kerja, pengetahuan apa saja yang kamu ketahui tentang BPJS Ketenagakerjaan beserta dengan produk produknya. Sebelumnya cobalah untuk belajar mengenai perusahaan BUMN ini baik tentang profil perusahaannya sampai ke budaya kerja di BPJS Ketenagakerjaan. Kamu juga akan diberikan contoh kasus dan bagaimana solusi kamu dalam menghadapi kasus tersebut. Pertanyaan lainnya seputar kelebihan dan kelemahan diri dan target 5 tahun kedepan kamu seperti apa.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

Tes selanjutnya adalah medical checkup pada tahapan ini jangan pernah berfikir bahwa kamu sudah lolos menjadi karyawan BPJS, dikarenakan pada tahapan ini juga kemungkinan kamu tidak lolospun masih sangat besar. Jadi mulai dari sebelum tahapan tes ini ada baiknya jika kamu menjaga pola sehat dan menjaga makananmu. Usahakan tidak bergadang sehari sebelum tes kesehatan ini dan perbanyak minum air putih sebelumnya.

Baca Juga >>> Jawaban Interview Target 5 Tahun Kedepan <<<

Setelah medical check up ini tahapan selanjutnya adalah tanda tangan kontrak dan offering benefit yang akan kamu dapatkan sampai ke gaji BPJS ketenagakerjaan akan kamu ketahui pada saat ini. Selebihnya kamu akan menjalin program training di BPJS Ketenagakerjaan. Terima kasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.