5 Tips Genius Ceritakan Prestasi Terbesar Anda Beserta Kegagalan

ceritakan prestasi terbesar anda dalam bekerja

Pada saat interview kerja mungkin akan ada pertanyaan yang sangat tricky atau pertanyaan menjebak seperti “ ceritakan prestasi terbesar anda “ atau “ contoh kegagalan terbesar anda “. Kamu harus siap dengan pertanyaan yang menjebak ini, karena kemungkinan besar pasti akan ditanyakan pada saat interview kerja terutama wawancara HRD.

Lalu bagaimanakah cara menjawab pertanyaan tersebut ? Ada beberapa teknik dalam mejawab pertanyaan tentang prestasi terbesar yang anda capai seperti :

Cara Menjawab Contoh Prestasi Terbesar Anda

  1. Tentukan Topik Terlebih Dahulu

Sebelum menceritakan, ada baiknya kamu mengambil topik apa yang akan kamu ambil. Topik bisa seputar pengalaman pribadi, pengalaman kerja, pengalaman organisasi ataupun pengalaman pendidikan yang kamu capai.

Jangan terlalu terburu buru dalam menyampaikannya dan pilihlah topik yang menarik untuk dibahas dan bisa berpengaruh pada saat kamu diterima kerja nanti.

  1. Mulai Cerita Dengan Alur yang Jelas

Kamu bisa menceritakannya mulai dengan topiknya kemudian alur cerita seperti masalah yang dihadapi dan bagaimana kamu menyelesaikan masalah tersebut atau menemukan solusinya sampai hal itu bisa menjadi prestasi terbesar kamu.

  1. Harus Berhubungan Dengan Pekerjaan yang Kamu Lamar

Ada baiknya dalam cerita prestasi terbesar kamu bisa berhubungan dengan pekerjaan posisi yang kamu lamar saat ini. Setelah bercerita maka berikan manfaat yang akan kamu berikan untuk posisi tersebut. Contoh nanti akan kamu jelaskan kembali.

  1. Jujur Dengan Apa yang Kamu Capai

Sebenarnya ini adalah poin yang paling penting. Kejujuran sangat penting dan utama dalam menyampaikan cerita prestasi terbesar kamu. Jika kamu berbohong dan mengklaim yang bukan prestasi kamu maka ketika kamu ditanya secara mendetail mengenai solusi yang kamu capai maka akan terlihat bagaimana kamu tidak dapat menjelaskannya.

  1. Buatlah Menjadi Menarik

Ceritakan prestasi terbesar anda dengan proses dan cara yang menarik sehingga pewawancara bisa menikmati dan merasa terbawa dengan apa yang kamu sampaikan.

 Baca Juga >>> Tanda Lolos Interview User Yang Harus Kamu Ketahui <<<

Contoh Jawaban Prestasi Terbesar :

“Prestasi terbesar saya saat ini adalah bisa menjadi ketua di himpunan mahasiswa pada saat kuliah di jurusan xxx dan bisa membawa jurusan saya menjadi lebih baik dengan adanya program kerja yang saya jalankan selama 1 tahun kepemimpinan.
Masalah yang sering saya hadapi pada saat memimpin di himpunan tersebut adalah kurangnya minat mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakat serta pengembangan soft skill yang ada. Sehingga saya bermaksud membuat beberapa program kerja yang dimaksudkan untuk menambah minat mahasiswa dalam pengembangan diri mereka sendiri.
Salah satu contoh program kerjanya adalah dengan mengadakan seminar tentang ilmu pemrograman dan workshop untuk menunjang softskill pribadi masing masing mahasiswa.
Saya yakin jika saya bisa totalitas di dunia organisasi maka saya akan lebih totalitas dan loyalitas lagi ketika diberikan kepercayaan di perusahaan ini.”

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

Cara Menjawab Contoh Kegagalan Terbesar Anda

Untuk cara menjawab contoh kegagalan ini hampir sama dengan ceritakan prestasi terbesar anda yang pernah kamu dapat sebelumnya. Namun yang terpenting adalah :

  1. Ceritakan Sebab dan Akibat

Coba kamu ceritakan beserta dengan sebab dan akibatnya pada saat kegagalan datang menghampiri.

  1. Ungkapkan Dengan Solusi

Setelah kamu bercerita mengenai kegagalan kamu, maka kamu harus punya solusi yang kamu dapatkan dari masalahmu tersebut.

  1. Jangan Terlihat Sempurna

Setiap manusia pasti ada kesalahan yang pernah dilakukan. Justru akan menjadi biasa jika kamu bisa menceritakan bagaimana kesalahan yang kamu perbuat dengan alur yang baik.

Pewawancara hanya ingin melihat bagaimana kamu mengambil keputusan dan bagaimana sikap kamu ketika mengalami tekanan dalam hidup yang nantinya diterapkan pada saat kerja.

 

Contoh Jawaban Prestasi Terbesar :

“Saya pernah mengikuti program MDP atau percepatan karir di salah satu perusahaan ternama di indonesia. Saat itu memang saya akui saya belum siap dalam menghadapi tekanan yang diberikan perusahaan kepada saya sehingga saya sempat down dan jatuh sakit.
Saya berusaha untuk bangkit kembali namun memang pada saat tes presentasi berlangsung saya tidak bisa memenuhi apa yang diharapkan oleh manager perusahaan.
Setelah kegagalan ini saya baru menyadari bahwa tekanan kerja memang sangat berat terutama di mental dan teknisnya. Saya gunakan kesepatan setelahnya untuk bisa evaluasi dan memperbaiki diri untuk bisa diterima diperusahaan selanjutnya.”

 

Itu tadi bagaimana contoh jawaban interview kerja untuk pertanyaan ceritakan prestasi terbesar anda dan contoh jawaban kegagalan terbesar yang pernah kamu lakukan. Ingat contoh diatas hanya sebagai panduan atau gambaran bagaimana menjawab pertanyaan tersebut. Kamu juga bisa berimprovisasi bagaimana jawaban terbaik yang pernah kamu miliki saat ini. Terima kasih sudah membaca artikel kami. Semoga bermanfaat.

Baca Juga >>> Contoh Jawaban Visi Misi Saat Interview Kerja <<<

 

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *