Cara Menjawab Interview Belum Punya Pengalaman Kerja Fresh Graduate

cara menjawab interview belum punya pengalaman kerja

Bagi kamu yang masih fresh graduate, maka pastilah pertanyaan mengenai “punya pengalaman apa kamu dalam bekerja?” akan menjadi bayang bayangan kamu dalam menghadapinya nanti. Berikut ini kita ulas mengenai cara menjawab interview belum punya pengalaman kerja bagi kamu yang masih fresh graduate.

Mungkin ini bukan jawaban pasti karena kepribadian dan pengalaman orang orang akan berbeda beda. Namun ada beberapa tips bagi kamu yang belum memiliki pengalaman bekerja dalam menjawab pertanyaan pengalaman kerja.

Anies Baswedan pernah berkata  “Anak muda tidak menceritakan masa lalu dan pengalaman karena memang anak muda belum punya masa lalu (pengalaman). Anak muda tidak menawarkan masa lalu, anak muda menawarkannya masa depan,” kata Anies dalam acara MilenialFest di jakarta.

Jadi daripada menceritakan mengenai pengalaman atau masa lalu, kamu bisa menceritakan mengenai skill apa yang kamu miliki saat ini agar interviewer lebih tertarik dan bisa memperkerjakanmu diperusahaannya berdasarkan skill yang kamu miliki.

Berikut tips menjawab interview belum punya pengalaman kerja :

  1. Menjelaskan Mengenai Skill Yang Kamu Miliki

Kamu bisa menjelaskan dan menjual skill apa yang kamu miliki untuk perusahaan yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Pastinya ada beberapa skill yang kamu miliki dan kamu asah untuk bisa menembus pekerjaan impian kamu.

Meskipun fresh graduate namun jika kamu memiliki skill yang dibutuhkan maka perusahaan tidak akan melihat apakah kamu memiliki pengalaman atau tidak. Yang terpenting kamu bisa bekerja dengan skill yang kamu miliki.

Contohnya jika kamu melamar kerja dengan posisi sebagai IT Developer, maka coba kamu ceritakan mengenai keahlian apa yang kamu miliki seperti bahasa pemrograman yang kamu kuasai atau kamu pernah membuat aplikasi apa dengan bahasa pemrograman tersebut. Kamu bisa menyesuaikan kembali.

  1. Menjelaskan Mengenai Judul Skripsi

Judul skripsi terkadang menjadi hal yang penting dalam interview kerja khususnya bagi kamu yang belum pernah bekerja. Interviewer pasti akan bertanya mengenai judul skripsi yang kamu kerjakan dulu. Apalagi jika judul skripsi kamu sangat relevan dengan posisi yang kamu lamar, maka ini bisa menjadi bahan untuk kamu mendeskripsikan keahlian kamu seperti apa melalui skripsi yang kamu buat.

Bagi kamu yang fresh graduate sangat penting untuk mengingat ingat judul dan metodelogi apa saja yang kamu gunakan dalam menulis skripsi tersebut. Kamu harus benar benar ahli dan paham mengenai judul tersebut seperti apa.

Baca Juga >>> 9 Jawaban Fasilitas Yang Diharapkan Saat Interview Kerja <<<

  1. Menjelaskan Pengalaman PKL atau Magang

PKL dan magang kerja bisa menjadi sumber pengalaman yang berharga yang kamu miliki saat ini. Ingat kembali mengenai apa yang kamu kerjakan saat PKL atau magang yang lalu. Magang dan pkl juga akan dipertanyakan selain judul skripsi yang kamu kerjakan. Jadi penting untuk ingat kembali mengenai apa yang kamu kerjakan saat PKL ini.

  1. Menjelaskan Mengenai Freelance

Jika kamu pernah bekerja freelance, maka kamu bisa juga menjelaskan mengenai mengenai pengalaman kerja kamu sebagai freelancer. Apalagi jika freelance yang kamu kerjakan sesuai dengan posisi yang kamu lamar akan menambah nilai plus saat wawancara kerja.

  1. Menceritakan Pengalaman Organisasi

Organisasi sangat penting untuk kamu berlatih bersosial dan mengungkapkan pemikiran serta ide yang kamu miliki. Dan ini terkadang menjadi salah satu yang disukai oleh interviewer. Karena memiliki pengalaman organisasi kamu akan dianggap bisa bekerja secara tim dan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Jadi tidak ada salahnya jika kamu bisa menceritakan pengalaman kamu dalam berorganisasi.

Baca Juga >>> 8 Contoh Jawaban Hobi Saat Interview Kerja <<<

Penutup

Itu tadi beberapa cara menjawab interview belum punya pengalaman kerja bagi kamu yang masih fresh graduate. Contoh diatas hanyalah tips dari kami yang bisa kamu gunakan, namun pengalaman beberapa orang sangat berbeda beda maka cara menjawabnyapun juga akan berbeda beda tergantung situasi dan kondisi.

Yang terpenting kamu benar benar memiliki kemampuan tersebut maka tidak ada salahnya untuk mencoba dan lebih berjuang untuk mendapatkan pekerjaan impian kamu. Selamat mencoba dan semoga sukses untuk kedepannya. Terima kasih.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *