8 Contoh Jawaban Hobi Saat Interview Kerja

jawaban hobi saat interview

Pada saat interview kerja ada juga pertanyaan seputar hobi yang kamu miliki sampai saat ini. Berikut jawaban hobi saat interview kerja dan maksud dari pertanyaan tersebut.

Pastilah semua orang memiliki hobi. Secara tidak disadari ada beberapa hobi yang bisa membuat kamu terlihat positif dan ada juga yang negatif bagi pekerjaan terutama pada saat interview kerja. Tidak semua hobi bisa kamu sebutkan karena ada maksud lain dari pertanyaan hobi kamu ini.

Interviewer tidak hanya sekedar ingin tahu kehidupan kamu melalui hobi namun juga ingin mengetahui bagaimanakah hobi kamu dapat membantu dalam perkembangan diri kamu sendiri. Apakah hobi yang kamu miliki ini bisa membuat kamu berkembang lebih baik atau justru sebaliknya.

Berikut ini beberapa jawaban seputar hobi saat interview dan hobi yg bagus saat interview kerja berlangsung :

  1. Hobi Membaca

Membaca memang hobi yang positif, selain bisa menambah pengetahuan dan juga menambah pola pikir yang positif, membaca juga sangat baik untuk menunjang karir dalam bekerja. Namun akan berbeda ketika kamu ditanya seputar hobi dan jawaban kamu adalah hobi membaca novel dan anime. Ini tidak ada pengetahuan yang kamu dapatkan khususnya seputar karir.

Jika memang kamu senang membaca, maka kamu jelaskan juga apa buku favorit kamu dan jelaskan juga maksud dari buku tersebut seperti penulis ataupun cerita singkatnya . Pilihlah topik yang bermanfaat yang bisa menambah pengetahuan kamu meskipun tidak ada sangkut pautnya dengan posisi yang kamu lamar.

  1. Olahraga

Hampir kebanyakan orang khususnya yang laki laki pastilah akan menjawab olahraga sebagai hobi yang ditekuni. Selain baik bagi kesehatan tubuh, olahraga juga bisa menunjukkan bahwa kamu memiliki jiwa sportifitas dalam tim.

Lebih baik lagi jika kamu memiliki hobi olahraga yang lebih spesifik untuk diceritakan seperti badminton, menembak, atau futsal dan sepakbola.

Sebagai contoh saya pernah menjawab pertanyaan seputar hobi ini dengan jawaban hobi menembak airsoft. Interviewer pun merasa ingin tahu seputar olahraga ini dan saya menjelaskan secara detail mengenai unit senjata yang digunakan, peluru, nama tim, dan cara bermainnya.

Pernah juga saya menjawab mengenai hobi bermain badminton dan di tanya siapa pemain favorit, jenis shuttlecock yang sering digunakan dan lebar lapangan yang dipakai dalam badminton. Terkadang menjadi detail dalam menjelaskan bisa lebih baik untuk menjawab pertanyaan hobi ini.

  1. Hobi Bermain Musik

Jawaban hobi lainnya yang banyak digunakan adalah bermain musik. Ini juga baik dan bisa kamu ceritakan pada saat interview kerja berlangsung. Karena belajar bermain musik memerlukan latihan yang berulang ulang dan itu menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang pantang menyerah dalam mencoba sesuatu hal yang baru dan meningkatkan kreatifitas diri.

Kamu bisa menerangkan juga hobi bermusikmu sudah sampai sejauh mana. Apakah sudah sampai kepanggung atau hanya sekedar cover lagu dan dipost di media sosial kamu.

  1. Hobi Menulis

Hobi lainnya yang bagus saat interview kerja adalah hobi menulis. Kamu bisa menjelaskan menulis tentang apa, dimana kamu memposting artikel tulisanmu dan seberapa sering kamu menulisnya. Menulis bermanfaat dalam menuangkan pikiran dan ide yang kamu miliki saat ini sehingga bisa sebagai media ekspresi diri.

Terbiasa menulis akan membuat kamu terbiasa untuk berfikir memikirkan ide dan berencana agar susunan artikel bisa lebih baik. Ini juga bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan sebagai content writer atau content creator akan lebih baik.

  1. Hobi Desain

Saya juga pernah menjawab pertanyaan seputar hobi dengan jawaban hobi desain grafis. Selain bisa mendapatkan beberapa uang sebagai freelance, hobi desain ini juga baik untuk kamu utarakan dan ceritakan pada saat interview kerja berlangsung.

Kamu bisa menceritakan desain apa yang senang kamu kerjakan, bagaimana kamu memperoleh project desain dan berapa harga per desain yang kamu kerjakan. Hal ini tentunya akan membuat interviewer tertarik dengan jawaban kamu mengenai hobi.

  1. Hobi Memasak

Ini merupakan jawaban terbanyak dari wanita yang ingin melamar kerja. Memasak ini juga bagus kamu gunakan karena ini juga menggambarkan kamu yang kreatif dan merupakan hobi yang sangat bermanfaat bagi banyak orang. Kamu bisa menjelaskan apa masakan favorit kamu, saat ini sedang berlajar menu baru apa atau seberapa sering kamu memasak dalam seminggu.

  1. Naik Gunung

Ini merupakan hobi yang ekstrim namun tetap baik sebagai jawaban pada saat interview kerja. Naik gunung menunjukkan bahwa kamu berani dan bisa diandalkan dalam kehidupan. Ceritakan gunung apa saja yang pernah kamu naiki, bersama siapa saja, dan waktu yang tepat saat muncak gunung.

  1. Hobi Fotografi

Bagi kamu yang sering foto foto namun tidak foto selfie hehe, ini bisa menjadikan jawaban yang bagus saat interview kerja seputar hobi. Ceritakan kamera apa yang kamu gunakan, biasanya bertemakan apa, kemana kamu menaruh hasil foto kamu seperti hasil foto kamu posting ke media sosial atau ke dunia microstock untuk kamu jual hasil fotonya.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

Penutup

  • Ada beberapa hobi yang sebaiknya tidak kamu ceritakan kepada interviewer seperti hobi berjualan atau hobi berbisnis. Karena jika kamu menceritakan hobi ini secara detail maka interviewer akan mengira bahwa kamu memiliki passion kearah bisnis bukan kearah karir. Dan akhirnya interviewer tidak meloloskan kamu.
  • Yang paling penting adalah jawablah dengan jujur. Karena ada beberapa interviewer yang menjadikan pertanyaan ini sebagai pertanyaan jebakan dan menggunakannya untuk memberikan pertanyaan yang lebih detail mengenai hobi kamu. Jika kamu berbohong maka akan terlihat jelas dari bagaimana kamu menjawab pertanyaan tentang hobi ini.
  • Jangan menjawab hobi hanya berdasarkan kesenanganmu saja seperti traveling jalan jalan, shopping berbelanja atau bermain game. Ini tidak ada manfaatnya dan interviewer akan menganggap hobi kamu tidak ada perannya dalam perkembangan kehidupan kamu.

Itu tadi beberapa jawaban hobi saat interview kerja berlangsung. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam menjawab pertanyaan tentang hobi yang bagus saat interview. Terima kasih.

Baca Juga >>> Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris Lengkap dan Panjang <<<

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *