Jangan Resign! Cara Menghadapi Atasan Yang Tidak Menyukai Kita

cara menghadapi atasan yang tidak menyukai kita

Penilaian terhadap kita sangatlah beragam. Ada yang menyukai cara kita namun pastilah ada yang tidak suka dengan apa yang kita kerjakan. Termasuk didalam lingkungan kerja juga demikian. Pasti ada beberapa rekan kerja atau atasan sekaligus yang tidak menyukai cara kita bekerja. Berikut solusi dan cara menghadapi atasan yang tidak menyukai kita dalam bekerja.

Memiliki orang yang tidak sepihak bahkan sampai tidak menyukai kita sangatlah membuat suasana menjadi tidak nyaman.

Apalagi dilingkungan kerja ada orang yang tidak menyukai kinerja kamu selama di kantor pastinya akan membuat kepikiran sampai kehilangan fokus bekerja.

Lalu, bagaimana jika yang tidak menyukai kinerja kita justru adalah atasan kita sendiri?

Ini akan membahayakan kamu baik secara kesehatan mental pribadi maupun terhadap karir kita kedepannya di perusahaan tersebut.

Daripada buru buru memutuskan untuk resign, ada beberapa solusi, cara, tips dan trik bagaimana menghadapi atasan yang tidak menyukai kinerja kita. Berikut beberapa tipsnya :

  1. Bersikap Lebih Profesional

Cara yang pertama adalah tunjukkan bahwa kita bisa menjaga sikap kita secara profesional secara kinerja dan dalam melaksanakan tugas pekerjaan kantor.

Jika masalah yang kamu hadapi adalah masalah pribadi dan personal kepada atasan, maka pada saat kamu bekerja di kantor kamu harus membuang ego kamu dan mengesampingkan masalah pribadi yang kamu dan atasan sedang alami.

Dengan menunjukkan sikap yang lebih profesional, kamu akan tetap dihargai sebagai karyawan yang bisa diandalkan untuk mengurus masalah kantor dan semakin lama masalah dengan atasan akan teratasi.

  1. Tetap Hormati Atasan

Bagaimanapun dia adalah atasan kamu dan cobalah untuk tetap menghormatinya baik dari sikapnya maupun dari keputusan yang diambilnya.

Termasuk kedalam bagaimana sikap profesionalitas kamu, maka menghormati juga termasuk. Tidak sepatutnya kamu bertindak dan bersikap buruk kepada atasan kamu meskipun kamu memiliki masalah dengan atasan.

Tunjukkan kedewasaan kamu khususnya dalam hal melaksanakan tugas pekerjaan kantor. Jika kamu bisa bersikap dewasa maka seharusnya masalah ini bisa lebih cepat selesai dan berharap atasanmu akan cepat menyelesaikan masalahnya dengan kamu.

  1. Jangan Tolak Tugas Yang Diberikan Atasan

Meskipun kalian berdua terlibat masalah yang menyebabkan atasan menjadi tidak menyukai kamu, namun jangan sampai tugas kamu bisa kamu tolak dan tidak mengerjakannya.

Jangan membalas sikap buruk atasan kepada tugas yang diberikan oleh kantor kepadamu. Tidak pilih pilih tugas yang diberikan atasn dan laksanakan seperti tidak ada kejadian atau masalah yang sedang kalian hadapi.

Singkirkan masalah yang ada dan buktikan dari pekerjaan yang diberikan atasan akan lebih baik dari rekan karyawan lainnya untuk menunjukkan sikap profesionalitasmu.

Ingat kamu bekerja diperusahaan dan bukan bekerja pada 1 orang. Jadi yang kamu junjung adalah perusahaan tempat kamu bekerja bukan kepada atasan kamu saja.

Baca Juga >>> 7 Tips Bagaimana Cara Mengatasi Perbedaan Pendapat di Tempat Kerja ? <<<

  1. Tetap Berkomunikasi Dengan Atasan

Cara menghadapi atasan yang tidak menyukai kita ke-empat adalah dengan komunikasi.

Jika memang menyangkut urusan kerja, maka tetap jalinlah komunikasi yang baik kepada atasan. Bisa jadi penyebab masalah timbul dan penyeban atasan tidak menyukai kamu adalah karena kurangnya komunikasi antara kalian berdua.

Komunikai yang baik akan meminimalisir salah paham yang terjadi kepada dua orang yang sedang berselisih.

Seperti hubungan percintaan, maka komunikasi yang baik juga diperlukan dilingkungan kerja. Baik kepada sesama rekan kerja maupun kepada atasan kerja sekaligus.

  1. Sebagai Bahan Instrospeksi Diri

Jangan terlalu cepat menyalahkan atasan kamu. Bisa jadi atasan tidak menyukai kamu justru karena memang sikap kamu yang salah atau ada beberapa tugas yang tidak bisa kamu kerjakan.

Buatlah ini sebagai teguran dan bahan instrospeksi diri untuk menjadikan kamu karyawan yang lebih baik.

Coba evaluasi kembali kinerja kamu saat ini. Apakah sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh atasan atau apakah memang kontribusi yang kamu berikan ke perusahaan kurang?

Jika memang begitu maka tidak ada alasan lagi kamu untuk bersikap lebih baik dengan menunjukkan kinerja yang lebih baik kedepannya.

  1. Konsultasi Kepada Rekan Kerja atau Atasan Lainnya

Jika kamu rasa perlakuan yang kamu dapatkan dari atasan tidak adil padahal kinerja kamu dalam kantor sudah maksimal, maka coba konsultasikan masalah ini kepada rekan kerja kamu.

Dengan begitu kamu akan mendapatkan solusi dari orang lain dilingkungan kerja yang sama. Jika tidak dapat solusi dari rekan kerja, kamu bisa mencoba bertanya kepada atasan kamu yang lainnya.

Pastinya atasan diperusahaan ada beberapa dan coba kamu konsultasikan mengenai masalah yang kamu hadapi agar atasan kamu juga mendapat evaluasi dari perusahaan.

  1. Tanyakan Langsung Kepada yang Bersangkutan

Karena masalah ini adalah masalah kamu dan atasan. Maka cobalah untuk memberanikan diri bertanya kepada atasan kamu secara langsung mengenai mengapa sikap yang diberikannya berbeda dan tidak adil dari karyawan lainnya.

Dengan cara ini kamu akan langsung menemukan solusi yang kamu dapatkan. Ini merupakan cara tercepat untuk menyelesaikan masalah dikedua pihak.

Namun sampaikanlah dengan cara yang baik dan kalau bisa tidak dihadapan rekan kerja yang lain sehingga pembicaraan bisa langsung dari hati ke hati mengenai masalah di pekerjaan.

Setelah bertanya, maka coba kamu ajukan bagaimana cara atau solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga ketika selesai mengobrol kamu benar benar mendapatkan solusi yang bisa membantu kamu untuk pekerjaan kedepannya.

  1. Tetap Berfikiran Positif

Kamu juga bisa mengacuhkan sikap atasan yang tidak menyukai kamu. Acuhkan namun tetap kamu pertahankan profesionalitas kerja kamu.

Anggap saja bahwa atasan kamu tidak mempunyai masalah yang serius kepada kamu dan anggap bahwa ini hanyalah kesalahpahaman saja.

Tunjukkan dengan kinerja yang lebih baik dan lebih produktifitas untuk membuat atasan kamu mengerti bagaimana kamu bekerja dengan baik.

Baca Juga >>> Apa Jadinya Karyawan Yang Mengundurkan Diri Mendadak <<<

Penutup

Yang paling ampuh dalam cara menghadapi atasan yagn tidak menyukai kita adalah dengan tetap bersikap profesional dan selesaikan tugas sesuai dengan arahan yang diberikan.

Cara menghadapi atasan yang tidak adil adalah dengan bersikap lebih bijak, dewasa dan cerdas. Pasti ada alasan mengapa atasan kamu bersikap tidak adil kepada kamu.

Coba cari alasan tersebut dan selesaikan dengan cara yang baik. Usahakan untuk tidak mengangkat topik ini keforum yang lebih besar atau pada saat rapat kerja.

Cari cara yang terbaik dengan menggunakan beberapa tips diatas dan tetaplah menghormati setiap keputusan yang dibuat atasan meskipun itu tidak adil bagi kamu.

 

 

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *