7 Tips Bagaimana Cara Mengatasi Perbedaan Pendapat di Tempat Kerja ?

bagaimana cara mengatasi perbedaan pendapat

Dalam kehidupan sehari hari pastinya terdapat masalah. Masalah yang paling sering adalah terhadap perbedaan pendapat. Perbedaan pendapat juga sangat kerap sekali ditemukan di tempat kerja atau lingkungan kerja kamu. Lalu, bagaimana cara mengatasi perbedaan pendapat di tempat kerja ? Simak tips berikut :

Perbedaan pendapat dilingkungan kerja bisa terjadi antara rekan kerja bahkan dengan bos sekalipun. Dan itu sangatlah wajar jika terjadi. Bahkan menurut penelitian, lingkungan kerja dengan perbedaan pendapat dapat merangsang kreatifitas dan produktifitas.

Berikut cara mengatasi perbedaan pendapat di tempat kerja :

  1. Mendengarkan Terlebih Dahulu

Jika sudah ada perbedaan pendapat, yang harus kamu lakukan adalah mendengarkan terlebih dahulu argument apa yang dilontarkan oleh rekan kerjamu secara seksama, sehingga kamu mengerti maksud dan arah pembicaraannya.

Jadi meskipun kamu memiliki pendapat yang berbeda, jangan sampai kamu menyela pembicaraan orang dan tetap bisa menghargai pendapatnya.

  1. Tenang dan Jangan Terbawa Amarah

Cara yang kedua adalah untuk berfikir lebih tenang dan tidak terbawa amarah. Karena jika kamu lebih tenang maka kamu akan lebih mudah untuk berfikir lebih jernih.

Jika kamu bisa tenang dan mengendalikan emosi, maka lawan bicaramu akan juga lebih tenang dan bisa berfikir bersama untuk kedepannya.

  1. Hargai Pendapat Orang Lain

Jika kamu tetap berbeda pendapat, namun kamu harus bisa menunjukkan bahwa kamu bisa menghargai pendapat orang tersebut.

Katakanlah “Saya setuju juga terhadap pendapat anda, namu yang saya ingin tekankan adalah ….. “

Dengan begitu lawan bicara kamu akan menghargai pendapat yang kamu berikan dan tidak tersinggung dengan sanggahanmu.

  1. Tetap Sopan dan Santun

Jaga setiap sikap dan attitude kamu dalam menghadapi perbedaan pendapat. Terlebih lagi jika di lingkungan kerja, maka tunjukkan bahwa kamu bisa lebih profesional dalam menerima masukan.

Tetap tenang dan sopan dalam berbicara dapat mengatur tempo permainan agar lebih santai dan rileks dalam menyampaikan masalah. Jika sempat gunakan beberapa candaan agar suasana tidak tegang dan sekali kali itu perlu.

  1. Tetap Fokus dan Perhatikan Lawan Bicara

Jika kamu sedang diserang dengan pendapat yang berbeda, lalu bagaimana cara mengatasi perbedaan pendapat ? Cara mengatasinya adalah tetap fokus terhadap arah pembicaraan berlangsung dan tetap memperhatikan apa pendapat lawan.

Jangan kamu sekali kali mengalihkan pandangan atau malah sibuk sendiri dengan rekan lain atau sibuk dengan handphone ketika lawan bicara mengutarakan pendapatnya.

  1. Gunakanlah Win Win Solution

Jika sudah tidak ada jalan tengahnya kamu bisa menggunakan win win solution dimana kamu bisa mengambil jalan tengahnya.

Hal ini juga menunjukkan bahwa kamu tidak terlihat mau menang sendiri terhadap pilihan pendapat kamu. Jika kamu terlihat seperti orang yang mau menang sendiri, maka akan timbul penyataan bahwa kamu tidak bisa diajak berdiskusi, keras kepala dan tidak akan dipercaya lagi.

  1. Tanya Pendapat Orang yang Berbeda

Atau jika win win solution tidak bisa, kamu bisa menanyakan audiens lain atau pendapat orang yang berbeda pemikiran dengan kalian berdua.

Menanyakan pendapat juga bisa membuat suasana menjadi lebih tenang dan bisa mengatur ulang emosi yang diberikan pada saat mengemukakan pendapat.

Yang terpenting adalah tanyakan pendapat  yang tidak keluar dari lingkup yang sedang diperdebatkan. Dan usahakan orang yang kamu tanyai pendapat adalah orang yang bisa adil dan tidak memihak kamu maupun lawan bicara kamu.

Baca Juga >>> 6 Contoh Susunan Acara Rapat Kerja Simple <<<

Penutup

Dengan tips diatas tentang bagaimana cara mengatasi perbedaan pendapat kamu bisa lebih memiliki opsi yang terbaik, sehingga hubungan antara kamu dan pembicara lain bisa tetap harmonis dilingkungan kerja kedepannya.

Jangan sekali kali membawa masalah didalam rapat keluar lingkungan kerja. Kamu akan lebih terlihat profesional jika melakukan ini. Masalah didalam kerja ya sebatas dilingkungan kerja dan tidak dibawa keluar lingkungan personal masing masing.

Dan yang terpenting adalah tidak menjelek jelekkan orang yang berbeda pendapat dengan kamu didepan audiens lainnya dan tidak berbicara yang buruk dibelakang dan setelah rapat selesai.

Terima kasih sudah membaca artikel kami. Semoga memberikan manfaat yang baik untuk kita semua. Sukses selalu.

Baca Juga >>> 11 Tips dan Cara Mengatasi Stres Kerja <<<

0 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: