Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris saat Interview dan Artinya

Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris saat Interview dan Artinya

Mendapat panggilan interview setelah melamar pekerjaan adalah hal yang ditunggu-tunggu. Inilah waktu yang tepat untuk membuat perusahaan tertarik denganmu. Namun, menjawab pertanyaan interview bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Ada beberapa tips dan teknik yang harus kalian perhatikan agar kalian siap menghadapi interview pekerjaan. Untuk itu, di sini kita akan memberikan panduan memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris saat interview dan artinya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan bagus ini untuk bisa membuat perusahaan terkesan.

Untuk dibeberapa perusahaan ternama di indonesia, menggunakan skill bahasa inggris merupakan salah satu persyaratan yang harus dimiliki oleh karyawan. Apalagi untuk perusahaan yang sudah multinasional atau bahkan perusahaan asing yang ada di indonesia pastinya menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utamanya.

Tidak jarang juga pada saat interview, lawan interviewmu adalah seorang bule yang mana harus menggunakan bahasa inggris dalam percakapannya. Berikut contoh jawaban memperkenalkan diri menggunakan bahasa inggris pada saat interview.

Tips-tips dan Contoh Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris saat Interview

“Please introduce yourself!”, “Can you introduce yourself?”, “Tell me about yourself!”, atau pertanyaan sejenisnya selalu menjadi pembuka dalam sebuah interview. Kalian mungkin bisa dengan mudah menjawabnya. Namun, belum tentu jawaban kalian bisa memuaskan penanya. Di sini, kalian harus tahu tips memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris saat wawancara dan artinya. Dalam memperkenalkan diri, ada setidaknya 3 komponen yang harus kalian jelaskan:

  1. Siapa Kamu (Who You Are)

Pertama-tama, yang harus kalian jelaskan saat memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris adalah siapa dirimu. Tak hanya menyebut soal nama, kamu juga harus menjelaskan informasi-informasi dasar mengenai dirimu, termasuk juga pendidikan yang pernah ditempuh. Berikut adalah contohnya:

“Good morning! Well, my name is Felicity. I was born on the 21st of July in 1995 and I live in Jakarta. I am a graduate of Gajah Mada University, one of the best universities in Indonesia. There, I took department of Psychology.”

Artinya: “Selamat pagi! Baiklah, nama saya Felicity. Saya lahir pada 21 Juli 1995 dan saya tinggal di Jakarta. Saya lulusan dari Universitas Gajah Mada, salah satu universitas terbaik di Indonesia. Di sana, saya mengambil jurusan Psikologi.”

  1. Kelebihan / Keunggulanmu (Your Strengths)

Dalam interview, menjelaskan nama, tanggal lahir, alamat, hingga pendidikan saja tidak cukup. Kalian harus menyebutkan kelebihan atau keunggulan yang dimiliki sehingga penanya yakin akan kemampuanmu. Dengan begitu, kamu akan layak dipertimbangkan untuk mengisi posisi suatu jabatan di perusahaan yang kamu lamar. Berikut adalah contohnya:

“I spent the last 2 years developing my skill as a psychological at a popular hospital in Jakarta. There, I won some awards from my performance. During the 2 last years, I have ever solved various customer problems.”

Artinya: “Saya menghabiskan 2 tahun terakhir untuk bekerja sebagai seorang psikolog di sebuah rumah sakit ternama di Jakarta. Di sana, saya mendapatkan beberapa penghargaan berkat prestasi saya. Selama 2 tahun terakhir tersebut, saya telah membantu menemukan solusi berbagai masalah dari pasien.”

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

  1. Kenapa Kamu Di Sini (Why You Are Here)

Contoh memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris saat interview dan artinya di atas belum selesai. Bahkan, menjelaskan kelebihan-kelebihanmu pun juga masih kurang. Kini, kamu harus menjelaskan mengapa kamu berada di sini untuk mengikuti interview. Maksudnya, kamu harus menjelaskan posisi apa yang kamu inginkan dan kenapa kamu tertarik untuk bekerja di sini dengan posisi tersebut.

Ketika memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris saat interview kerja, inilah waktunya kalian meyampaikan apa pekerjaan apa yang diinginkan serta alasannya. Mungkin dalam surat lamaranmu sudah dijelaskan namun sangat penting untuk bisa menjelaskan secara lisan agar lebih meyakinkan. Tentu saja, kalian harus menggunakan bahasa yang sopan, jelas dan mudah dimengerti. Di bawah ini adalah salah satu contohnya:

“Even though I loved my last job, I feel challenged to try a new job and I think here is the best place to find a new experience because the job vacancy available really suits and excites me.”

Artinya: “Meskipun saya menyukai pekerjaan saya dulu, saya merasa tertantang untuk mencoba pekerjaan baru dan saya pikir di sini adalah tempat yang tepat untuk menemukan pengalaman baru karena lowongan pekerjaan yang tersedia benar-benar cocok untuk saya.”

Perlu diketahui bahwa interview adalah sebuah dialog, bukan monolog. Artinya, penanya menanyakan pertanyaan dan kamu menjawabnya dengan jelas. Jadi, jawablah pertanyaan dengan padat dan jelas. Jangan bertele-tele layaknya bercerita dan tetap berikan kesempatan pada penanya untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan selanjutnya. Ada banyak pertanyaan lain setelahnya yang mungkin akan ditanyakan. Contoh di atas hanyalah awal dari sebuah interview yang mana biasanya penanya akan menyuruh untuk memperkenalkan diri.

Baca Juga >>> JAWABAN INTERVIEW MOTIVASI KERJA <<<

Setelah belajar memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris saat interview dan artinya, kini kalian bisa mempraktekkannya dulu di rumah. Tak perlu menghapal, tapi yang perlu kalian lakukan adalah memahaminya. Dengan begitu, kalian akan siap menghadapi interview yang sesungguhnya dengan pertanyaan-pertanyaan yang tak terduga.

Ada baiknya juga untuk mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi. Semisal kamu sudah punya list tentang daftar pertanyaan apa saja yang sering ditanyakan pada saat interview berlangsung dan kamu sudah punya pula jawaban terbaiknya.

Baca Juga >>> Daftar Pertanyaan Saat Wawancara Kerja Dan Jawabannya <<<

Setelah kamu list apa saja pertanyaan dari interview maka selanjutnya adalahh mencoba mempraktekkannya menggunakan bahasa inggris, sehingga kamu sudah mulai terbiasa menggukan bahasa inggris saat interview nantinya.

Begitulah tips dan trik dalam memperkenalkan diri dalam bahasa inggris pada saat interview kerja. Kamu juga bisa menambahkan beberapa kalimat atau penyesuaian dalam penerapannya nanti. Semoga beruntung bagi kamu dan sukses bagi kita semua. Terima kasih.

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.