12 Tips Mengatasi Gugup Hari Pertama Kerja Agar Lebih Menyenangkan

hari pertama kerja

Perasaan gugup dikarenakan kondisi yang tidak siap baik mental dan psikis kita. Begitu pula gugup hari pertama kerja juga sangat sering terjadi bagi fresh graduate ataupun yang sudah berpengalaman sekalipun.

Ini dikarenakan ketidak tahuan kita dalam mengerti kondisi lingkungan kerja nantinya di hari pertama kerja. Maka dari itu ada beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam mengatasi gugup di hari pertama kerja.

Berikut tips yang bisa membantu kamu dalam mempersiapkan diri di hari pertama kerja :

  1. Gunakan Pakaian Terbaik

Memang ada beberapa perusahan yang tidak mengharuskan karyawannya dalam berpakaian formal, namun pada saat hari pertama kerja ada baiknya menggunakan pakaian terbaik yang kamu miliki namun tidak terlalu mencolok.

Jika budaya berpakaian di perusahaan kamu ialah pakaian casual, maka ada baiknya untuk kesan di hari pertama kerja kamu menggunakan kaos polo berkerah bagi pria. Setidaknya itu lebih baik dan sopan daripada menggunakan kaos oblong.

  1. Persiapkan Bawaan

Biasanya di hari pertama kerja, kamu diminta untuk melengkapi beberapa berkas yang dibutuhkan oleh bagian HRD atau personalia. Cek kembali sebelum kamu berangkat ke kantor apa saja yang dibutuhkan pada saat kerja nanti.

Ada baiknya untuk kamu membawa buku catatan kecil dan juga bolpoin untuk mencatat apa saja yang penting dan harus kamu ingat nantinya.

  1. Menemui Atasan Atau HRD Personalia

Di hari pertama kerja, pada saat masuk kekantor ada baiknya untuk kamu mencari bagian HRD atau atasan kamu langsung.

Karena biasanya pada hari pertama kamu akan diajak untuk berkeliling kantor dan memperkenalkan divisi divisi lainnya. Oleh sebab itu jika kamu kebingungan pada saat pertama kerja, maka yang kamu cari adalah bagian HRD-nya.

  1. Ingat Rekan Kerja dan Divisinya

Pada saat tour keliling kantor kamu akan diperkenalkan kepada rekan kerja dan divisi lainnya yang akan berkaitan langsung dengan pekerjaanmu nantinya.

Coba ingat baik baik nama, divisi, serta tugas dari masing masing karyawan yang dikenalkan kepada kamu. Namun jika memang banyak, kamu bisa menghafal dari orang orang penting saja yang harus kamu kenal.

  1. Ingat dan Tinjau Lingkungan Kerja

Pada saat berkeliling kantor kamu juga harus memperhatikan lingkungan kerja dan tempat tempat strategis nantinya. Perhatikan bagaimana karyawan lain melakukan tugasnya, perhatikan ruangan ruangan yang kamu anggap penting seperti mushola, ruang atasan dan ruang kerja.

Dengan begitu untuk hari selanjutnya kamu tidak akan kebingungan untuk adaptasi dengan lingkungan kantor khususnya tempat dan ruangan kerja.

  1. Tidak Malu Bertanya

Wajar bagi kamu yang seorang karyawan baru untuk bertanya apa saja mengenai pekerjaan atau lainnya yang berhubungan. Maka jangan segan untuk bertanya kepada rekan kerja atau kepada atasan jika itu bisa membantu untuk menyelesaikan masalah kantor.

Dengan bertanya kamu juga bisa memahami bagaimana sikap dan sifat dari masing masing rekan kerja. Malah justru aneh jika di hari pertama kerja kamu tidak banyak bertanya. Bener kan?

  1. Positif, Aktif dan Cepat Adaptasi

Kamu harus merubah sikap dan sifatmu untuk hari pertama kerja, usahakan untuk aktif dalam bekerja dan tidak menunggu untuk disuruh kerja. Usahakan inisiatif jika memang pekerjaan yang diberikan sudah selesai kamu kerjakan.

Positif dengan semua rekan kerja dan tugas yang diberikan. Karena ada beberapa karyawan baru yang merasa dia di plonco dengan diberikan tugas awal yang memberatkan.

Cepat adaptasi dengan situasi dan pekerjaan yang diberikan kepada kamu, usahakan yang terbaik, tidak gampang mengeluh dan bekerja lebih keras.

  1. Perbanyak Mendengar dan Mencatat

Perbanyak mendengar intruksi yang diberikan serta saran dalam cara kerja di kantor daripada berbicara. Usahakan membuat rekan kerja nyaman terlebih dahulu dengan kamu. Ini  juga menunjukkan sifat profesional kamu kedepannya.

Catat apa apa saja hal yang penting, seperti apa saja tugas yang diberikan, nomor kontak rekan kerja dan atasan, penjelasan jobdesk dan lainnya.

Bertanya untuk hal yang sudah dijelaskan sebelumnya berulang kali akan menunjukkan kamu tidak disiplin dan tidak detail dengan beberapa hal.

Baca Juga >>> 7 Tips Bagaimana Cara Mengatasi Perbedaan Pendapat di Tempat Kerja ? <<<

  1. Kurangi Melakukan Pekerjaan Pribadi

Pekerjaan pribadi ini seperti chat dengan teman kamu, membuka gadget terlalu sering,atau jika kamu ada penghasilan lainnya kamu malah bekerja untuk side job kamu.

Untuk hari pertama gunakan waktu kerja sebaik mungkin untuk bisa adaptasi lebih cepat dan agar kamu lebih bisa dihargai oleh rekan kerja dan atasan.

  1. Berbaur di Waktu Istirahat

Pada jam istirahat kerja gunakan kesempatan ini untuk berbaur dengan sesama rekan kerja agar lebih cepat akrab. Tanyakan seputar kehidupan mereka seperti tinggal dimana, sudah berapa lama kerja di perusahaan ini atau sekedar tanya hobi.

Tidak hanya pada saat jam istirahat kerja, namun juga gunakan pada saat selesai kerja untuk lebih mendekatkan diri kerekan kerja. Kamu bisa mengikuti jadwal rencana karyawan lainnya seperti ikut nonton bareng atau ikut olahraga bareng.

  1. Pilih Rekan yang Bisa Menjadi Mentor

Pastinya ada rekan kerja yang membuat kamu nyaman dan bisa diandalkan pada saat kesulitan dalam bekerja. Kamu bisa meminta saran dalam bagaimana bekerja yang baik dan benar.

Pilihlah mentor yang sudah senior namun tetap asik dalam menganyomi kamu sebagai karyawan baru.

  1. Informasikan Aktifitas Kamu Pada Atasan

Setelah selesai mengerjakan segala aktivitas yang diberikan oleh atasan, maka ada baiknya kamu memberikan report mengenai apa saja yang sudah kamu kerjakan pada hari pertama kerja.

Sehingga atasan bisa memberikan tugas dan pengetahuan lainnya untuk hari kedua dan seterusnya.

Dengan menginformasikan kegiatan kamu, maka atasan akan merasa dihargai dan kamu bisa menunjukkan sikap yang lebih profesional.

Baca Juga >>> 15 Cara Membangun Tim Kerja Yang Baik dan Solid Dalam Perusahaan <<<

Penutup

Masuk di hari pertama kerja memang gugup dan bikin khawatir. Namun dengan menerapkan tips diatas kamu bisa lebih meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan.

Gunakan waktu bekerja untuk bisa menciptakan suasana yang harmonis sehingga kamu bisa lebih cepat beradaptasi dan terbiasa dalam lingkungan kerja.

Jangan membuat menjadi beban dan enjoy saja atas moment pertama kamu bekerja.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Kamu bisa juga share kepada teman yang membutuhkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *