Tugas Back Office yang Seberannya

back office adalah

Back Office adalah posisi dalam sebuah perusahaan yang memiliki tanggung jawab terhadap dalam hal mengurus laporan penjualan atau pemasaran, laporan keuangan ataupun masalah di bidang administrasi.

Sudah banyak lowongan kerja dengan posisi sebagai staff back office. Terutama di Bank Konvensional istilah ini menjadi tidak asing untuk beberapa orang. Tapi sayangnya banyak orang juga yang tidak mengetahui dengan detail seperti apa tugas dari staff back office itu sendiri. Banyak juga yang tidak sesuai dengan kualifikasi seperti apa yang sebernarnya dibutuhkan oleh perusahaan. Padahal staff back office memiliki peran penting juga dalam sebuah perusahaan dalam membantu kegiatan kegiatan sebuah perusahaan. Butuh staff profesional yang ahli dalam posisi ini. Berikut tugas utama staff back office.

Tugas Utama Staff Back Office Beserta Job Desk

Selain menangani masalah laporan ada beberapa hal yang mungkin banyak orang yang tidak mengetahui secara detail tugas dan job desk back office. Karena bekerja di belakang layar, seorang back officer tidak melayani atau menanggapi keluhan konsumen atau bertatap muka secara langsung. Tugasnya adalah

  1. Mengelola Laporan Keuangan
  2. Mengontrol dan pengecekan terhadap invoice dan pemesanan.
  3. Mengurus laporan penjualan dan pemasaran
  4. Tanggung jawab terhadap laporan pengecekan barang fast moving atau slow moving
  5. Mengurus berkas pembelian
  6. Melaksanakan pengecekan terhadap stok barang yang akan habis
  7. Melakukan administrasi pengelolaan perusahaan

Seorang back office juga hendaknya memiliki kemampuan analisis yang baik serta memiliki keahlian dibidang administrasi yang rapi.

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan bagian staff back office dengan lulusan minimal diploma. Untuk gaji seorang staf back office sudah diatas umr daerah masing masing. Sedangkan untuk jenjang karir kurang memiliki karir yang jelas, dan tidak terlalu cepat berkembang seperti karir dibidang dan posisi lainnya.

Namun tidak masalah bagi kamu yang masih fresh graduate dan ingin mencoba bagaimana suasan bekerja dan budaya kerja sebuah perusahaan, mungkin posisi ini menjadi pilihan berkarir yang cocok dan bisa kamu dapatkan pengalaman yang lebih baik kedepannya.

Baca Juga >>> CARA MELAMAR KERJA VIA EMAIL <<<

Bagaimana tertarik dengan posisi back office ini? Jika kurang jelas kamu juga bisa untuk menanyakan bagaimana sih jobdesk back office kepada tim HRD di perusahaan yang kamu lamar agar lebih jelas. Dikarenakan paham jobdesk itu sendiri berbeda beda baik dari perusahan satu ke perusahaan yang lainnya. Tidak masalah jika kamu menanyakan tugas utama dari posisi yang kamu lamar pada saat tes wawancara HRD berlangsung. Yang terpenting kamu tidak menanyakannya pada saat tes interverview user karena kamu akan dinilai tidak siap untuk posisi ini.

Semoga bermanfaat buat kamu ya dan salam sukses untuk kita bersama. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.