Tahapan Tes Seleksi Rekrutment PT KAI (Kereta Api Indonesia)

pengalaman tes seleksi pt kai kereta api indonesia

PT KAI merupakan perusahaan BUMN terkemuka di indonesia. Penyedia jasa pelayanan angkutan penumpang dan barang ini juga sering melakukan rekrutan untuk memilih karyawan baru baik melalui situs resmi pt kai maupun melalui jobfair terkemuka di berbagai universitas di indonesia. Kali ini tipskerja akan mereview mengenai tahapan seleksi tes yang diadakan oleh pt kai menurut pengalaman pribadi dan di berbagai forum seperti kaskus seperti apa contoh soal dan cara lolos untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

  1. Tahap I        =  Seleksi Administrasi
  2. Tahap II       =  Seleksi Kesehatan Awal
  3. Tahap III     =  Seleksi Psikologi
  4. Tahap IV     =  Seleksi Kesehatan Akhir
  5. Tahap V      =  Seleksi Wawancara

Baca juga >>> Tips Buat Kamu Yang Fresh Graduate <<<

1. Seleksi Administrasi

Pt KAI sering kali mencari kandidat baru karyawannya melalui jobfair tertentu. Biasanya hanya kandidat yang mengikuti jobfair saja yang bisa mengakses website resmi kai untuk ikut seleksi awal pt kai. Berikut untuk syarat umum yang harus kamu miliki

  • Fotocopy ijazah SLTA/D3/S1/S2 legalisir atau ijazah SLTA/D3/S1/S2 Asli;
  • Fotocopy transkrip nilai legalisir atau Transkrip nilai asli;
  • Akreditasi  jurusan (D3/S1/S2) pada saat tanggal kelulusan ;
  • Fotocopy/Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  • Fotocopy sertifikat tanda registrasi (untuk formasi Dokter Umum);

2. Seleksi Kesehatan Awal

Untuk tempat seleksi kesehatan awal bertempat di unit kesehatan pusat milik PT KAI.

Tes awal ini sudah mencangkup seluruh tes kesehatan pada umumnya perusahaan lain melakukan perekrutan seperti:

  1. Cek tinggi dan berat badan. Kriteria kelolosan dimana berat proposional dengan tinggi badan. Tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk.
  2. Periksa gigi. Kriteria kelolosan sebaiknya kamu cek terlebih dahulu karang gigi atau cabut akar gigi untuk gigi yang bolong.
  3. Periksa mata. Pemeriksaan apakah mata kita minus atau gak. Dan jikalau mata kita minus apakah kacamata yang kita pakai merupakan kacamata yang tepat atau tidak.
  4. Cek fisik. Pemeriksaan kali ini kita diminta untuk hanya memakai pakaian dalam saja untuk dilihat apakah kita memiliki varises atau tidak, punya tato atau tidik akan menjadi masalah disini.
  5. Cek buta warna

3. Tes Psikologi

Seperti tes psikotes lainnya soal pada tahapan tes ini terdiri dari soal kepribadian diri, soal matematika dasar, pengenalan bentuk pola gambar, gambar pohon dan manusia beserta dengan aktifitas yang dilakukannya dan yang terakhir adalah tes koran atau biasa yang disebut kreplin.

Baca juga >>> Contoh soal psikotes <<<

4. Tes Kesehatan Akhir

Lebih baik untuk melakukan puasa 8 jam sebelum kamu melakukan tes ini dan hanya diperbolehkan untuk minum air putih yang banyak, jangan lupa untuk tidak begadang sebelum hari tes agar kondisi badan kamu masih fit saat tes kesehatan akhir ini.

Yang dilakukan adalah cek darah dan tensi. Pengambilan sample urine, rontgen dada dan cek jantung. Diharapkan untuk tidak minum alkohol seminggu sebelum tes dan kurangi merokok bagi kamu yang masih merokok.

Tespun berlanjut dengan tes fisik dimana kita hanya memakai pakaian yang diberikan oleh pihak kesehatan dan melepas semua pakaian yang kita kenakkan.

5. Tes wawancara

Yang harus kamu bawa dan persiapkan adalah ijazah asli, fotocopi ktp dan cv lamaran kita.
pertanyaan masih soal pribadi diri, mengenai pengalaman diri asal kuliah, mengapa memilih mengambil jurusan yang saat ini kamu kuasai, pengalaman kerja dan pengalaman organisasi yang kamu punya sebelumnya.

Baca juga >>> Tips mengatasi gugup dalam wawancara <<<

Leave a Reply

Your email address will not be published.