Syarat Mengambil Foto Untuk Melamar Kerja Yang Baik

foto untuk lamaran kerja

Dalam melamar kerja di perusahaan kamu juga harus menyertakan foto, baik itu jadi satu dengan CV (Curiculum Vitae) atau terpisah dengan melampirkannya. Ada beberapa cara agar foto untuk melamar kerja yang akan kamu kirim terlihat lebih profesional.

Seorang HRD perusahaan pun pastinya akan menilai diri kamu mulai dari foto yang kamu lampirkan diawal proses tahapan recruitment kerja. Untuk itu perlu perhatian lebih sebelum kamu mau mengambil foto untuk lamaran kerja.

Lalu apa saja syarat foto untuk melamar kerja yang baik ? Berikut ulasannya.

  1. Pakaian

Untuk syarat yang pertama adalah mengenai pakaian yang akan kamu gunakan. Ada baiknya kamu menggunakan kemeja putih dengan tambahan jas bagi pria dan blazer bagi wanita.

Lalu untuk penggunaan dasi adalah optional, yaitu bisa di pakai atau tidak. Namun jika kamu ingin lebih terlihat profesional maka gunakan dasi yang tidak mencolok dan memiliki warna yang sepadan.

Misal : Kemeja putih, jas / blazer hitam dengan tambahan dasi warna hitam pula.

Jika kamu memerlukan foto full body atau seluruh badan, maka gunakan celana kain hitam formal dan sepatu pantofel khusus kerja juga sebagai bawahannya.

  1. Full Body atau Setengah Badan ?

Ada 2 jenis foto yang harus kamu persiapkan pada saat ingin mengambil foto untuk melamar kerja. Yaitu foto setengah badan (mulai dari atas kepala sampai dengan bagian atas pinggang) dan foto full body secara utuh (mulai dari atas kepala sampai dengan ujung kaki)

Kenapa harus 2 jenis foto? karena saat ini ada juga beberapa perusahaan yang mensyaratkan untuk mengirimkan foto full body secara utuh.

Seperti perusahaan perbankan dan swasta saat ini memerlukan untuk upload foto full body juga. Maka dari itu kamu juga harus mempersiapkan kedua jenis foto ini.

  1. Perhatikan Wajah dan lainnya

Pada saat foto, coba jangan terlalu berlebihan dalam hal makeup. Penggunaan make-up yang terlalu tebal akan sangat mengganggu untuk dilihat.

Bagi kamu yang menggunakan kaca mata minus atau plus, pada saat sesi foto bisa dilepaskan terlebih dahulu dan tidak menggunakan kacamata.

Usahakan untuk tidak ada rambut atau bulu diarea wajah bagi pria seperti kumis atau jenggot. Untuk wanita jangan foto pada saat warna rambut sedang diwarnai. Ini juga akan mempengaruhi keprofesionalitasmu dimata HRD.

Untuk rambut usahakan tidak menutupi telinga dan area sekitar wajah lainnya termasuk pula dengan poni yang menutupi wajah tidak diperlukan.

  1. Posisi Saat Foto

Untuk posisi saat foto jika foto setengah badan maka duduklah dengan posisi yang tegap dengan tangan berada kebawah bukan menyilang didepan.

Pada posisi foto full body coba atur posisi dengan kaki kanan berada sedikit kedepan dan badan sedikit miring menghadap kamera. Posisi tangan bebas namun tidak menyilang atau bersedekap.

Untuk posisi foto kamu bisa berkonsultasi dengan photografernya langsung untuk menemukan posisi yang pas.

  1. Warna Background

Ada beberapa aturan dalam menggunakan background warna untuk foto lamaran kerja. Untuk kamu yang memiliki tahun kelahiran genap maka menggunakan warna background biru. Begitu pula untuk tahun kelahiran ganjil menggunakan background warna merah.

Namun untuk yang terbaik adalah mintalah kepada photografer untuk mempersiapkan 2 warna background foto. Karena bisa berguna jika kamu ingin membuat atau mendaftar lamaran diperusahaan lain yang memiliki persyaratan khusus.

Baca Juga >>> 7 Tips dan Contoh Foto Full Body Untuk Melamar Kerja <<<

Penutup

Itu tadi  5 tips foto untuk melamar kerja agar foto kamu terlihat lebih profesional dan bisa dipanggil oleh perusahaan yang kamu idam idamkan.

Agar lebih maksimal untuk hasilnya kami sarankan agar mengambil foto di studio foto dikota anda. Kamu juga bisa meminta untuk mengedit agar lebih bagus dalam hasilnya. Jangan lupa untuk selalu membawa soft copy nya kedalam HP jikalau kamu ingin melamar kerja melalui HP agar lebih mudah.

Pada saat melamar gunakanlah resolusi foto yang terbaik saat upload file foto dan berkas lainnya agar enak dilihat dan mudah dikenali.

Semoga bisa bermanfaat dan berguna ya. Terima kasih.

Leave a Reply

%d bloggers like this: