Sarjana Paling Banyak Menganggur

Sarjana Paling Banyak Menganggur

Pada jaman saat ini ada banyak sarjana sarjana muda yang tak kunjung mendapatkan pekerjaan. Bahkan sudah lama melamar kesana kemari namun tetap menjadi seorang pengangguran. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang menjadi pengangguran setelah sarjana. Berikut jurusan apa saja yang mempunyai sarjana paling banyak menganggur. Mungkin bisa menjadikanmu referensi untuk berfikir kembali dalam mengambil jurusan yang sangat sulit mendapatkan pekerjaan khususnya dibidang dan ilmu yang dipelajarinya.

  1. Pendidikan Jasmani

Menjadi guru memang sangatlah mulia. Namun untuk menuntuk karir di jurusan pendidikan ada beberapa jurusan yang sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Salah satunya adalah pendidikan jasmani. Mengapa tergolong sulit? karena untuk setiap sekolah rata rata hanya memiliki 1 guru pada mata pelajaran ini dan biasanya akan berjalan lama hingga pensiun. Hal inilah yang membuat tidak ada keseimbangan antara jumlah lowongan pekerjaan guru jasmani dengan lulusan dari pendidikan jasmani. Sehingga peluang kerjanya sangatlah sedikit.

  1. Ilmu Budaya.

Ilmu budaya juga menjadi salah satu dengan prospek pekerjaan yang sangat sulit. Ilmu budaya ini seperti pelajaran bahasa jawa, bahasa sunda ataupun bahasa melayu. Saat ini sudah sangat sepi peminat yang mau mempelajari ilmu dan pendidikan ini. Jikalau sudah lulus kuliah maka kemungkinan besar prospek kerjanya kamu menjadi guru budaya di sebuah sekolah.

  1. Arkeologi

Ilmu arkeologi sebernarnya ilmu yang cukup bagus untuk dipelajari. Namun untuk di indonesia ilmu ini masihlah sangat awan bagi masyarakat luas. Selain sepi peminat pada jurusan yang ada di universitas, jurusan arkeologi ini juga sangat susah untuk menemukan lowongan yang pas sehingga prospek kerjanya pun sangatlah sedikit.

  1. Ilmu Perpustakaan

Mungkin terdengar asing ditelinga kalian. Namun untuk jurusan ini ternyata ada lo dan beberapa universitas besar di indonesia memiliki ilmu perpustakaan. Jurusan ini juga memiliki peminat yang sangat jarang dengan prospek kerja yang sangat sedikit.

  1. Sastra Daerah

Hampir sama dengan ilmu budaya, Jurusan sastra khususnya yang mempelajari bahasa daerah sangatlah banyak sekali sarjana dari jurusan ini yang sampai saat ini masih menganggur. Mungkin dikarenakan juga lowongan yang membutuhkan sastra daerah ini sangatlah langka dan sedikit sekali.

  1. Filsafat

Ilmu filsafat juga menjadi salah satu yang menyumbang banyaknya sarjana pengangguran di indonesia. Mungkin dikarenakan bakat menjadi seorang pujangga puisi tidak tersalurkan ditambah dengan minim prospek kerja maka tidak sedikit jurusan filsafat ini yang menjadi seorang freelance lepas dan tidak bekerja di dalam sebuah perusahaan.

Baca Juga >>> Jurusan Yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan Di Masa Mendatang <<<

Mungkin itulah beberapa jurusan dan sarjana yang paling banyak menganggur di indonesia. Sebenarnya menganggur atau tidaknya seseorang tergantung dari apakah orang tersebut mau mengambil kesempatan yang ada atau tidak. Sebenarnya tidak ada ilmu yang tidak terpakai dan tidak berguna. Semuanya bisa dipakai dan berguna sesuai dengan fungsinya masing masing.

Ada beberapa jurusan yang memang tidak bisa mengikuti perkembangan jaman saat ini dan mulai kehilangan arah dan peminatnya. Namun jika kamu bisa berkreatifitas melakukan sesuatu hal yang kamu suka, maka rejeki akan mengikuti kamu.

Banyak juga sarjana yang sudah memilih jurusan yang bagus dan tepat namun tetap menjadi seorang pengangguran dikarenakan rasa gengsi dan tidak mau mencoba hal hal baru yang belum mereka kuasai sebelumnya.

Semoga artikel ini bisa menjadikan referensi kamu dalam memilih jurusan yang tepat dalam perkembangan jaman saat ini. Terima kasih semoga sukses untuk kita semua. Salam TipsKerja.

Share Link

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.