Pengalaman Tes Kerja Sebagai Barista di Starbucks Indonesia

Tes Kerja Sebagai Barista di Starbucks Indonesia

Kali ini kita akan membahas tentang pengalaman tes kerja sebagai barista di Starbucks Indonesia. Sebuah perusahaan coffee shop ternama didunia yang sedang digandrungi oleh para penikmat kopi di indonesia. Selain lowongan fulltime starbucks indonesia juga menyediakan lowongan kerja untuk para part timer. Mungkin pekerjaan ini lebih cocok diambil untuk para mahasiswa yang ingin menambah penghasilan melalui kerja part time.

Baca Juga >>> CARA MELAMAR KERJA VIA EMAIL <<<

Ada beberapa berkas yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu seperti Curriculum Vitae yang bisa kamu isi melalui situs website karir dari Starbucks indonesia di career-sbuxindonesia.com. Selanjutnya yang kamu perlukan adalah surat lamaran pekerjaan, sertifikat TOEFL jika ada dikarenakan starbucks lebih memilih untuk kamu yang bisa berbicara bahasa inggris secara aktif. Fotocopy KTP, Fotocopu ijazah terakhir  dan surat keterangan yang menunjukkan bahwa kamu masih kuliah atau bisa mencantumkan fotocopy KTM kamu.

  1. Untuk tahapan pertama yang akan kamu hadapi adalah Interview HRD Starbuck.

Usahakan untuk datang lebih awal dikarenakan nomor urut interview disesuaikan berdasarkan nomor daftar hadir. Akan ada beberapa form yang akan kamu isi terlebih dahulu sebelum nantinya kamu di wawancara pihak hrd starbucks.

Baca Juga >>> JAWABAN INTERVIEW MOTIVASI KERJA <<<

Jika kamu sudah memiliki pengalaman bekerja, usahakan untuk membawa surat rekomendasi kerja atau surat pengalaman kerja. Surat pengalaman kerja ini di khususkan untuk kamu yang melamar di full time job. Pertanyaan yang diajukan seputar perkenalan diri secara singkat, pengalaman kerja jika ada, pengalaman organisasi jika ada, bagaimana pendidikan kuliahmu saat ini, kendaraan yang kamu miliki, motivasi ingin bekerja di starbuck karena apa. Nantinya tim HRD akan bertanya mengenai bagaimana bahasa inggris kamu, dan kamu akan di persilahkan untuk berbicara dalam bahasa inggris dan mulai lagi perkenalan diri. Di akhir sesi kamu diberikan kesempatan untuk bertanya kepada tim hrd. Gunakan kesempatan ini untuk bertanya dan jangan bertanya mengenai “kapan pengumumannya akan saya ketahui dan via apa? “ ini bukanlah pertanyaan yang patut kamu pertanyakan kepada hrd. Gunakan kesempatan ini untuk bertanya mengenai job desk barista itu seperti apa, budaya kerja disini seperti apa bahkan jika perlu bisa kamu tanyakan mengenai profil perusahaan ini atau yang lainnya.

  1. Interview By Phone

Untuk tahapan kedua ini kamu akan di telpon oleh HRD kembali untuk memastikan bahwa kamu layak mengikuti tes selanjutnya. Ada beberapa orang yang langsung lolos ke tahapan selanjutnya ada yang perlu untuk dilakukan tes wawancara ulang tapi menggunakan telepon sebagai medianya. Kamu nantinya akan diminta memerankan sebagai barista dan HRD akan menjadi customersnya dan dilakukan dengan bahasa inggris. Usahakan untuk mencari ruang yang tenang sebelum menjalani tes ini.

  1. MCU (Medical Check Up)

Kandidat yang lolos akan menjalani tahapan tes kesehatan starbucks. Tim starbucks akan mempercayakan tes kesehatan ini kepada klinik yang telah di tunjuk dan semua biaya akan di tanggung oleh pihak starbucks indonesia. Kamu akan dikirimkan surat yang intinya kamu akan menjalani tes kesehatan yang nanti diserahkan ke klinik yang ditunjuk by email. Tes kesehatannya  seperti tekanan darah, cek darah dan cek rontgent.

  1. Tanda Tangan Kontrak

Jika lolos kamu akan langung mendapatkan kontrak untuk tawaran kerja bersama starbucks indonesia. Ada beberapa berkas yang perlu kamu lengkapi juga seperti surat pernyataan dari orang tua yang menerangkan bahwa kamu bersedia bekerja part time di starbucks indonesia. Ijazah mu akan ditahan selama kontrak selesai yaitu selama 1,5 tahun. Jika kamu resign sebelum masa kontrak maka akan ada kena denda pinalty sebesar 5 juta untuk part time dan 8 juta untuk full timer. Untuk gaji starbucks juga akan di terangkan pada saat tanda tangan kontrak ini.

 

Perbedaan part time dan full time di starbucks indonesia :

Part time : Bekerja minimal 20 jam dalam 1 minggu. Untuk jadwal bisa menyesuaikan dengan kegiatan kamu lainnya.

Full time : Bekerja 5 hari kerja dan 2 hari libur. Untuk libur tidak bisa memilih hari liburnya. Untuk gajinya juga berbeda antara part time dan full time.

 

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.