Pengalaman Dan Proses Seleksi MT Star Danone

Tes dan seleksi Danone MT Star

Danone juga salah satu perusahaan yang sering membuka lowongan MT dan posisi lainnya. Untuk posisi MT (Management Trainee) ini adalah program yang cukup terkenal disemua perusahaan dikarenakan jenjang karir yang cukup cepat dibanding program lainnya. Kali ini tipskerja akan mencoba untuk mereview mengenai rekrutment dari danone ini melalui hasil dari pengalaman selama proses seleksi maupun hasil dari sumber forum kaskus dan lainnya. Untuk Program MT dan program Blue Sales Trainee (BEST) Danone, tahapan dan seleksinya hampir sama dengan tahapan seleksi dari program MT. Berikut tahapan dan seleksi yang akan kamu hadapi nantinya.

Baca Juga >>> Tips Buat Kamu Yang Fresh Graduate <<<

  1. Seleksi Awal dan Tes Online

Setelah kamu mendaftar secara online kamu akan langsung melanjutkan untuk tes secara online. Seperti tes psikotes pada umumnya soal yang akan kamu kerjakan meliputi:

  • Tes verbal
  • Tes mencocokkan gambar
  • Sinonim dan antonim kata
  • Matematika dasar dan deret angka

Setelah menjalani tes psikotes ini kamu akan langsung dihadapkan dengan soal bahasa inggris. Jika kamu sering mengikuti tes TOEFL maka kamu tidak akan kesulitan untuk tes bahasa inggris ini. Tips dari kami adalah jangan terlalu lama mengerjakan soal yang sulit. Cepat dalam mengambil keputusan adalah cara yang bagus untuk tes ini. Dikarenakan soal yang akan kamu kerjakan cukup banyak dan juga banyak terdapat soal cerita didalamnya dengan batasan waktu yang singkat.

  1. Tes FGD (Focus Group Discussion)

Hasil pengumumannya akan kamu terima langsung setelah kamu selesai mengerjakan tes ini. Jika kamu lolos pada tahapan psikotes selanjutnya kamu akan lanjut ketahapan FGD.

Pertama kamu akan diberikan lembaran soal yang berisi case masalah yang akan kamu diskusikan bersama tim kelompokmu. Kamu akan diberikan waktu untuk mencerna dan mengkaji point masalah apa yang terdapat di kasus ini. Lebih baik untuk menuliskan point penting yang akan kamu bahas nantinya. Solusi yang kamu berikan lebih baik yang berbeda dari peserta tim kelompokmu.

Pertanyaan materi kasus yang diberikan berupa soal prioritas yang nantinya akan kamu urutkan berdasarkan prioritas yang kamu urutkan. Catat point penting mengenai masalah, solusi dan saranmu untuk tiap masalahnya.

Setelah diskusi kelompok catat point penting yang menjadi kesimpulan tim kelompokmu yang nantinya akan kamu presentasikan dengan tim kelompok lain.

Jadilah aktif namun jangan bertindak berlebihan untuk tips FGD kali ini.

Baca Juga >>> Tips Untuk Lolos FGD <<<

  1. Wawancara HRD

Tahapan seleksi selanjutnya adalah interview HRD. Pada tahapan ini lebih baik untuk persiapkan bahasa inggrismu sebelum datang interview. Karena pada tahapan ini kamu akan berbicara bahasa inggris dengan tim HRD.

Pertanyaan mengenai kepribadian diri seperti pengalaman organisasi, pengalaman kerja, kenapa pindah kerja, kenapa memilih danone, apa yang kamu ketahui mengenai program MT, bagaimana pandanganmu 5 tahun kedepan, kelebihan dan kelemahan diri kamu.

Kamu juga akan dijelaskan mengenai nantinya bagaimana jika kamu diterima melalui program ini. Bagaimana proses dan benefit yang akan kamu dapatkan jika bergabung dengan perusahaan ini.

  1. Wawancara User

Pada interview user danone ini kamu akan berbicara banyak dengan manager dari tim danone ini. Masih menggunakan bahasa inggris untuk percakapannya. Dan pertanyaan masih sama seperti wawancara user sebelumnya.

Pada tahap ini lebih banyak berbicara mengenai komitment kerjamu jika diterima nantinya diperusahaan ini.

Wawancara user menjadi tahapan terakhir dalam proses seleksi tim danone. Jika kamu lolos dalam tes ini, tahapan selanjutnya adalah tes kesehatan dan tanda tangan kontrak untuk mengetahui benefit dan fasilitas apa saja yang akan kamu terima selama masa training dan sesudah training berlangsung.

Baca Juga >>> Hal yang pantang kamu lakukan saat wawancara <<<

Leave a Reply

Your email address will not be published.