Tutorial Cara Mengatasi Volume Hp Naik Turun Sendiri

TipsKerja – Cara mengatasi volume hp naik turun sendiri tanpa harus diganti dengan yang baru dan sebelum kamu membawanya ke service center agar lebih hemat. Kalau kamu sampai pada artikel ini, itu tandanya kamu memiliki masalah pada hp kamu yaitu volume yang eror naik turun sendiri.

Sebelum kita membahas mengenai cara memperbaikinya, ada baiknya untuk kita ketahui terlebih dahulu apa sih penyebabnya sehingga menjadi eror.

Penyebab volume hp eror adalah :

  1. Menggunakan speaker aktif pada saat sedang telepon
  2. Menggunakan headseat yang rusak atau tidak kompatibel
  3. Memencet tombol terlalu keras
  4. Karena sistem androidnya yang eror

Biasanya kalau sistem hp yang eror kamu bisa memperbaikinya dengan cara restart atau reset settings tanpa harus restart factory. Namun jika karena hardwarenya maka kamu harus membongkarnya terlebih dahulu.

Cara mengatasi volume hp eror

Cara ini bisa kamu terapkan sebelum membawa hp kamu ke service center. Kamu cek terlebih dahulu kira kira apa sih yang rusak dan bisa diperbaiki sendiri atau tidak.

Membersihkan Bagian Dalam HP

Jika sudah kamu restart dan tidak ada perbaikan yang signifikan, maka kamu bisa mencobanya dengan cara membersihkan bagian dalam hp.

Jadi dibutuhkan skil untuk bisa membuka casing belakang hp kamu dalam tutorial ini. Karena biasanya ada plat kuningan yang kendor atau menyangkut sehingga sudah tidak responsif lagi ketika ditekan.

Cara membersihkannya adalah :

  1. Persiapkan sedikit alkohol, kapas dan kain lap kering
  2. Pastika kondisi hp dalam keadaan mati, dan buka casing belakangnya. Kamu bisa mencari tutorial cara membuka casing belakang untuk jenis dan merek hp kamu.
  3. Teteskan sedikit alkohol pada cotton bud, dan cobalah untuk membersihkan bagian plat kuningan didaerah bagian tombol volume.
  4. Cek kembali apakah ada hal yang salah dalam penempatannya.
  5. Cek juga karet tombol yang ada pada casing hp belakang kamu apakah ada masalah atau tidak.
  6. Gunakan lap kering untuk membersihkan kembali sampai benar benar kering.
  7. Pasang kembali casing hp kamu dan hidupkan

Jika masih belum bisa, kamu bisa mencobanya menggunakan headseat dan atur volumenya dari headset tersebut apakah berfungsi normal atau sama saja.

Baca Juga >>> 8 Tips Cara Mengatasi Layar Flickering Pada Smartphone <<<

Demikianlah cara mengatasi volume hp naik turun sendiri tanpa ganti part sebelum kamu membawa ke service center kamu bisa menggunakan cara diatas tadi. Terima kasih

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *