8 Tips Cara Mengatasi Layar Flickering Pada Smartphone

Tipskerja.com – Flickering adalah penyakit yang sering terjadi pada hp smartphone, laptop dan layar komputer. Biasanya gajala yang timbul adalah dengan munculnya garis garis yang membuat layar menjadi terganggu. Awalnya hanya timbul 1 garis saja namun jika didiamkan akan muncul garis garis yang lebih banyak lagi. Berikut ini cara mengatasi layar flickering pada smartphone.Cara Mengatasi Layar Flickering Pada Smartphone

Ada banyak solusi yang bisa kamu lakukan. Namun jika flickering sudah terlalu parah maka jalan satu satunya adalah dengan mengganti lcd kamu dan diperbaiki. Jika gejala awal timbul maka kamu harus menggunakan cara dan tips berikut agar layar kamu tidak makin parah lagi.

Berikut Cara Mengatasi Layar Flickering Pada Smartphone Baik Untuk Android Ataupun Iphone :

  1. Download dan Install Aplikasi Anti Flickering

Kamu bisa memasang aplikasi anti flickering melalui google playstore secara gratis. Banyak aplikasi yang bisa membantu kamu dalam hal mengatasi masalah lcd atau screen pada hp. Coba aplikasi “LED Flicker Finder” atau “Screen Repair dan Calibrator” untuk melihat bagian layar mana yang mengalami masalah flickering.

Setelah kamu install maka kamu bisa mendeteksi bagian mana yang mengalami masalah. Lalu setelah menemukan letak pixel yang eror bisa langsung kamu repair dan perbaiki dengan 2 aplikasi tersebut.

  1. Cek dan Memperbaiki Melalui Developer Option

Cara yang kedua adalah dengan memperbaikinya melalui “Developer Option” Berikut caranya :

  • “Settings” atau Pengaturan
  • “About phone” klik pada “MIUI Version “ sebanyak 7 kali sampai terbuka “Developer Option”
  • Kembali lagi ke “Settings” atau “Pengaturan” lalu klik “Additional Settings”
  • Pada menu “Additional Settings” klik menu “Developer Options”
  • Pada menu “Developer Options” klik “Show Surface Update” geser menjadi biru tunggu beberapa detik saja kemudian geser kembali seperti sebelumnya.
  • Setelah itu geser atau klik tombol “Disable HW Overlay” untuk selalu menggunakan GPU untuk rendering layar.

Ini tadi cara mengatasi layar flickering pada smartphone android. Tiap merek HP memiliki masing masing menu yang berbeda beda namun tetap sama untuk namanya. Jadi cara ini bisa tetap dipakai.

  1. Aktifkan Fitur Anti Flickering atau Anti Banding Pada Smartphone

Setiap smartphone memiliki fitur anti flickering untuk mengatasi layar flickering pada HP. Hal ini untuk pencegahan dan pengamanan bila sewaktu waktu hp kalian mengalami kondisi layar bergaris garis seperti ini.

Jika flickering masih tergolong ringan, maka cara ini bisa sangat efektif untuk digunakan. Caranya dengan masuk ke aplikasi kamera kemudian cari tombol menu pengaturan atau setting.

Cari menu anti banding atau anti flickering pada menu yang sudah ada lalu atur skalanya menjadi 60 hertz dan bidik kamera sesuai dengan flickering yang terjadi pada layar kamu. Bidik pada aplikasi dilayar kamu menggunakan kamera secara urut sesuai dengan garis yang ada dilayar kamu.

  1. Melakukan ReBoot Smarphone Save Mode

Kamu bisa melakukan reboot pada hp untuk menghilangkan flickering garis pada layar. Namun yang menjadi masalah adalah semua aplikasi kamu yang sudah kamu install akan otomatis hilang. Cara yang perlu kamu lakukan adalah :

Tekan power dan tahan selama beberapa deting sampai muncul menu untuk mode reboot, power off, silent dan airplane. Lalu pilih mode reboot lalu tekan oke.

Setelah mengkonfirmasi ke mode reboot lalu tekan tombol oke. Setelah ini hp kamu akan kembali ke awal mula tampilan dasarnya dan layar yang sudah flickering bisa otomatis hilang.

Baca Juga >>> Cara Menelpon Nomor Yang Memblokir Kita, Whatsapp <<<

Cara Agar Flickering Di HP Tidak Menjadi Parah

  1. Hindari Dari Barang atau Ruangan Yang Memiliki Suhu Tinggi

Mendekatkan layar HP atau laptop pada suhu yang tinggi akan meningkatkan terjadinya flickering. Apalagi bagi kamu yang sering sering berada di ruangan yang memiliki suhu tinggi atau panas akan lebih cepat mempengaruhi layar hp kamu menjadi bergaris garis atau flickering.

Hindari smartphone kamu berada pada suhu yang tinggi atau panas overheating yang dapat menyebabkan layar nantinya akan mudah bergaris.

Jika suhu hp sudah panas atau ketika hp bekerja ekstra seperti multi tasking atau bermain game, ada baiknya untuk matikan terlebih dahulu atau hidupkan mode airplane sampai suhu kembali normal.

  1. Hapus Aplikasi Yang Bisa Menyebabkan Layar Flickering

Aplikasi yang terinstall dalam hp juga bisa menyebabkan layar LCD kamu menjadi cepat bergaris atau flickering. Penyebabnya adalah ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dimatikan dan terus menerus aktif meskipun kamu sudah mematikan hp.

Pilihlah aplikasi yang benar benar kamu pakai dan kamu gunakan manfaatnya saja untuk dipasang. Aplikasi yang jarang dipasang lebih baik di uninstall saja. Selain untuk meringankan GPU smartphone kamu cara ini juga untuk mencegar layar kamu menjadi flickering.

  1. Hindari Layar Terkena Paparan Cahaya Tinggi

Cara mencegah flickering selanjutnya adalah dengan tidak meletakkan layar HP kamu ditempat yang memiliki atau terkena paparan cahaya yang tinggi seperti terkena sinar matahari secara langsung.

Karena jika terkena paparan cahaya yang tinggi akan mempengaruhi layar lcd kamu menjadi cepat panas dan ketika dipakai akan memberikan efek pada sistemnya juga. Jadi selalu lindungi layar kamu agar tidak terkena cahaya matahari langsung.

  1. Mematikan Mode Perubahan Cahaya Otomatis

Ada fitur yang dimiliki oleh seluruh smartphone yang ada, yaitu mode perubahan cahaya otomatis. Jadi pada saat dalam ruangan yang gelap maka layar akan otomatis berubah menjadi sedikit cahaya agar tidak merusak mata. Begitu pula sebaliknya, jika pada ruangan yang terang maka layar akan memancarkan cahaya yang lebih terang.

Fitur ini akan memicu kerusakan pada layar lcd hp kamu karena layar akan terlalu sering berganti ganti dari terang menjadi redup setiap saat. Maka ada baiknya untuk menonaktifkan mode ini saja dan memilih ke mode manual.

Baca Juga >>> Cara Menyimpan Video Dari Fb Ke Galeri Dengan Atau Tanpa Aplikasi <<<

Penutup

Itu tadi beberapa cara mengatasi layar flickering pada smartphone yang mungkin bisa berguna bagi kamu yang saat ini sedang mencara solusi agar masalah flickering pada layar kamu kembali menjadi normal. Silahkan mencoba dan semoga beruntung.

 

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *