Karir dan Cara Menjadi Psikolog Profesional

cara menjadi psikolog

Psikolog adalah ilmu akademis yang mempelajari tentang studi perilaku mental, perasaan dan pemikiran seseorang. Cara menjadi psikolog yang paling mudah adalah dengan mendaftarkan diri di pendidikan psikologi untuk awalnya. Namun apakah hanya itu saja jika ingin menjadi psikolog yang profesional?

Psikolog juga sangat dibutuhkan diberbebagai perusahaan. Kualifikasi untuk posisi HRD didalam perusahaan juga haruslah dari bidang psikologi. Namun, apakah kamu sudah menentukan bagaimana karir yang sesuai untuk menjadi psikolog?

Tugas Dan Tanggung Jawab Psikolog

Tidak hanya di perusahaan, psikolog juga berperan dalam masalah sosial. Ada yang menyebutkan bahwa psikolog juga salah satu dokter. Lebih tepatnya adalah dokter mental dengan menggunakan metode yang ilmiah.

Tugas seorang psikolog adalah :

  • Menyelesaikan masalah stres klien
  • Mengatasi penyakit kecanduan terhadap sesuatu hal yang negatif
  • Mendiagnosis seseorang terhadap kondisi yang diterimanya
  • Mengatasi depresi diri
  • Mengatasi rasa minder dan tidak percaya diri

Secara umum seorang psikolog juga memberikan solusi terhadap masalah mental yang dialamai oleh masyarakat.

Adapun spesialis yang nantinya diambil oleh seorang psikolog jika ingin menangani kasus yang lebih spesifik lagi seperti psikolog pendidikan, psikolog medis dan klinis serta banyak lainnya mengenai spesialis psikolog.

Kemampuan Yang Harus Dimiliki

Cara menjadi psikolog adalah kamu harus memiliki kemampuan dan ketramplian individu yang dapat diandalkan. Jadi peran softskill sangat dibutuhkan dalam peran ini.

Ini dikarenakan banyak orang yang akan bergantung terhadap psikolog untuk mengatasi masalah mental yang dideritanya. Berikut kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang psikolog :

  • Mampu menjadi pendengar yang baik
  • Memiliki empati yang tinggi terhadap klien
  • Memiliki keahlian pendekatan personal yang baik terhadap lingkungan dan invidu seseorang
  • Memiliki komunikasi yang dapat diterima oleh seseorang
  • Pengambilan keputusan yang tepat
  • Memiliki sifat antusias terhadap berbagai kasus
  • Mampu memberikan ide yang dapat diterima
  • Memiliki pengetahuan dibidang lingkungan sosial dan bidang secara umum

Mendapatkan Gelar dan Kualifikasinya

Untuk mendapatkan kualifikasi dan gelar untuk bidang ini, tentunya kamu harus memiliki gelar sarjana dan pascasarjana khusus untuk spesialisasi kebidang psikolog apa.

  • Gelar Sarjana – didapatkan dengan memilih jurusan psikologi dengan standar akreditas yang terbaik di universitas yang terbaik pula
  • Gelar Pascasarjana – didapatkan untuk gelar S2 dari psikolog dengan waktu 3 tahun pendidikan distudi ilmu ini. Untuk spesialisasinya kamu bisa memilih ingin masuk ke spesialis apa
  • Spesialis Klinis – Spesialis ini membantu dalam mengatasi masalah mental dan fisik yang contohnya adalah kecanduan hal negatif, depresi atau stres yang terlalu berlebihan hingga kecemasan akan sesuatu hal. Psikolog spesiali klinis biasanya akan banyak bekerja di sektor kesehatan.
  • Spesialis Kesehatan – Seperti mensupport orang yang sedang dalam masalah kesehatan sehingga terganggu akan mentalnya. Bekerja di rumah sakit dan klinik serta di perusahaan K3
  • Spesialis Pekerjaan – ini adalah sepesialis psikolog didalam suatu organisasi perusahaan untuk membantu memotivasi semangat kerja karyawan. Bekerja di bagian perindustrian dan publik
  • Spesialis Pendidikan – Membantu dalam tumbuh kembang anak anak dalam mengatasi masalah emosional ditingkat remaja. Bekerja di bidang jasa pendidikan atau konseling anak.
  • Spesialis Neuro – Menangani masalah cedera otak yang bersifat traumatis, tumor, stoke atau penyakit saraf lainnya. Bekerja di purat rehabilitas kesehatan

Cara Mendapatkan Karir Pertama Sebagai Psikolog Yang Profesional

Mendapatkan tugas dan karir dibidang psikolog terbilang gampang gampang susah karena memang ada banyak kompetisi didalamnya.

Jika kamu sudah lulus dalam menjalani gelar sarjana dan tidak ada rencana untuk menempuh pendidikan pascasarjana, maka ada baiknya untuk mendapatkan pengalaman kerja dengan secepatnya tanpa memilih milih pekerjaan yang diterima sebagai psikolog.

Ini akan membantu kamu dalam mendapatkan portofolio awal dalam berkarir sebagai seorang psikolog. Buatlah beberapa koneksi dengan psikolog profesional yang terlibat dengan pekerjaan pertama kamu. Gali informasi serta bagaiama mengembangkan karir untuk awal mulai.

Jika kamu ingin melanjutkan ke pascasarjana, maka coba kenali lebih jauh mengenai spesialis apa yang ingin kamu tempuh agar benar benar karirmu terbuka. Karena psikolog spesialis hanya akan dibutuhkan ditempat tertentu saja sesuai dengan bidang kerjanya.

Bukalah kesempatan untuk membuat beberapa konseling gratis atau bekerja sama dengan beberapa lembaga sosial untuk mendapatkan kesempatan menambah ilmu serta memperluas jaringan karir kamu kedepannya.

Ambil kesempatan magang atau kontaklah dari tutor atau mentor dari universitas kamu sebelumnya belajar. Ambil kesempatan menjadi konsultan juga bisa menjadi rekomendasi kamu untuk memulai dibidang psikolog. Ini merupakan cara menjadi psikolog yang bisa kamu coba dan terapkan.

Penutup

Jika kamu sudah memutuskan untuk memilih program karir yang terbaik khususnya dibidang psikolog, maka cobalah untuk benar benar menjadi ahli dibidangnya. Banyak cara menjadi psikolog yang hebat dan profesional.

Namun memang dibutuhkan kerja keras dan banyak berbuat sosial dalam menekuni bidang ini.  Untuk gaji seorang psikolog juga akan mengikuti dari banyaknya portofolio serta pengalaman kerja anda. Terima kasih sudah membaca artikel kami.

Baca Juga >>> Tips dan Contoh Soal Psikotes Serta Trik Menghadapinya <<<

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *