Contoh Ceritakan tentang Diri Anda Bahasa Inggris dan Artinya

Ceritakan tentang Diri Anda Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Dari manapun asal Negara kita, kita harus bisa berbahasa Inggris, setidaknya bahasa Inggris dasar. Kita bisa mulai belajar dari menceritakan diri sendiri dengan menggunakan bahasa Inggris. Pasalnya, sering kita jumpai pertanyaan ceritakan tentang diri anda bahasa Inggris. Atau dalam interview bahasa Inggris, penanya akan memberikan perintah “Tell me about yourself!”. Setelah membaca artikel ini, diharapkan kalian tidak bingung lagi jika disuruh bercerita tentang diri sendiri menggunakan bahasa Inggris.

Menceritakan tentang Diri Sendiri saat Interview Kerja

Saat wawancara kerja, penanya pasti akan menyuruh untuk menceritakan tentang diri anda. Meski kelihatannya mudah, namun butuh persiapan matang. Apalagi jika interview dilakukan dalam bahasa Inggris. Jika penanya menyuruh ceritakan tentang diri kalian dalam bahasa Inggris, berikut contoh yang bisa kalian ikuti:

“Well! Thank you for this opportunity. I will try to tell about myself. I am Muhammad Atqa and you can call me Atqa. I was born in Yogyakarta, on 21 July 1991. I have some experiences in working at some popular companies. Right now, I am managing a personal blog about current information and issues that happen in Indonesia. I love writing and I am good at English both active and passive. I think that is all. Thank you!”

Artinya:

“Baiklah! Terima kasih atas kesempatan ini. Saya akan mencoba menceritakan tentang diri saya. Saya Muhammad Atqa dan bisa dipanggil Atqa. Saya lahir di Yogyakarta, 21 Juli 1991. Saya punya berbagai pengalaman bekerja pada beberapa perusahaan terkenal. Saat ini, saya sibuk mengurus blog pribadi tentang informasi-informasi dan permasalahan-permasalahan terbaru yang ada di Indonesia. Saya suka menulis dan saya mahir berbahasa Inggris baik aktif san pasif. Saya rasa cukup sekian. Terima kasih.”

Menceritakan diri anda harus sesuai dengan konteksnya. Artinya, harus ada hubungan antara yang diajak bicara dengan yang dibicarakan. Misalnya, ketika hendak menceritakan diri sebagai murid baru, maka kalian perlu bercerita tentang sekolahmu yang dulu. Sebagai contoh:

“I graduated from Proklamasi 45 Senior High School. I continue my study to State Islamic University and take English Department because i want to be an English teacher.”

Artinya: “Saya lulus dari SMA Proklamasi 45. Saya melanjutkan pendidikan ke Universitas Islam Negeri dan mengambil jurusan Bahasa Inggris karena saya ingin menjadi guru bahasa Inggris.”

Lain halnya jika kalian disuruh menceritakan tentang diri anda saat interview pekerjaan, maka yang perlu kalian tonjolkan adalah kemampuan dan kelebihan kalian. Contohnya adalah berikut ini:

“My bachelor degree suits to this job requirement. I also learned English for 4 years so that I can speak English fluently. I think my English skill will be very useful for the position I apply.”

Artinya: “Gelar sarjana saya sesuai dengan apa yang disyaratkan pada pekerjaan ini. Saya juga pernah belajar bahasa Inggris selama 4 tahun sehingga saya bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Saya rasa kemampuan bahasa Inggris saya akan sangat bermanfaat untuk posisi yang saya inginkan’”

Setelah melihat contoh-contoh di atas, kini kalian tak perlu lagi bingung saat disuruh ceritakan tentang diri anda bahasa Inggris. Semoga bermanfaat. 

Baca Juga >>> Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda Saat Interview <<<

Menceritakan Profil Pribadi dalam Bahasa Inggris

Ketika diperintah untuk ceritakan tentang diri anda dalam bahasa Inggris, paling umum adalah menceritakan profil pribadi. Berikut adalah contoh beserta artinya:

“Good Morning!

In this chance, allow me to tell about myself. My name is Muhammad Atqa and I am the first of 4 children. I was born in Yogyakarta, on 21st of July 1991. Currently, i love on Godean Street, Yogyakarta.

Speaking of a hobby, writing belongs to one of my hobbies. I love writing since Elementary School and now I have write 5 novels. I have a dream to be a famous novelist. Hopefully my dream will come true in the future.

I have 3 siblings. All of them are still in high schools. My father works as a teacher whereas my mother works as a nurse in a hospital. I think that is all I can say about me. Thank you so much for your attention.”

Artinya:

“Selamat pagi!

Pada kesempatan ini, perkenankan saya untuk menceritakan tentang diri saya. Nama saya Muhammad Atqa dan saya adalah anak pertama dari 4 bersaudara. Saya lahir di Yogyakarta pada 21 Juli 1991. Saat ini, saya tinggal di Jalan Godean, Yogyakarta.

Berbicara tentang hobi, menulis adalah salah satu hobi saya. Saya suka menulis sejak SD dan sekarang saya sudah menulis 5 novel. Saya punya impian menjadi penulis novel yang terkenal. Semoga impianku ini menjadi kenyataan kelak di masa depan.

Saya punya 3 saudara kandung. Semuanya masih berada di sekolah menengah. Ayah saya bekerja sebagai guru sedangkan ibu saya bekerja sebagai perawat di sebuah rumah sakit. Kurasa itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai diri saya. Terima kasih banyak atas perhatiannya.”

Baca Juga >>> Contoh Pertanyaan Untuk User Saat Interview <<<

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.