Harus Tahu ! Algoritma Dan Cara Server Grab Memberi Order

cara server grab memberi order

Cara server grab memberi order harus kamu ketahui. Pasalnya ini akan sangat mempengaruhi dalam pemasukan kamu sebagai mitra grab. Banyak orang yang bertanya bagaimana cara meningkatkan orderan, serta bagaimana sistem algoritma grab dalam menentukan order dari konsumen ke mitra grab.

Jika kamu mengetahui bagaimana cara kerja algoritma grab, maka ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi orderan sepi grab. Bahkan kamu bisa memperbaiki akun grab gagu tanpa menggunakan aplikasi pendeteksi orderan grab yang ilegal.

Berikut kita akan bahas satu persatu mengenai cara kerja sistem dalam menentukan driver siapa yang akan mendapatkan notifikasi dari penumpang terlebih dahulu.

Update Algoritma ! Cara Server Grab Memberi Order

Sampai saat ini grab terus berusaha untuk mengupdate sistem algoritma dimana sering terjadi bug atau kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak. Karena tidak dipungkiri lagi banyak juga oknum mitra grab yang berbuat curang agar tarikan order lebih gacor dari yang lain.

Jadi upaya grab adalah terus melakukan update untuk menutupi hal tersebut. Kamu sebagai salah satu mitra grab juga bisa membantu grab jika mengetahui ada bug atau bentuk kecurangan yang terjadi dilapangan. Sehingga tidak ada lagi yang melakukan akal akalan dalam merekayasa orderan grab kedepannya.

Ini yang harus kamu pahami terlebih dahulu, mengenai bagaimana sistem menerima permintaan dari penumpang kepada mitra grab. Berikut penjelasannya :

1. Alur Permintaan Dari Penumpang, Sistem dan Mitra Grab

Ini yang harus kamu pahami terlebih dahulu. Mengenai alur masuknya orderan dari penumpang menuju kesistem dan yang akhirnya sampai kepada aplikasi grab kamu sebagai driver. Permintaan dari penumpang masuk kedalam sistem server yang nantinya ada algoritma tertentu yang menyebabkan pemilihan mitra grab sebelum masuk ke aplikasi orderan.

Algoritma dasar yang masuk ke server selalu menggunakan rumus ini :

  • Ini yang menjadi faktor utama dilihat dari jaraknya. Maksudnya adalah jarak radius terdekat yang ada didalam lingkungan penumpang. Namun jika ada beberapa driver di jangkauan tersebut, maka sistem akan berlanjut ke algoritma selanjutnya.
  • Reputasi dan SOP. Yang menentukan berikutnya adalah dalam hal reputasi dari akun grab kamu. Jika kamu sering mendapatkan bintang 5 tanpa terkena pelanggaran seperti SOP atau di report oleh penumpang, bisa jadi kamu yang dipilih oleh sistem. Jika tidak maka masuk ke opsi berikutnya.
  • Berdasarkan Mapping. Jika jarak kamu dekat dengan penumpang tapi untuk menjangkaunya kamu harus mutar balik arah jika sesuai google map, maka bisa jadi kamu bukan yang terpilih oleh sistem. Tau kan maksudnya ? jadi meskipun kamu dekat, tapi kamu berada di sebrang jalan dari mapping google maka sistem akan memberikan orderan kepada mitra yang berada di jalan searah.
  • Kesiapan Mitra Grab. Maksudnya adalah sistem lebih menyukai driver grab yang sedang berkendara ketimbang driver yang standby hanya menunggu atau berdiam diri disatu tempat saja. Karena sistem mendeteksi bahwa driver yang sedang berkendara adalah driver yang sudah siap menerima penumpang.
  • Orderan Sebelumnya. Jika kamu sudah menerima orderan sebelumnya, dan jarak mengantarnya jauh, maka sistem akan otomatis mengistirahatkan kamu selama 5 menit untuk mendapatkan orderan lagi. Namun hal ini tidak berlaku jika keempat syarat diatas tidak terpenuhi.

Faktor yang mempengaruhi selanjutnya juga untuk driver yang suka pilih pilih orderan. Biasanya akan di cap jelek oleh sistem karena terlalu sering cancel orderan karena jauh atau alasan lainnya. Jadi usahakan untuk tidak pilih pilih orderan yang datang ke kamu.

Ini untuk memberikan informasi kepada sistem bahwa kamu selalu siap ketika dipilih dan menunjukkan bahwa kamu adalah driver full time yang selalu siap sedia. Kamu harus ingat, bahwa grab ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Maka dari itu kamupun harus siap dalam melakukan pelayanan kepada penumpang kapanpun ada orderan masuk.

2. Grab Prioritas

Ada fitur yang digunakan oleh grab yang bernama Grab prioritas. Kamu juga bisa mengaktifkan order prioritas ini langsung dari aplikasi. Namun ada juga cara yang paling ampuh, yaitu mengikuti setiap event atau aturan yang sedang diberlakukan di grab.

Sebagai contoh, sewaktu awal grab diluncurkan ada event dimana mitra grab yang tidak keberatan menambahkan iklan spanduk pada belakang motor merupakan driver yang menjadi prioritas lebih besar mendapatkan penumpang.

Contoh lainnya adalah pada saat terjadi pandemi corona di 2020 ada pendaftaran bagi driver yang ingin mendapatkan shield untuk pengamanan penumpang. Ini akan menjadi prioritas ketika kamu bisa mendapatkan event event seperti ini.

Untuk grabfood juga berbeda. Jika kamu terpilih sebagai grabfood terbaik maka kamu akan mendapatkan tas yang bisa menampung makanan orderan didalamnya. Hal ini yang nantinya akan membuat kamu menjadi prioritas ketika ada orderan grabfood datang dibanding dengan driver grab lainnya.

3. Tidak Punya Reputasi Jelek

Reputasi jelek bukan hanya dari penumpang. Melainkan bisa juga dari driver yang dengan sengaja menggunakan cara ilegal dalam membuat akun menjadi lebih gacor. Misalnya dengan menginstal aplikasi seperti fake gps atau aplikasi tuyul lainya.

4. Update Aplikasi Yang Resmi Disediakan Oleh Grab

Untuk yang selanjutnya adalah sistem akan membaca mana saja driver yang sudah update aplikasi. Karena tentunya akan ada update algoritma setiap ada perubahannya. Jika kamu selalu mengikuti update aplikasi maka tentunya kamu menjadi order prioritas grab ketika server grab memberi order penumpang kepada aplikasi kamu.

Namun ada juga yang sama saja ketika melakukan ini setiap saat ketika update. Hal ini disebabkan bisa saja hp yang kamu gunakan sudah pernah di root atau jail break atau menggunakan aplikasi ilegal sebelumnya. Untuk mengatasinya kamu bisa reset factory hp kamu dan lakukan instal ulang kembali.

5. Ping Server Grab

Kamu bisa melakukan ping ke server grab langsung untuk mengetahui apakah aplikasi kamu tersambung ke server atau tidak. Hal ini untuk memastikan bahwa aplikasi kamu tetap aktif dan selalu siap sedia.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ping tool pro dan masukkan apn server grab ini. alamat server grab driver yaitu ns100.webnic.cc

Perlu diingat bahwa terkadang server grab akan berubah ubah, maka dari itu kamu harus selalu update kambali atau bisa mengikuti kami untuk update terbarunya. Cara ini hanya untuk mengetahui saja apakah hp dan internet kamu terhubung dengan server grab atau tidak.

Jika tidak terhubung maka ada yang salah dengan koneksi atau hp kamu. Ini juga menjadi penyebab bagaimana grab memberi order kepada grabbike.

Baca Juga >>> Aplikasi Untuk Cepat Dapat Order Grabbike, Gojek Atau Maxim <<<

Cara Mengatasi Server Grab Agar Terus Mendapatkan Orderan

Disitus resmi grab sudah dijelaskan secara terperinci mengenai bagaimana mendapatkan orderan yang legal, baik dan disukai oleh sistem dan algoritma grab. Caranya adalah :

panduan mengapa saya tidak mendapat orderan grab

a. Top Up Saldo Dompet

Usahakan untuk selalu sedia top up isi ulang saldo dompet kredit kamu untuk memenuhi perkiraan seharian dalam menerima orderan. Jadi pastikan untuk saldo dompet cukup untuk digunakan. Tidak ada perkiraan berapa nominalnya. Karena tiap akun pastinya akan berbeda beda tergantung dari sering tidaknya orderan yang masuk atau saldo yang keluar masuk dompet.

b. Aplikasi GrabDriver Yang Selalu Online

Pastikan untuk selalu online dalam menggunakan aplikasi grabdriver. Usahakan untuk tidak membuka aplikasi lain ketika menggunakan aplikasi grab agar sistem memastikan bahwa kamu dalam kondisi siap menerima orderan.

c. Akun Tidak Dibekukan

Pastinya ketika kamu melanggar kode etik grab, maka akun kamu akan dibekukan sementara. Jadi usahakan untuk selalu mengikuti aturan dari Grab.

d. Tidak Menggunakan HP Yang Dimodifikasi

Seperti yang kita bahas sebelumnya, bahwa handphone yang sudah dimodifikasi tidak disarankan oleh grab untuk digunakan. Contohnya seperti root handphone. Karena biasanya penggunaan hp yang sudah di root adalah untuk tindakan ilegal kepada suatu aplikasi.

e. Mengaktifkan Semua Layanan Grab

Ini juga menjadi salah satu saran grab agar orderan kamu tetap terjaga dan baik. Yaitu tidak pilih pilih layanan dalam menggunakan grab dan lebih bagus untuk mengaktifkan semua layanannya.

f. Menggunakan Heat Maps Grab

Grab sudah memberikan fitur untuk mempermudah driver dalam membaca area mana saja yang banyak terjadi orderan oleh penumpang. Fitur ini bisa kamu aktifkan dengan mudah melalui menu pengaturan didalam akun.

g. Mengaktifkan Order Prioritas

Agar sistem membaca bahwa kamu seorang driver full time, maka kamu harus mengaktifkan fitur order prioritas untuk memperbesar peluang mendapatkan orderan yang masuk.

h. Performa Penyelesaian Orderan Baik

Kamu harus menerima dan menyelesaikan semua orderan yang sudah masuk ke aplikasi kamu. Dengan begitu sistem algoritma akan membuat reputasi performa kamu menjadi meningkat. Jadi jangan pernah pilih pilih orderan yang masuk.

Baca Juga >>> Cara Mengaktifkan Akun Grab Driver Yang Dibekukan Dan Penyebabnya <<<

Penutup

Itu tadi bagaimana dan cara server grab memberi order kepada mitranya. Jadi dengan ini kamu bisa tahu bagaimana sistem kerja dari algoritma grab dalam membagi orderan yang masuk. Maka dari itu kamu bisa lebih memaksimalkan untuk orderan selanjutnya.

Cara diatas ini bukanlah cara mutlak, karena pastinya akan ada update terus dari grab dan tetap saja pastinya akan ada pihak pihak yang ingin menggunakan cara curang. Apalagi ketika mereka menemukan bug dalam aplikasi grab driver ini.

Jadi disinilah peran kamu untuk membuat semuanya tetap adil. Jika kamu menemukan ada mitra grab yang berbuat curang, baik dari aplikasi atau lainnya kamu bisa langsung menghubungi pihak grab agar segera ditindak lanjuti. Dan yang terpenting kamu tidak ikut ikutan berbuat curang.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai cara kerja server grab memberi order masuk. Semoga bermanfaat dan semakin gacor lagi ya….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *