Cara Pindah BPJS Perusahaan Ke Mandiri Secara Online

cara pindah bpjs perusahaan ke mandiri secara online

Cara pindah BPJS perusahaan ke mandiri secara online yang sebenarnya tetap harus kamu jalani dengan cara offline dan datang langsung ke kantor BPJS kesehatan yang ada di kotamu. Atau jika kamu ingin lebih tahu mengenai cara merubah bpjs kesehatan dari perusahaan ke pribadi secara online bisa langsung menghubungi call center yang ada di BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan Care Center 1500400 atau bisa langsung ke nomor telepon BPJS kantor yang sesuai dengan daerah kamu untuk info selengkapnya. Karena sampai saat ini pengurusan BPJS dari perusahaan ke mandiri tidak bisa dilakukan secara online karena harus menunjukkan beberapa berkas penting.

Nah kali ini kita akan membahas mengenai cara pindah bpjs kesehatan perusahaan ke pribadi beserta pertanyaan yang sering diajukan oleh karyawan yang sedang mengajukan resign dari kantor sebelumnya.

Cara Pindah BPJS Perusahaan Ke Mandiri

Biasanya pengurusan pindah BPJS kesehatan ini berkaitan dengan pindahnya pekerjaan atau alasan resign kerja dan tidak bekerja lagi di perusahaan awal mendaftar. Terkadang ada perusahaan dimana jika kamu sudah resign kerja, maka BPJS tidak di nonaktifkan dan umumnya sesuai prosedur kamu akan terkena denda pembayaran

Maka dari itu kamu wajib mengurus BPJS kesehatan atau bertanya kepada HRD perusahaanmu sebelumnya mengenai apakah BPJS sudah dinonaktifkan atau dialihkan menjadi pribadi atau mandiri.

Sebelum ke langkah, alur dan beberapa persyaratan pindah BPJS perusahaan ke mandiri secara online ini, kita akan membahas mengenai pertanyaan yang sering ditanyakan orang orang mengenai BPJS ini bagaimana, seperti :

Apakah wajib punya BPJS kesehatan setelah resign kerja ?

Sebenarnya kepesertaan JKN KIS ini bersifat wajib dan masa berlakunya adalah seumur hidup. Namun kamu juga berhak untuk menonaktifkan kepesertaan BPJS Kesehatan ini secara mandiri dan tidak dikenakan denda setelahnya.

Berapa Lama BPJS Kesehatan Non Aktif Setelah Resign Bekerja ?

Status kepesertaan karyawan yang resign atau di PHK yaitu 6 bulan lamanya tanpa dikenakan pembayaran iuran. Biasanya perusahaan masih memiliki kewajiban untuk membayarkan iuran BPJS selama 6 bulan sejak di PHK. Namun bagi yang resign perusahaan akan mencabut BPJS sebulan setelah karyawan resign.

Cara mengecek apakah BPJS aktif atau tidak setelah keluar kerja

Kamu bisa mengeceknya langsung melalui website bpjs kesehatan checking. Isi semua kolomnya dan lakukan Cek status kepesertaan. Maka semua informasi akan keluar disana.

Selanjutnya adalah mengenai apa saja syarat yang diperlukan ?

Baca Juga >>> 7 Cara Mengecek BPJS Kesehatan Penerima Upah <<<

Persyaratan Mengubah BPJS Perusahaan Ke Mandiri atau Pribadi

Kamu wajib tahu beberapa persyaratan untuk mengurus pindah BPJS perusahaan ke mandiri secara online untuk tahu apa saja berkas yang harus kamu bawa sebelum menuju ke kantornya. Berikut ini beberapa persyaratan berkas lampiran yang harus kamu siapkan terlebih dahulu :

  • Copy Kartu Keluarga, KTP beserta dengan aslinya
  • Buku rekening tabungan bank asli dan fotokopiannya
  • Surat keterangan pindah kerja atau surat resign pengunduran diri dari perusahaan sebelumnya
  • Formulir pindah kepesertaan (bisa didapatkan di kantor BPJS terdekat)
  • Form pengisian untuk persetujuan autodebet
  • Materai 6000 untuk tanda tangan formulir diatas.

Setelah membawa persyaratan diatas, kamu bisa menuju ke kantor BPJS dan ambil nomor antriannya. Atau kamu bisa bertanya terlebih dahulu kepada petugas satpam yang ada didepan untuk menanyakan bagaimana alurnya. Lebih jelasnya baca dibawah ini :

Alur Proses Mengurus Perubahan BPJS Perushaaan Ke Pribadi

Untuk selanjutnya adalah mengenai proses mengurus perubahan BPJS kesehatan ini di kantor terdekat yang ada di kotamu:

  • Membawa berkas yang dibutuhkan diatas
  • Mendatangi Kantor BPJS Kesehatan
  • Bertanya kepetugas BPJS untuk bertanya keperluan kamu dan mengambil nomor antrian
  • Mendapatkan formulir dan isi sesuai dengan kolom yang disediakan
  • Isi juga form pengajuan mandiri dan form autodebet yang ada tanda tangan materainya
  • Serahkan ke loket dan tunggu nomor antrian dipanggil
  • Menunggu proses yang dikerjakan oleh petugas, usahakan untuk bertanya sejelas jelasnya di sini kepada petugas
  • Pengurusan perpindahan status bpjs sudah selesai

Dengan begitu setiap tanggal yang ditetapkan kamu nantinya diharuskan untuk melakukan pembayaran dengan tepat waktu. Dan jika telat otomatis akan terkenda denda sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pengurusan proses diatas hanya membutuhkan waktu 10-15 menit. Namun biasanya yang membuat lama adalah menunggu antriannya saja.

Tarif Untuk Iuran Setiap Kelasnya

Untuk besaran tarifnya adalah :

  • Kelas I dikenakan biaya Rp 160.000 / orangnya / bulannya
  • Kelas II Rp 105.000
  • Dan Kelas III sebesar Rp 51.000 perbulannya

Biaya diatas sudah masuk update iurang yang terbaru dan memang mengalami kenaikan tarif pembayarannya sesuai dengan undang undang yang disahkan.

Baca Juga >>> Pengalaman Cara Kabur Dari Pinjaman Online Ilegal <<<

Penutup

Itu tadi cara pindah bpjs perusahaan ke mandiri secara online yang ternyata belum bisa kamu lakukan secara online karena ada beberapa berkas yang harus kamu lampirkan sebelumnya. Memang merepotkan, namun ini mencegah miss komunikasi antara peserta dengan pihak bpjs karena bisa ditanyakan lebih detail dengan petugas yang ada di kantor.

Terima kasih sudah membaca mengenai pindah bpjs perusahaan ke mandiri ini, semoga artikel kami bisa bermanfaat dan selamat mencobanya. Jika ada aturan yang berbeda atau informasi lainnya kamu bisa menuliskan dikolom komentar dibawah ini.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *