7 Cara Mengecek BPJS Kesehatan Penerima Upah

cara mengecek bpjs kesehatan penerima upah

Cara mengecek BPJS kesehatan penerima upah agar tahu mengenai status, tagihan dan juga nomor kepersertaan. BPJS kesehatan menjadi salah satu program pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan masyarakat indonesia.

Dan terkadang kita tidak tahu bagaimana cara cek bpjs kesehatan penerima upah karena banyaknya fasilitas yang masih tidak diketahui masyarakat. Karena jika kamu sudah didaftar melalui perusahaan baik itu PNS, Non PNS atau karyawan namun tidak tahu bagaimana cek nomor bpjs kesehatan penerima upah.

Hal ini sesuai dengan UU no 40 tahun 2004 pasal 1 mengenai kewajiban BPJS kesehatan. Biasanya besarannya adalah 5% dari jumlah gaji karyawan yang diterima, dengan 4 % menjadi tanggung jawab perusahaan terkait dan 1% menjadi tanggung jawab penerima upah.

Nah kita akan bahas mengenai cek kepesertaan bpjs kesehatan penerima upah melalui beberapa cara berikut ini :

Cara Mengecek BPJS Kesehatan Penerima Upah

Ada 7 cara untuk melakukan cek BPJS penerima upah aktif atau tidak. Kamu bisa mengeceknya apakah BPJS kesehatan yang didaftarkan oleh perusahaanmu sudah aktif atau tidak.

Beberapa caranya adalah seperti :

  • Website BPJS Kesehatan
  • Melalui aplikasi BPJS yang ada di playstore
  • SMS ke nomor khusus untuk melakukan cek bpjs penerima upah
  • Telepon ke CS BPJS Kesehatan
  • Langsung melalui ATM
  • Cek melalui Whatsapp chating
  • Datang ke kantor BPJS kesehatan yang ada di kota kamu

Kita akan bahas satu persatu mengenai caranya. Berikut ulasannya :

1. Melalui Website BPJS Kesehatan

Dengan mengakses website BPJS kesehatan banyak fitur yang bisa kamu lakukan seperti cek status penerima upah, cek tagihan dan lain lainnya. Namun perlu diingat bahwa untuk melakukan cek bpjs kesehatan penerima upah online kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan kartu akan aktif dalam jangka waktu 14 hari.

Berikut langkah langkahnya :

  • Buka pada web browser di laptop atau handphone kamu
  • Masukkan alamat BPJS-Kesehatan.go.id
  • Isi dan login menggunakan nomor kartu BPJS yang sudah kamu daftarkan terlebih dahulu. Nomor terletak pada kartu BPJS Kesehatan.
  • Isi tanggal lahir, dan angka validasi. Kemudian pilih Cek untuk melihat status kartu penerima upah kamu.
  • Pada menu ini kamu bisa tahu semua mengenai informasi dari akun yang didaftarkan di BPJS Kesehatan. Dari nomor peserta, cek saldo, status penerima upah bahkan sampai dengan jumlah anggota keluarga yang terdaftar didalamnya.

2. Aplikasi BPJS Kesehatan Online

Cara yang kedua adalah melalui aplikasi resmi dari BPJS Kesehatan. Sebelumnya kamu bisa download aplikasi ini melalui google playstore secara gratis. Aplikasi ini juga banyak fitur yang berguna bagi kamu. Karena melalui aplikasi ini kamu bisa melihat apa saja terkait dengan akun BPJS Kesehatan yang kamu daftarkan.

Jadi kamu bisa mengaksesnya dengan lebih mudah dan praktis. Caranya adalah :

  • Download dan instal terlebih dahulu aplikasi JKN Mobile di smartphone baik android maupun untuk IOS juga bisa.
  • Buka aplikasi kemudian login dengan akun kamu yang sesuai dengan kartu yang sudah didapatkan.
  • Buka menu utama cek atau tagihan untuk melihat informasi rincian tagihan dan lainnya
  • Kamu bisa eksplor lagi mengenai fitur yang ada didalam aplikasi JKN mobile ini.

Melalui aplikasi JKN Mobile ini kamu juga bisa cek fasilitas kesehatan terdekat, cek nomor bpjs kesehatan penerima upah sampai dengan cara pendaftaran PBPU BPJS Kesehatan. Selain itu kamu bisa cek sendiri fitur lainnya yang pastinya akan memudahkan kamu mencari informasi terkait akun kamu.

3. Melalui SMS Ke Nomor Resmi BPJS Kesehatan

Ini yang banyak orang tidak mengetahuinya. Karena memang jaman sekarang sangat jarang orang menggunakan SMS untuk melakukan kegiatan di smartphonenya. Namun ada nomor resmi dari BPJS Kesehatan yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan informasi mengenai akun kamu.

Caranya adalah :

  • Gunakan format dibawah ini. Pastikan kamu sudah tahu mengenai nomor NIK, NOKA, dan NIP sebelumnya untuk akses ke akun kamu. Formatnya adalah :
  • NIK (spasi) Nomor Kependudukan. Contoh “NIK 35745504101991”
  • NOKA (spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan. Contoh “NOKA 000312312434”
  • NIP (spasi) Nomor Induk Pegawai. Contoh “NIP 2332421231243”
  • Kirimkan sms tersebut ke nomor CS Layanan BPJS ke : 0877-7550-0400

Nantinya akan ada balasan dari CS terkait dengan informasi akun kamu. Atau jika kamu ingin cek apa saja pelayanannya kamu bisa langsung kirimkan SMS dengan format “HELP” kirim ke nomor 0877-7550-0400.

Untuk cek tagihan bpjs kesehatan penerima upah melalui SMS bisa dilakukan dengan format berikut:

  • Ketik “TAGIHAN (spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan”
  • kirim ke 0877-7550-0400
  • Contoh “Tagihan 123323523123”

4. Telepon ke CS BPJS Kesehatan Untuk Cek Penerima Upah Dan Lainnya

Ini juga jarang ada yang tahu karena memang layanan ini akan terkena pulsa tambahan. Namun keuntungannya kamu bisa langsung berbicara dengan CS yang siap untuk melayani. Caranya adalah :

  • Siapkan nomor yang sudah didaftarkan sebelumnya
  • Telepon ke nomor 1500400
  • Lalu tanyakan mengenai status atau tagihan dari akun yang kamu daftarkan.

Baca Juga >>> Perhitungan Potongan BPJS Ketenagakerjaan Mudah <<<
>>> Cara Membeli Kacamata Dengan BPJS Kesehatan <<<

5. Cara Cek Bpjs Penerima Upah Melalui ATM

Kamu juga bisa melakukan cek jkn penerima upah dan juga besarannya melalui ATM. Namun untuk cara ini hanya bisa digunakan untuk Bank yang sudah memiliki kerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan.

Biasanya untuk bank tertentu akan muncul pilihan atau menu BPJS Kesehatan untuk mengetahui terkait informasi akun yang kamu gunakan. Dengan hanya memasukkan nomor BPJS yang tertera di kartu kamu sudah bisa melihat informasi mengenai akun dan juga bisa membayarnya melalui ATM juga.

6. Melalui Aplikasi Whatsapp Chatting

Ini mungkin cara yang paling mudah dan tentunya semuanya bisa menggunakan cara ini. Karena kamu tidak perlu instal aplikasi tambahan dan bisa cek dimana saja dan kapan saja. Melalui pesan chat saja kamu bisa mengetahui bpjs penerima upah cek berapa dan informasi lainnya. Caranya adalah :

  • Simpan nomor BPJS Kesehatan terlebih dahulu di nomor 0811-8750-400
  • Kemudian kamu bisa masukkan nomor BPJS Kesehatan dan tunggu sampai ada petugas cs yang akan melayani kamu.

Baca Juga >>> Cara Aktifkan Bpjs Kesehatan Nonaktif Karena Premi <<<

7. Datang Ke Kantor BPJS Kesehatan Setempat

Ini cara yang paling membutuhkan tenaga ekstra. Pasalnya kamu harus melakukan antrian terlebih dahulu untuk bisa bertanya mengenai informasi akun penerima upah bpjs kesehatan.

Namun cara ini masih banyak yang memakainya karena kamu akan dijelaskan secara rinci oleh petugas kantor. Jadi sudah tidak ada keluhan lainnya selanjutnya. Jangan lupa untuk bertanya juga bagaimana cara cek bpjs kesehatan penerima upah online agar kedepannya kamu tidak perlu lagi antri dan datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Baca Juga >>> Cara Pindah BPJS Perusahaan Ke Mandiri Secara Online <<<

Penutup

Itu tadi 7 cara mengecek bpjs kesehatan penerima upah dengan mudah untuk mengetahui informasi terkait dengan akun kamu sebagai penerima upah. Cara diatas juga bisa digunakan untuk cek tagihan atau cek status aktif atau tidak.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai cek status bpjs kesehatan penerima upah melalui online. Semoga artikel kami bisa bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada keluhan lainnya tinggalkan di kolom komentar dibawah ini.

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *