Cara Membuat CV Di Google Drive Dokumen

Cara membuat cv di google drive atau google dokumen dengan sangat mudah. Kegunaan google drive dokumen memanglah sangat membantu disaat saat yang genting. Seperti kamu lupa tidak membawa laptop namun membutuhkan aplikasi microsoft word, maka kamu bisa membuka google dokumen pada hp kamu dan mulai menulis.

Lalu, apakah bisa membuat cv di google dokumen seperti di Ms word ? jawabannya tentulah sangat bisa karena memang google dokumen secara fungsi dan fiturnya hampir sama dengan Ms Word.

Namun kelebihannya adalah kamu bisa menulis secara langsung dan online dengan google dokumen di google drive. Karena bersifat online, maka kamu tidak perlu takut ketika tidak memiliki file simpanan atau lupa save file Ms word.

Jadi kamu bisa edit dimana saja, dan kapan saja menggunakan komputer atau hp. Namun yang sangat terpenting adalah harus memiliki koneksi internet untuk menghubungkannya. Kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara membuat CV yang baik di google dokumen.

Cara Membuat Cv Di Google Drive

Karena ini hampir sejenis dengan Ms Word, maka untuk fitur desainnya juga hampir sama dengan google dokumen. Ada 2 cara menggunakan google dokumen, yaitu menggunakan komputer atau laptop dan menggunakan handphone smartphone.

Namun untuk menggunakan google docs di hp, kamu memerlukan aplikasi yang bernama “Google Docs” yang harus kamu install di aplikasi play store terlebih dahulu.

Berikut ini kedua cara yang bisa kamu lakukan :

  1. Membuat CV di Google Dokumen Melalui Komputer

Tentu saja persyaratan yang harus kamu penuhi adalah memiliki akun google atau akun gmail. Berikut ini caranya :

  • Kamu bisa login ke akun gmail kamu terlebih dahulu.
  • Kemudian pilih logo icon titik yang ada di sebelah pojok kanan atas.

menemukan letak google dokumen di gmail

  • Jika sudah kamu akan dibawa ke aplikasi google dokumen atau google docs
  • Yang memudahkan kita dalam membuat CV di google docs adalah karena google docs sudah menyediakan template CV atau resume yang bisa digunakan langsung

template membuat resume di google docs

  • Isikan profile kamu seperti nama lengkap, data pribadi, pendidikan, pengalaman kerja dan lain lain di tempat yang sudah disediakan template tadi.

isikan profile cv kamu di template google docs

Hasilnya bisa kamu download atau bisa langsung kamu kirimkan melalui email HRD perusahaan.

Baca Juga >>> Contoh Surat Lamaran Kerja Di PT Sebagai Karyawan <<<

  1. Cara Membuat CV Di Google Dokumen Di HP

Cara yang kedua ini hampir sama saja dengan cara yang pertama. Yang berbeda adalah kamu harus download aplikasi google docs terlebih dahulu yang ada di google play store.

Jika sudah mendownload aplikasinya maka kamu bisa mengikuti langkah dibawah ini :

  • Buka aplikasi google docs, lalu klik tombol + yang ada di bagian bawah aplikasi

aplikasi google docs

  • Kemudian pilih “Choose Template” yang ada di sebelah bawah atau “New document” jika kamu mau membuat cv atau resume blank atau kosongan tanpa tamplate
  • Jika sudah kamu bisa memilih template mana yang kamu sukai untuk dijadikan cv atau resume kamu
  • Kemudian kamu tinggal klik salah satu template tersebut dan mulailah untuk edit cv kamu sesuai dengan tempat yang telah disediakan.

template membuat cv di google docs

Baca Juga >>> 7 Tips Susunan Surat Lamaran Kerja dan Strukturnya <<<

Penutup

Itu tadi cara membuat cv di google dokumen atau google docs dengan mudah karena google telah memberikan template yang bisa kamu gunakan secara langsung. Jika hanya edit desain cv atau resume dengan sederhana, kami rasa google docs sudah lebih baik dan banyak juga pilihan templatenya.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai cara buat cv dengan google dokumen dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *