Tips Lengkap Cara Melamar Kerja Di Linkedin

cara melamar kerja di linkedin

Cara melamar kerja di linkedin yang banyak orang tidak mengetahui bahwa aplikasi media sosial untuk para profesional ini juga menyediakan kolom job search yang bisa kamu gunakan untuk melamar kerja di suatu perusahaan secara tertarget.

Selain jobstreet, jobid, glints, kalibrr atau website penyedia berbagai lowongan kerja, ada satu media sosial yang bisa kamu gunakan untuk membangun karir kamu dan profile kamu secara profesional dan mendapatkan pekerjaan yang bernama linkedin.

Mengapa disebut media sosial? karena linkedin ini adalah platform yang berisikan orang orang profesional didunia kerja untuk saling terhubung satu sama lain. Tidak sedikit juga orang orang yang mencari klien, mencari partner bisnis, mempromosikan skill yang dimilikinya melalui platform ini.

Sangat banyak sekali HRD yang mencari tenaga kerja profesional dan memiliki pengalaman yang tinggi dengan menggunakan linkedin. Tidak juga bagi yang memiliki pengalaman kerja, bagi kamu yang masih fresh graduate juga bisa memanfaatkan linkedin untuk mencari lowongan kerja yang sesuai dengan keahlian kamu.

Kali ini kita akan membahas mengenai :

Cara Melamar Kerja Di Linkedin Yang Perlu Kamu Ketahui Secara Lengkap

Pembahasan kali ini tidak hanya menunjukkan bagaimana kamu apply lowongan kerja, namun juga bagaimana kamu membangun profile yang baik dan profesional agar hrd tertarik dengan sebelum melihat cv atau lamaran kerja kamu.

Yang perlu kamu ketahui, saat ini seorang HRD akan memeriksa media sosial yang kamu miliki seperti Facebook, Instagram, Twitter atau rekam jejak digital kamu selama ini untuk mengetahui bagaimana karaktek dan sifat kamu.

Hal ini tidak terlepas juga dengan akun linkedin kamu. HRD akan mengecek apakah kamu memiliki akun di linkedin atau tidak. Tentunya akan menjadi nilai tambah jika kamu memiliki akun di platform ini.

Berikut ini Step By Step Langkah Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Melamar Kerja di Linkedin :

  1. Membuat Profile Yang Profesional

Karena ini adalah media sosial, maka sangat penting sekali untuk kamu membuat tampilan profile atau bio kamu menjadi lebih baik dan terlihat profesional. Bagaimana bisa dilirik oleh HRD perusahaan jika profile yang kamu tampilkan terkesan main main dan tidak serius.

Usahakan untuk memperbaiki terlebih dahulu tampilan bio linkedin kamu sebelum mencari lamaran di menu job search. Karena ada beberapa lamara kerja yang bisa diproses langsung melalui fitur “Easy Apply”

Fitur ini tidak menggunakan website pihak ketiga yang biasanya proses lamaran kerja kamu di apply melalui website pencari kerja selain linkedin. Maka otomatis HRD akan melihat terlebih dahulu profil kamu sebelum memprosesnya mengikuti proses tes rekrutment.

Hal hal yang perlu kamu perbaiki dan lengkapi adalah :

  • Menggunakan email yang profesional sesuai dengan nama kamu / tidak alay
  • Pilih foto profile yang profesional dan yang paling menggambarkan diri kamu bahwa kamu siap bekerja (foto jangan terlalu formal)
  • Lengkapi pula minat kamu atau interest kamu dibidang apa agar hrd mengetahui bagaimana karakter kamu dan kesibukan kamu saat ini apa saja selain bekerja
  • Lengkapi pengalaman kerja kamu secara urut beserta dengan posisi dan jobdesknya.

Melengkapi pengalaman kerja ini sangatlah penting bagi sistem linkedin karena nantinya sistem akan mendeteksi mana lowongan kerja yang paling sesuai dengan kamu berdasarkan pengalaman kerja kamu sebelumnya.

Baca Juga >>> Cara Menjawab Interview Belum Punya Pengalaman Kerja Fresh Graduate <<<

Meski begitu bagi kamu yang masih fresh graduate bisa juga memasukkan pengalaman kerja kamu selama magang, pengalaman freelance, atau kerja praktek yang pernah kamu kerjakan pada saat kuliah sebelumnya.

  1. Selalu Update Dengan Biodata Kamu Di Linkedin

Cara melamar kerja di linkedin selanjutnya adalah selalu update biodata kamu sampai sekarang. Maksudnya adalah jika kamu saat ini sudah pindah kerja ke perusahaan baru maka kamu juga harus update dengan posisi kamu saat ini.

Kalau semisal kamu sudah bekerja, maka tulis di profile kamu bahwa kamu bekerja di perusahaan ini di bidang dan posisi apa beserta dengan jobdesk terbarunya.

Jika sudah tidak bekerja lagi maka kamu juga perlu update kembali menjadi unemployment di jabatan terakhir diperusahaan sebelumnya.

Ini sangatlah penting bagi HRD perusahaan yang melihat profile kamu untuk cek track record karir kamu apakah ada perkembangan atau sekedar mengetahui apa saja pengalaman kerja yang kamu miliki.

  1. Share CV di Home Profile Kamu

Tidak masalah jika kamu memposting CV kamu di home profile kamu, karena memang tujuan awal kita adalah bagaimana HRD melihat siapa diri kamu dan bisa mendapatkan pekerjaan impian kamu.

Jadi kamu juga harus memperbaiki CV kamu sebelum posting ke home profile linkedin. Sertakan juga keahlian kamu atau promosi diri secara singat mengenai siapa kamu, pendidikan kamu, pengalaman kerja, skill yang kamu kuasai dan lain lain selain menyertakan CV kamu.

Baca Juga >>> Tutorial Cara Melamar Kerja Secara Online <<<

  1. Add Connection HRD Berbagai Perusahaan

Jika semua profile kamu sudah tertata dengan baik dan lengkap, maka langkah selanjutnya adalah dengan menghubungkan hrd perusahaan yang menjadi target kamu dalam memilih karir di perusahaan yang kamu minati.

Caranya adalah :

  • Kamu bisa menemukan kolom search pada tampilan home Linkedin
  • Ketikan kata kunci “HRD” beserta “Nama Perusahaan” di kolom tersebut kemudian enter
  • Maka akan muncul nama nama karyawan di perusahaan tersebut yang bekerja sesuai dengan posisi HRD. Contoh “HRD Bank Muamalat”
  • Kamu bisa menghubungkan profile kamu dengan mereka dengan klik tombol “Connect”
  • Jika sudah tunggu sampai kamu menerima balasan untuk terhubung.

add conection di kolom search linkedin

Mengapa harus terhubung dengan hrd perusahaan ?

Alasannya adalah biasanya banyak hrd perusahaan yang memposting posisi yang sedang dibutuhkan diperusahaannya sebelum diposting kedalam website resmi perusahaannya atau website pencari kerja.

Jadi secara tidak langsung kamu sudah berada 1 langkah didepan daripada para pencari kerja lainnya. Jangan takut untuk tidak di approve oleh HRD karena mereka biasanya selalu membuka linkedin untuk terhubung dengan klien atau untuk membantu pekerjaan mereka.

Untuk contoh lowongan kerja yang di posting di halaman profile HRD perusahaan kamu bisa lihat gambar dibawah ini.

Usahakan untuk selalu add connection ke hrd perusahaan lainnya untuk mengetahui ada informasi apa selain di perusahaan yang kamu target.

Jika sudah terhubung dengan salah satu HRD perusahaan, maka kamu bisa melihat profile yang disertakan didalam biodata tersebut. Disini kamu bisa mengetahui alamat email, bahkan sampai nomor telep HRD tersebut.

Jika kamu sudah mengetahui alamat emailnya, maka kamu bisa melamar kerja langsung dengan mengirimkan email kepada hrd.

Baca Juga >>> CARA MELAMAR KERJA VIA EMAIL <<<

  1. Cari Lowongan Kerja Di Menu JOB Search

Jika sumua langkah diata sudah kamu lakukan dan runtut, selagi menunggu feed back dari HRD yang kamu hubungi. Kamu juga bisa menemukan job lowongan kerja di menu job search yang ada di linkedin.

Ada banyak lowongan kerja yang bisa kamu cari dikolom halaman ini. Dan kamu bisa mencarinya berdasarkan posisi yang inign kamu lamar, perusahaan, bahkan sampai dengan lokasi penempatan kerjanya juga.

Caranya adalah :

  • Klik salah satu lowongan kerja
  • Lihat jobdesk-nya dan kualifikasinya apa saja
  • Kemudian pilih “Apply” dan kamu akan diarahkan ke website lain untuk melamar kerja di website tersebut.
  • Ada beberapa lowongan yang menggunakan “Easy Apply” di lowongan kerjanya dan kamu harus mengisikan notes mengenai mempromosikan diri kamu sebanya 250 kata saja.

mencari lowongan kerja di linkedin menu job search

Baca Juga >>> Contoh Kalimat Promosi Diri Lamaran Kerja <<<

Mudah bukan melamar pekerjaan di linkedin ? kamu bisa menggunakan media ini untuk mendapatkan pekerjaan selain website penyedia lowongan kerja seperti jobstreet dan yang lainnya.

Penutup

Itu tadi beberapa cara melamar kerja di linkedin secara lengkap yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan karir sesuai dengan apa yang kamu impikan.

Semoga artikel mengenai cara melamar di linkedin ini bisa bermanfaat dan membantu kamu ya, semoga sukses dan selamat mencobanya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *