5 Tips Jawaban Apa Cita Cita Anda Saat Interview Kerja

jawaban interview apa cita cita anda

Ada ada saja pertanyaan pada saat interview kerja berlangsung. Mulai dari pertanyaan yang menjebak, personal, bahkan pertanyaan yang tidak pernah terfikirkan oleh kita yaitu mengenai cita cita kita kedepannya. Berikut tipskerja akan memberikan beberapa jawaban interview apa cita cita anda ? Mesikpun terdengar remeh, tapi ada maksud tersendiri yang ingin diketahui oleh interviewer.

Namun setiap pertanyaan dibutuhkan jawaban yang pas dan bisa mencerminkan diri kamu untuk kepentingan perusahaan. Berikut beberapa tips jawaban apa cita cita anda pada saat interview kerja berlangsung :

  1. Jawablah Sesuai Dengan Posisi Yang Kamu Lamar

Jika kamu ingin melamar dengan posisi kerja sebagai Sales Marketing maka cobalah untuk mengungkapkan jawabanmu sesuai dengan bidang yang kamu lamar seperti :

“Saya berharap dengan bekerja di perusahaan ini, saya bisa menjadi marketer yang lebih baik yang bisa berguna bagi perusahaan kedepannya”

  1. Jawaban Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Untuk jawaban kedua ini kamu bisa menerangkan bagaimana cita citamu dijangka pendek maupun jangka panjang untuk 5 tahun atau lebih kedepan. Contohnya seperti ini :

“Untuk jangka pendek ini, saya ingin dapat diterima kerja untuk menghilangkan status saya sebagai fresh graduate. Saya harap perusahaan ini bisa memberikan kesempatan kepada saya untuk mewujudkannya. Untuk jangka panjangnya saya bercita cita memiliki karir yang baik dengan posisi strategis diperusahaan untuk menambah pengalaman saya dalam berkarir.”

Baca Juga >>> Jawaban Interview Target 5 Tahun Kedepan <<<

  1. Jawaban Langsung Posisi yang Dituju

Kamu juga bisa menjawab langsung posisi yang memang kamu tuju dan kamu harapkan seperti :

“Saya bercita cita untuk menjadi manager Marketing untuk 2 tahun kedepan diperusahaan ini dengan cara ………… “

Namun ada baiknya juga ungkapkan cara cara bagaimana kamu meraihnya dalam proses menuju karir tersebut.

  1. Tentukan Goals yang Jelas

Setiap orang pastinya memerlukan jawaban yang jelas dan tidak menggangtung. Begitu pula interviewer yang menginginkan jawaban dengan goals yang jelas. Ini menggambarkan bagaimana kamu bisa diandalkan atau tidak.

  1. Jawaban Personal

Adapun jawaban yang tidak dipermasalahkan adalah jawaban yang mengarah kepersonal diri kita pribadi seperti ingin menikah atau membahagiakan orang tua misalnya. Karena sebenarnya tidak ada jawaban yang salah dalam kasus ini namun bagaimana cara penyampaianmu apakah tepat sasaran untuk kerja atau tidak. Contoh kasus :

“Dalam beberapa tahun kedepan saya ingin berkarir dibidang akuntan karena sesua dengan bidang yang saya tekuni, setelah mendapatkan karir yang jelas diperusahaan terbaik saya ingin menikah dan memiliki keluarga kecil yang bisa membahagiakan kedua orang tua saya.”

 

Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User <<<

Itu tadi 5 tips dalam menjawab interview apa cita cita anda kedepannya. Tentukan prioritas mengapa kamu ingin bekerja diperusahaan tersebut. Jangan sekali kali kamu mengatakan “Kedepannya ingin berbisnis dan membuka bisnis baru” hal ini pastinya akan bertolak belakang dalam kamu mencari kerja dan pastinya HRD akan berfikiran bahwa kamu ingin bekerja lantaran akhirnya ingin membuka bisnis baru.

Intinya jawablah sesuai dengan yang kamu harapkan dan yang sesuai dengan apa yang diharapkan perusahaan juga. Karena tidak akan ada jawaban yang paling benar dan paling salah dalah pertanyaan ini. Semua tergantung pada diri pribadi masing masing.

Terima kasih sudah membaca artikel kami semoga sukses untuk kedepannya.

 

 

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *