13 Jawaban Interview Alasan Pindah Kerja atau Resign yang Tepat

jawaban interview alasan pindah kerja

Jika kamu memiliki pengalaman kerja dan berencana untuk berpindah kerja, maka pastinya akan ada pertanyaan alasanan mengundurkan diri dari pekerjaan saat interview. Berikut kami buat ulasan seputar bagaimana jawaban interview alasan pindah kerja atau resign yang tepat dan dapat diterima HRD.

Meskipun kamu pastinya punya alasan tersendiri mengapa mengundurkan diri pada perusahaan sebelumnya, namun ada beberapa etika saat kamu memberikan jawaban yang pas mengenai alasan kamu mengundurkan diri.

Jika kamu takut untuk memberikan alasan resign yang sesungguhnya maka ada beberapa trik dan tips agar alasan resign kamu benar benar terlihat profesional.

Pewawancara sebenarnya hanya ingin mengetahui latar belakang kamu mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya. Apakah karena faktor positif atau negatif.

Berikut ini beberapa cara jawaban interview alasan pindah kerja yang masuk akal :

  1. Tidak Menjelek-jelekan Perusahaan Sebelumnya

Tips yang pertama ini adalah jawaban kamu jangan sampai terdengar kamu seolah olah benar benar menjelek-jelekan perusahaan tempat kerja kamu sebelumnya.

Jika kamu terlalu menjelekan perusahaan sebelumnya, maka kamu hanya akan dianggap oleh pewawancara sebagai orang yang hanya bisa menyalahkan keadaan dan tidak bertanggung jawab dengan kondisi yang diterima.

Meskipun itu adalah kenyataan, namun jika kamu terlalu berlebihan maka akan berdampak buruk kepada kepribadian kamu juga.

  1. Mulailah Dengan Bercerita

Jadi jangan langsung mengungkapkan alasan kamu resign. Mulailah dengan membuat beberapa cerita atau kalau bisa buatlah beberapa contoh kasus mengapa hal itu bisa terjadi yang membuat kamu memutuskan untuk resign.

  1. Berikan Tanggapan yang Positif

Ubahlah alasan kamu mengundurkan diri dengan mengemukakan jawaban yang terdengar positif dan dapat diterima oleh pewawancara.

Jika alasan kamu mengundurkan diri bisa positif maka pewawancara akan memaklumi dan senang untuk mendengarkannya. Sehingga jawaban kamu terdengar profesional dan tidak dibuat buat.

  1. Ungkapkan Juga apa Fokus Kamu Untuk Kedepannya

Jika sudah mengungkapkan apa alasan kamu untuk resign dari pekerjaan sebelumnya, maka ungkapkan juga apa fokus kamu untuk kedepan setelah resign ini.

Mungkin kamu bisa ungkapkan keinginan kamu untuk berkarir dibidang tertentu atau untuk mencapai karir diperusahaan yang lebih baik bisa kamu sampaikan kepada pewawancara.

Jika kamu bisa mengungkapkan target kamu kedepannya, maka pewawancara akan mengira bahwa kamu adalah orang yang ingin terus berkembang baik untuk diri kamu sendiri maupun demi perusahaan.

  1. Yang Ingin Didengarkan Sebenarnya Oleh Pewawancara

Sebenarnya ada beberapa alasan yang sebenarnya ingin didengarkan oleh pewawancara mengenai alasan kamu resign atau mengundurkan diri dari perusahaan sebelumnya.

Seperti apakah kamu keluar dengan cara yang baik ? karena jika kamu ada kasus sebelumnya maka HRD tidak ingin menerima orang yang bermasalah dan justru memasukkan orang bermasalah diperusahaannya.

Apakah hubungan dengan perusahaan sebelumnya baik baik saja? atau ada konfilk yang dihadapi sehingga kamu memilih untuk resign?

Bagaimana kinerja kamu sebelumnya atau pencapaian apa yang kamu lakukan ditempat kerja kamu sebelumnya?

Hal diatas adalah yang sebenarnya ingin dicari dan diketahui oleh pewawancara baik HRD ataupun User. Jadi daripada ditanya lebih baik kamu bisa sampaikan terlebih dahulu mengenai pernyataan diatas.

Baca Juga >>> Apa Jadinya Karyawan Yang Mengundurkan Diri Mendadak <<<

Berikut contoh jawaban interview alasan pindah kerja :

  1. “Saya ingin bekerja yang sesuai dengan bidang pendidikan saya untuk karir kedepannya”
  2. “Karena alasan pribadi yang mengharuskan saya untuk pindah lokasi domisili yang mengharuskan saya meninggalkan pekerjaan sebelumnya”
  3. “Tujuan perusahaan yang baru sudah tidak sesuai dengan visi saya untuk berkarir didalamnya. Banyak peluang yang semakin tertutup untuk mengembangkan karir saya.”
  4. “Banyak jobdesk yang tidak sesuai dengan posisi pekerjaan saya. Yang seharusnya ditangani oleh bidang lain justru ditimpakan kepada saya yang memiliki bidang yang berbeda.”
  5. “Pembagian waktu shift yang menurut saya sangat tidak manusiawi. Seharusnya bisa lebih menyesuaikan antara waktu kerja shift dengan waktu libur sehingga karyawan bisa mendapatkan istirahat juga.”
  6. “Lingkungan pekerjaan sangat tidak mendukung untuk saya berkembang lebih baik. Baik dari rekan kerja ataupun dari pimpinan yang menurut saya kurang bisa membuat saya nyaman dalam bekerja.”
  7. “Jujur saja, gaji yang saya terima menurut saya kurang sesuai dengan jobdesk yang diberikan untuk posisi yang sama pada perusahaan sebelumnya.”
  8. “Tidak ada keterbukaan antara pimpinan dengan karyawan, sehingga sering kali masukan dan saran dari kami tidak bisa ditanggapi dengan baik.”
  9. “Kebijakan perusahaan yang baru membuat pekerjaan terasa sedikit lebih sulit. Karena kebijakan itu membuat ruang gerak dalam bekerja semakin terbatasi.”
  10. “Target yang tidak masuk akal selalu diterapkan kepada karyawan. Sedangkan tidak ada perubahan kerja dari perusahan yang bisa membantu kami dalam pencapaian target.”
  11. “Komunikasi antara atasan dengan karyawan saya kira tidak cukup baik. Sehingga sering sekali misskomunikasi yang membuat akhirnya karyawan menjadi serba salah dan bahkan selalu disalahkan.”
  12. “Jenjang karir saya sudah mentok dan tidak bisa berkembang lagi. Sehingga menurut saya jika saya berlama lama diperusahaan ini pun tantangan serta kreatifitas saya tidak bisa diasah lagi.”
  13. “Perkembangan perusahaan kian tahun semakin tidak memberikan dampak yang positif. Terbukti dengan semakin banyaknya jumlah karyawan yang di PHK. Dan menurut saya tidak ada tindakan yang jelas dari pemutusan sepihak dari perusahaan sebelumnya.”

Baca Juga >>> Contoh Surat Resign Pekerjaan – Tipskerja.com <<<

Penutup

Itu tadi jawaban interview alasan pindah kerja yang mungkin bisa kamu jadikan referensi untuk bahan saat wawancara kerja terjadi.

Yang perlu kalian ingat adalah usahakan berbicara sejujur mungkin dan berikan makna yang positif. Karena bisa saja HRD dari perusahaan yang kamu lamar mencoba menghubungi perusahaan tempat kamu kerja sebelumnya.

Coba kembangkan lagi 13 jawaban alasan resign kerja diatas dengan cerita kamu yang sesungguhnya beserta alasan real yang kamu hadapai pada saat bekerja di perusahaan sebelumnya.

Terima kasih. Semoga bisa menginspirasi kamu, dan semoga kamu bisa diterima diperusahaan impian kamu selama ini.

Baca Juga >>> Alasan Resign Yang Masuk Akal Pada Saat Interview <<<

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *