Proses REKRUTMEN PT PERTAMINA (PERSERO) Semua Posisi

proses rekrutment pt pertamina

Seperti yang kita ketahui PT Pertamina Persero sering kali mengadakan proses rekrutmen calon karyawan untuk berbagai posisi. Dan juga karena sulitnya untuk menembus tahapan tahapan yang akan dihadapi maka tipskerja akan mencoba untuk mengulas tips dan bocoran apa saja untuk kamu agar bisa menghadapinya. Pastikan semua berkas sudah kamu peroleh dan kamu kirim ke tim hrd, mengingat banyaknya pesaing dan peserta yang sangat antusias untuk ikut lowongan kerja menjadi karyawan Pt Pertamina ini.


Baca Juga >>> Tips Buat Kamu Yang Fresh Graduate <<<


Tahapan untuk proses rekrutmen PT Pertamani ini adalah sebagai berikut :

  1. Seleksi Berkas

Pada tahap ini kamu diminta untuk mengumpulkan beberapa berkas penting sebelum menuju tahapan selanjutnya. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, cobalah untuk melengkapi seluruh berkas yang diminta. Hanya kandidat yang dapat melengkapi berkas yang akan dipanggil untuk tes tahapan selanjutnya. Tipsnya adalah usahakan untuk menggunakan bahasa inggris untuk mengisi form yang sudah ada. Karena dibutuhkan kemampuan bahasa inggris untuk ikut di tes ini.

Untuk berkas yang diperlukan adalah : KTP, NPWP, Jamsostek, Sertifikat Toefl, Setifikat Pelatihan atau kursus, Penghargaan skala nasional/internasional , scan KTP, NPWP, Jamsostek, Sertifikat Toefl, Ijazah, CV, Transkip Nilai, Sertifikat Penghargaan, Sertifikat Pelatihan/kursus.

  1. Interview HRD

Pada wawancara Hrd ini kamu akan berhadapan dengan tim HR dari Pertmina langsung. Pertanyaan seputar kehidupan pribadi kamu. Mulai dari menceritakan pengalaman kuliah, pengalaman organisasi, pengalman kerja jika kamu sudah bekerja sebelumnya.

Pertanyaan yang sering diajukan adalah bagaimana tanggapanmu untuk kehidupanmu 5 tahun mendatang. Dan apa yang kamu ketahui mengenai posisi yang kamu lamar saat ini.

Usahakan untuk mengerti tentang posisi yang kamu lamar. Semisal kamu melamar dibagian administrasi maka software apa saja yang kamu kuasai? Apa saja yang sudah pernah kamu pelajari mengenai sistem administrasi dan lain lain.

Untuk interview ini kamu akan diminta untuk berbicara menggunakan bahasa inggris. Bagi kamu yang mengalami kesusahan untuk berbahasa inggris coba untuk bernegosiasi dengan pewawancara untuk menggunakan bahasa indonesia atau mungkin bisa menggunakan bahasa campuran indonesia dan bahasa inggris.


Baca Juga >>> Hal yang pantang kamu lakukan saat wawancara <<<


  1. Psikotes dan Wawancara Psikologi

Setelah mengikuti tahapan interview HRD, selanjutnya adalah tes psikotes dan wawancara langsung dengan Psikolog. Perusahaan Pertamina menggunakan vendor untuk tes kali ini.

Berikut adalah bocoran untuk tes psikotes di PT Pertamina :

  • Tes matematika dasar dan deret angka matematika
  • Tes kepribadian diri dan personality untuk mengetahui apakah kepribadianmu cocok untuk bekerja diposisi ini.
  • Tes daya ingat. Kamu akan diberikan beberapa macam gambar lalu kamu diharuskan untuk mengingatnya untuk pertanyaan selanjutnya.
  • Tes warteg atau melanjutkan gambar.
  • Tes pauli atau tes koran deret matematika dasar
  • Tes menggambar pohon dan manusia

Usahakan untuk membawa alat tulis lengkap untuk kebutuhanmu. Kerjakan semua jawaban dengan cepat tepat dan efisien mengingat waktu yang diberikan tidaklah banyak dengan jumlah pertanyaan yang cukup banyak. Usahakan juga untuk sarapan terlebih dahulu karena proses psikotes ini memakan banyak waktu dan tenaga untuk berfikir.
Untuk tes wawancara dengan psikolog ini usahakan untuk menjawab jujur apa adanya dan sesuai dengan pertanyaan saat kamu tes psikotes. Hanya kandidat yang lolos yang akan lanjut ke tahapan wawancara psikolog ini.


Baca Juga >>> Contoh soal psikotes <<<


  1. Interview User

Interview user ini kamu juga diwajibkan untuk membawa beberapa berkas tambahan beserta form yang diminta seperti SKCK dan SKBN. Kamu akan dihadapkan dengan atasan langsung yang akan menggunakan jasa kamu nantinya. Tetap tenang dan berusaha untuk konsentrasi adalah kunci dari wawancara user ini. Kamu nantinya lebih ditanya mengenai teknis kerja yang akan kamu kerjakan. Bagaimana tanggapanmu mengenai posisi tersebut dan selebihnya tim pewawancara akan mencoba untuk menerangkan gambaran secara umum mengenai posisi yang akan ditawarkan nantinya. Selebihnya hanya akan bertanya mengenai pengalamanmu selama ini dan kehidupanmu sehari harinya.


Baca Juga >>> Daftar Pertanyaan Saat Wawancara Kerja Dan Jawabannya <<<


  1. Tes Kesehatan

Tes  yang akan kamu jalani meliputi :

  • Tes USG
  • Sample darah dan urine
  • Periksa gigi
  • Tes gula darah dan kolesterol
  • Dan tes rontgen, mata, pendengaran dan pernapasan

 


>>Baca Juga Lowongan Kerja Lainnya<<<


Leave a Reply

Your email address will not be published.