Pengalaman Tes Waskita MT (Management Trainee)

pengalaman tes waskita mt

 

Salah satu BUMN terkemuka di indonesia adalah Waskita yang sudah lama berdiri dan memiliki perusahaan lain seperti waskita karya, hutama karya, pp , adhi karya dan waskita beton precast.

Baca Juga >>> Program Management Trainee Adalah ? <<<

Seperti perusahaan lainnya waskita juga menerapkan program percepatan MT management trainee untuk memilih karyawan terbaik yang akan ikut pelatihan dan proses yang ketat untuk menjadi pegawai akselerasi yang bisa memimpin perusahaan selanjutnya. Sudah banyak situs dan forum seperti kaskus yang sudah membahas tentang tes di waskita. Adapun tahapan tes waskita adalah:

  1. Seleksi Administrasi

Adapun kualifikasi yang dibutuhkan oleh waskita adalah:

  • Belum memiliki pengalaman kerja dengan usia maksimal 25 tahun
  • Sarjana S1 dengan minimal IPK adalah 2.75
  • Siap ditempatkan diseluruh indonesia
  • Tertarik dan minat dalam pekerjaan industri konstruksi dan infrastruktur
  • Kepribadian yang baik
  • Mengisi form registrasi di website resmi waskita

Dengan jurusan yang diinginkan adalah:

  • Civil engineering
  • Architecture engineering
  • Mechanical engineering
  • Geodesy
  • Accounting
  • Financial management
  • Law
  1. Wawancara awal

Kita akan di interview oleh tim hrd langsung dari waskita. Pertanyaan mengenai seputar kepribadian diri, seperti mengapa memilih jurusan sekarang ?, pengalaman organisasi, pernah bekerja atau belum, kelebihan dan kekurangan diri, pandangan 5 tahun kedepan seperti apa, masalah terbesarmu seperti apa dan bagaimana kamu melaluinya.

Tipsnya adalah selalu tampil percaya diri dan jangan bimbang dengan pertanyaan yang menjebak, dibawa santai saja dan rileks. Jika lolos kamu akan menerima pengumuman selanjutnya dan akan tes keesokan harinya.

Baca juga >>> Hal yang pantang kamu lakukan saat wawancara <<<

  1. Psikotest

Bagi kamu yang sudah sering menghadapi psikotest di beberapa perusahaan pastinya tidak akan kesusahan untuk mengikuti proses ini. Bagi kamu yang pertama kali tes bisa cari cari informasi mengenai tes psikotest itu seperti apa.

Materi yang akan diujikan adalah tes koran kreplin, tes kepribadian melalui gambar orang dan pohon, serta tes tertulis matematika dasar dan tes verbal.

  1. TPA dan EPT

Materi soal tes TPA hampir sama dengan soal masuk ujian universitas. Banyak soal hitungan, gambar, soal cerita, dan desain bangun ruang.

Untuk EPT lebih ke soal tes TOEFL pada umumnya, dengan soal seperti listening, structure, reading dan grammar. Yang membuat soal untuk tes EPT ini merupakan vendor dari lembaga bahasa inggris ternama di indonesia. Persiapkan dirimu untuk ikut tes EPT ini sebelumnya dengan membaca mengenai tes TOEFL.

  1. Wawancara Top Management

Pada interview kali ini kamu akan ditanyai mengenai teknis yang kamu kuasai terutama menurut bidang jurusanmu. Lebih baik ingat ingat mengenai judul skripsi dan pelajaran mengenai bidang jurusanmu. Yang akan mewawancarai kamu adalah seorang manager lapangan dan sudah sangat ahli dibagiannya. Pertanyaan juga bisa mengenai masalah di waskita sendiri seperti jika kamu bekerja dan diberikan proyek pembangunan jalan tol bagaimana kamu akan menanganinya. Utarakan pendapatmu disertai dengan teori yang sudah kamu pelajari saat menjadi mahasiswa sebelumnya.

Pertanyaan lainnya bisa juga mengenai tes yang kamu jalani sebelumnya, seperti bagaimana tes psikotesmu, tes tpa dan ept juga.

  1. Tes MCU (Medical Check Up)

Sehari sebelum pengumuman tes kesehatan ini, kamu diminta untuk puasa terlebih dahulu selama 8 jam sebelum tes. Rangkaian tes yang akan kamu jalani meliputi tes pengujian sample darah, pengujian sample urine, cek kandungan gula darah, cek fisik mulai dari mata berat badan dan tinggi badan, tes rontgen, tes pernapasan, pendengaran, tekanan darah, serta riwayat luka atau penyakit lama yang dimungkinkan bisa kambuh lagi.
Persiapan lainnya jangan lupa untuk perbanyak minum air putih dan tidak begadang sehari sebelum menjalani tes.

Setelah dinyatakan lolos kamu akan menjalani orientasi pegawai baru serta melakukan tanda tangan kontrak serta benefit yang akan kamu terima nantinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.