Pengalaman Dan Proses Tes Seleksi Bank BTN

pengalaman tes bank btn

Bank BTN yang merupakan salah satu bank dengan berlabel Badan Usaha Milik Negara ini juga sering mengadakan seleksi atau rekrutment yang sering kamu lihat dimedia online maupun di jobfair sekalipun. Berikut ini merupakan pengalaman dan proses seleksi tes dari bank BTN yang bersumber dari forum kaskus maupun pengalaman pribadi dari jobseeker lainnya. Berikut tahapannya untuk seleksi Bank BTN seluruh posisi baik staf maupun MT :

  1. Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi ini sebagai pengumpulan data dan berkas yang diminta oleh tim hrd Bank BTN. Bank BTN akan mensortir kandidat mana yang berhak mengikuti seleksi selanjutnya berdasarkan berkas yang kamu berikan sesuai dengan standar dari Bank BTN. Adapun berkas yang diminta seperi, CV, copy ijazah, copy trasnkip nilai, foto terbaru dan berkas lainnya. Usahakan untuk mengisi semua form dan berkas yang diminta agar kemungkinan lolos ketahapan selanjutnya semakin besar.

  1. Interview Awal

Berbeda seperti perusahaan lainnya yang biasanya mengadakan tes psikologi terlebih dahulu, bank BTN mengadakan interview diawal. Gunakan pakaian formal seperti kemeja polos, berdasi, celana kain, dan sepatu kerja atau pantofel. Hal yang sama juga pada gaya rambut dan wajah kita yang fresh. Tim HRD berjumlah 3-6 orang dan kamu secara bergantian masuk ruangan berhadapan dengan 1 orang dari hrd tersebut.

Pertanyaan seputar pengenalan diri mulai dari kehidupan kampus, pengalaman organisasi maupun pengalaman kerja bagi kamu yang sudah pernah bekerja sebelumnya. Pelajari juga mengenai produk dari bank BTN dan apa fungsi bank BTN yang menjadi salah satu BUMN di indonesia.

  1. Test Teknis

Tes ini menguji pengetahuan kamu mengenai bank secara umum, dan BTN secara khusus. Ada juga tes tertulis yang secara umum seperti tes psikotes. Soal tes pengetahuan ini meliputi : tes bahasa indonesia, tes bahasa inggris, soal matematika dasar dan deret angka dan yang terakhir adalah tes pengetahuan umum.

  1. Psikotes

Tahapan selanjutnya adalah psikotes. Bank BTN akan menunjuk vendor untuk seleksi kali ini. Soal yang akan keluar hampir sama seperti soal psikotes di banyak perusahaan lainnya. Jika kamu sudah terbiasa mengikuti rekrutment di perusahaan lain, maka kamu pasti tidak merasa kesulitan mengikuti tes ini. Berikut contoh soal dan materi soal psikotes Bank BTN:

  • Pauli atau kraeplin tes (biasa kita bilang adalah tes korang menjumlahkan baris angka keatas)
  • Warteg tes (melanjutkan gambar dan membuatnya berarti) dan gambar pohon serta aktifitas manusia
  • Logika gambar (pencerminan bentuk gambar)
  • Tes kepribadian diri (tidak ada jawaban benar atau salah)
  • Tes antonim dan sinonim kata

Dalam tes kali ini usahakn fokus dan kerjakan mana yang kamu rasa paling mudah dan cepat untuk dikerjakan. Tidak ada pengurangan nilai jika kamu salah menjawab, jadi lebih baik menjawab semua jika kamu sudah benar benar kehabisan waktu.

  1. Interview User

Jika kamu lolos maka akan langsung ketahapan selanjutnya yaitu wawancara user. jika kamu melamar untuk posisi cs atau teller maka kamu akan diwawancarai langsung oleh manager cs atau teller. Pertanyaanya seperti:

  • Perkenalan diri (kuliah, organisasi, pengalaman kerja dan kesibukan sehari hari)
  • Mengapa ingin bekerja di dunia perbankan, khususnya di Bank BTN
  • Apa yang kamu ketahui mengenai Bank BTN (khususnya produk dari bank ini)
  • Apa yang kamu ketahui mengenai pelayanan customer dsb

Jangan lupa untuk tetap berpakaian sopan dan formal. Tambahkan dasi jika diperlukan.

  1. Tes Kesehatan

Tes yang terakhir adalah medical check up (MCU). Pada tes ini yang akan di tes seperti :

  • Tes sample darah dan urine
  • Rekap jantung, paru paru dan rontgen
  • Tes mata (minus, plus atau buta warna)

Yang terpenting adalah menjaga kondisi tubuh tetap fit sampai tes kesehatan ini berlangsung. Hindari bergadang berlebihan dan perbanyak minum air putih dan juga jaga pola makan sehat.

Share Link

2 Comments

  1. terima kasih sudah berbagi pengalaman gan, saya jadi mendapat gambaran sebelum mengikuti tesnya, bismillah lolos, amin…

    1. Semoga lancar gan. Diterima kerja di tempat terbaik. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.