Gaji Kurir J&T Express Beserta Syarat Pendaftarannya

gaji kurir j&t express

Gaji kurir J&T express juga menjadi pekerjaan yang paling ditanya tanya para pencari kerja. Kita tahu sendiri bahwa persebaran jasa ekspedisi J&T sudah tersebar luar di indonesia. Hal inilah yang membuat J&T juga membutuhkan banyak karyawan. Salah satu yang paling banyak dibutuhkan adalah dibagian kurir.

Kurir di J&T juga biasa disebut sebagai Sprinter J&T. Jadi kamu jangan heran jika ada lowongan kurir J&T diganti dengan nama Sprinter J&T. Biasanya gaji J&T dan JNE tidak jauh berbeda dimana besaran gajinya masih sama sesuai dnegna UMR yang berlaku di daerahnya.

Sebelum kita membahas mengenai berapa gaji kurir J&T express, ada baiknya kamu baca baca ini terlebih dahulu agar yakin untuk bekerja sebagai kurir J&T.

Gaji Kurir J&T Express

Sebelumnya kamu perlu ketahui terlebih dahulu bahwa J&T pengirimannya tidak ada kata libur. Bahkan mereka tetap bekerja selama 7 hari penuh termasuk dihari sabtu dan minggu. Tanggal merahpun juga masuk kerja. Namun tenang saja, tentunya sudah ada jadwal sendiri sendiri yang mana akan membuat kamu bekerja sesuai dengan aturan pemerintah yang berlaku.

Kita bahas terlebih dahulu mengenai tugas kurir J&T ini agar kamu bisa mengira ngira apakah cocok dengan pekerjaan ini atau tidak dan sesuai dengan info gaji kurir j&t.

1. Tugas Kurir J&T

Sistem kerja kurir J&T bisa dibilang sama dengan jasa ekspedisi lainnya. Seperti namanya, kurir ini tugas utamanya adalah mengirimkan paket ke alamat yang dituju. Tentu saja kamu akan diberikan satu wilayah saja agar lebih fokus dalam pengirimannya.

Namun tidak hanya itu saja, kurir J&T juga ditugaskan untuk mengambil paket yang akan dikirimkan oleh konsumen. Berikut ini alur singkat dari tugas kurir J&T :

  • Seller meminta kurir untuk mengambil barang atau yang akan dipaketkan
  • Kurir J&T akan menjembut dan mengantarkannya ke gudang atau kantor warehouse untuk disortir terlebih dahulu.
  • Paket akan di sortir sesuai dengan wilayah yang berdekatan
  • Setelah itu paket akan dikirim ke drop point yang tersebar disetiap kecamatan yang ada di kota tersebut
  • Dari sini kemudian paket diantar kembali ke alamat yang dituju oleh kurir J&T

Bisa dibilang jam kerja kurir J&T dimulai dari jam 8 pagi sampai dengan 8 malam dengan menggunakan sistem kerja shifting yang dibagi bagi dengan kurir lainnya.

2. Sistem Gaji Kurir J&T

Selain gaji pokok, ada juga tunjangan lain yang didapatkan jika kamu bekerja di J&T. Apalagi gaji sprinter J&T juga ada tunjangan kinerja yang diapatkan. Apa saja yang akan kamu dapatkan ? berikut penjelasannya dan rincian gaji kurir j&t :

  • Gaji Pokok Kurir J&T: Umumnya seluruh wilayah kerja J&T sudah memberlakukan gaji pokok sesuai dengan UMR dari wilayah masing masing. Jadi kamu sudah bisa mendapatkan gaji tiap bulannya secara pasti.
  • Uang Bensin : Bagi yang motoris, ada uang bensin sendiri yang akan kamu dapatkan dan sudah menjadi tunjangan kerja. Karena kamu harus memiliki kendaraan sendiri minimal motor dan tentunya uang bensin sudah ditanggung oleh perusahaan.
  • Komisi : Tentu saja kamu akan mendapatkan komisi dari kinerja paket yang sudah kamu antar dan jemput dari konsumen. Biasanya komisi perpaket ini sebesar Rp 1000 per paket yang dikirim atau dijemput. Tentunya ini menjadi hal yang menyenangkan, karena jika kamu bisa mengantar paket 100 pengiriman maka sehari sudah bisa mendapatkan Rp 100.000.
  • Denda : Selain itu kamu juga bisa saja terkena denda jika terjadi kesalahan kerja. Perhitungannya misalnya kurir mengirimkan paket yang tidak lolos scanning dan salah dalam pengecekan resi paket. Apa bentu dendanya ? berupa 10 kali lipat dari ongkir yang ditanggung pengirim.

3. Gaji Kurir J&T Express

Sekarang kita akan membahas gaji sprinter J&T. Untuk kurir rata rata gaji yang akan kamu dapatkan adalah Rp 2.400.000. Tentunya ini adalah gaji rata rata dari beberapa daerah. Namun tentu saja ini belum termasuk dengan tunjangan dan komisi yang kami sebutkan diatas.

Bisa dibilang gaji kerja di j&t masih tinggi untuk perusahaan yang bergerak dibidang jasa ekspedisi. Dan gaji tersebut sudah termasuk tinggi untuk UMR di beberapa daerah.

Dari forum quora, ada yang menyebutkan kalau gaji kurir j&t 2020 adalah Rp 1.500.000 dan itu belum termasuk dengan uang insentif. Dari orang yang bercerita di quora tersebut, untuk wilayah jatim pendapatannya dari kurir J&T bisa sampai lebih dari Rp 4.000.000 jika dihitung dengan komisi tadi.

4. Kualifikasi Kurir J&T

Jika kamu sudah mengetahui dengan sistem gajinya, maka ada baiknya kamu mengetahui beberapa kualifikasi umum dari kurir J&T. Berikut persyaratannya :

  • Pria, maksimal berumur 35 tahun
  • Pendidikan minimal SMA sederajat
  • Memiliki SIM C dan kendaraan pribadi
  • Mempunyai smartphone
  • Menguasai rute dan jalan di wilayah domisili masing masing
  • Bersedia bekerja dibawah tekanan dan target perusahaan
  • Disiplin dan jujur dalam bekerja

Persyaratan pengiriman lowongan kurir J&T :

  • Menyerahkan CV terupdate
  • Foto diri terbaru
  • SKCK yang masih aktif
  • SIM dan STNK yang masih aktif

5. Pengalaman Kerja Di J&T Express Kurir

Untuk pengalaman kerja kurir J&T bisa kamu cari di forum kaskus. Tentu saja alur kerjanya sesuai dengan yang kami terangkan diatas. Dan J&T juga memiliki jenjang karir yang menjanjikan. Misal jika kamu sudah bekerja lama sebagai sprinter, maka kamu bisa naik jabatan menjadi koordinator yang kerjanya stay di kantor, masukkan paket kedalam karung dan hanya memonitor paket yang dikirimkan kurir. Tentu saja gaji pokok koordinator juga diatas gaji pokok kurir J&T.

Baca Juga >>> Gaji Kurir JD Id Beserta SIstem Kerjanya <<<

Penutup

Itu tadi gaji kurir J&T yang bisa kami sampaikan adalah rata rata Rp 2.400.000 tergantung dari wilayah UMR masing masing. Gaji tersebut juga belum termasuk tunjangan insentif yang didapatkan. Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai gaji sprinter j&t. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu semua yang sedang mencari pekerjaan impiannya. Semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *