Contoh Proses Rekrutmen Dan Seleksi Karyawan Pada Perusahaan

contoh proses rekrutmen dan seleksi karyawan pada perusahaan

Bagi kamu yang merupakan HRD perusahaan atau jobseekers, ada beberapa hal yang harus kamu harus ketahui tentang kasus contoh proses rekrutmen dan seleksi karyawan pada perusahaan.

Ada tahapan yang secara umum digunakan oleh beberapa perusahaan. Namun ada juga yang menggunakan aturan sendiri dikarenakan kondisi dan situasi dari perusahaan tersebut.

Kali ini tipskerja akan mencoba untuk mereview mengenai proses rekrutmen dan bagaimana seleksi karyawan dari suatu perusahaan secara umum.

Berikut alur proses rekrutmen seleksi karyawan secara umum yang sering digunakan dibeberapa perusahaan besar di Indonesia :

  1. Seleksi Administrasi

Untuk tahapan yang pertama adalah tahapan seleksi administrasi atau tahapan seleksi berkas. Peserta rekrutment yang tidak memiliki standar pengumpulan berkas atau standar kualifikasi yang diinginkan perusahaan tidak akan lolos ketahapan selanjutnya.

Jika kualifikasi kamu memenuhi standar, dan persyaratan yang kamu kumpulkan lengkap, maka kemungkinan besar akan lanjut ketahapan selanjutnya.

Penting untuk menaati setiap aturan dan persyaratan dari HRD perusahaan agar bisa lanjut ke tahapan seleksi yang kedua.

Pengumuman yang akan lolos ketahapan kedua akan diinformasikan melalui email, sms, telepon atau bahkan yang terbaru adalah melalui WA (Whatsapp). Jadi penting bagi kamu untuk selalu aktif cek HP dan selalu terkoneksi.

  1. Tes Psikotest

Di tahapan yang kedua ini pastinya akan banyak sekali pesaing yang akan kamu hadapi. Dan biasanya akan dilakukan dalam beberapa batch yang terpisah pisah.

Ini akan menjadi tahapan yang sangat panjang. Kerena biasanya proses akan memakan waktu seharian penuh jika 1 tahapan ini diselesaikan dengan hasil yang langsung diumumkan.

Biasanya dari HRD perusahaan pertama tama akan memperkenalkan perusahaan mereka atau company profile. HRD akan menjelaskan perusahaan apa mereka, posisi yang sedang di cari beserta jobdesknya, benefit yang akan di berikan sampai dengan bagaimana proses rekrutment ini berlangsung.

Untuk soal psikotest-nya sendiri seperti :

  • Tes matematika dasar
  • Tes deret angka
  • Tes Verbal
  • Tes kepribadian
  • Tes Menggambar pohon dan manusia
  • Tes Wartegg (melanjutkan gambar yang sudah ada)
  • Tes koran (Pauli atau Kreaplin)

Biasanya pengumuman akan diinformasikan 15-30 menit setelah serangkaian tes sudah selesai. Setelah pengumuman sudah dibacakan maka akan ada briefing singkat untuk tes keesokan harinya.

  1. Wawancara HRD

Pada wawancara HRD ini untuk pertanyaannya seputar kehidupan pribadi kalian. Jadi tidak banyak menyangkut masalah teknis bagaimana nantinya bekerja diposisi yang kalian lamar.

Namun juga ada baiknya untuk kalian belajar mengenai masalah teknis untuk posisi yang kalian lamar.

Pertanyaannya seputar :

  • Ceritakan diri anda (Termasuk pengalaman kerja jika ada)
  • Motivasi kerja di perusahaan ini
  • Mengapa ingin melamar diposisi tersebut
  • Dan lainnya
  1. FGD (Focus Group Discussion)

Tahapan FGD ini seperti kalian sedang menjalankan diskusi kelompok kecil dan mempresentasikan kehadapan juri dan kelompok lain.

Awalnya akan diberikan contoh kasus dan harus dibahas serta mencari solusi untuk kasus yang dihadapi. Pertanyaan biasanya seputar tentang prioritas mana yang harus dikerjakan atau dilaksanakan terlebih dahulu.

Baca Juga >>> Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion ) <<<

  1. Wawancara User / Direksi

Jika kamu lolos maka tahapan selanjutnya adalah interview user atau interview direksi langsung. Biasanya kamu akan diinterview dengan 2 atau lebih pewawancara. Ini biasanya disebut dengan interview panelist.

Mulai dari sini adalah pertanyaan mengenai bagaimana keahlian kamu khususnya untuk posisi yang kamu lamar ini. Masalah teknis akan sering kamu hadapi dalam tahapan ini. Jadi tambah persiapan kamu untuk belajar mengenai masalah teknis untuk posisi yang kamu lamar.

Belajar juga mengenai company profile dan isu isu yang berkembang di masyarakat dari perusahaan tersebut.

Siapkan pula 1 pertanyaan khusus dan pamungkas jika nantinya kamu diberikan kesempatan untuk bertanya kepada user atau direksi.

  1. Tes Kesehatan

Tes MCU (Medical Check Up) juga salah satu proses rekrutment yang menjadi penting. Banyak peserta seleksi yang meremehkan tahapan ini karena sudah melewati tahapan terbesar yaitu tes wawancara user dan direksi.

Namun jangan salah ada banyak juga peserta yang gagal dalam tahan ini. Jadi persiapkan diri kamu sebaik mungkin.

Baca Juga >>> 10 Tips Medical Check Up atau Tes Kesehatan Kerja <<<

  1. Tanda Tangan Kontrak Dan Offering Benefit

Ini adalah tahapan yang paling menyenangkan dari semuanya. Pasalnya kamu sudah berada didepan gerbang dari memasuki dunia kerja dan akan meninggalkan status pengangguran kamu.

Disini kamu juga berhak untuk menolak jika tawaran dari segi gaji, atau benefit yang lain tidak sesuai dengan harapan kamu. Apalgi setelah membaca pasal pasal yang memberatkan kamu nantinya. Tidak ada masalah jika kamu tidak tanda tangan kontrak pada hari tersebut.

 

Penutup

Itu tadi beberapa contoh proses rekrutmen dan seleksi karyawan pada perusahaan secara umum. Ada juga yang memperpendek dan mempersingkat proses seleksi dikarenakan waktu yang buru buru dimana perusahaan sudah butuh cepat untuk pengganti karyawan yang akan resign atau pensiun.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: